Thursday, August 29, 2024

Setelah Lalui Jalan Berlumpur, Ini Komponen Motor Yang Perlu Dibersihkan

 


Datangnya musim penghujan yang cukup ekstrem menyebabkan jalanan mengalami banjir hingga terdapat genangan air di berbagai tempat. Kondisi ini juga berimbas dengan sulitnya akses untuk melewati jalan, khususnya bagi kendaraan roda dua yang sebenarnya dapat menerobos genangan banjir, meski beresiko kendaraan akan mogok akibat air masuk dan membasahi mesin motor. 

 

Erwin Chandra, Senior Technical Service Instructor PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, selain banjir dan genangan air di berbagai badan jalan, pengendara juga perlu mewaspadai kondisi tanah yang berlumpur. Sering kali dianggap sepela, namun ternyata lumpur juga dapat menjadi faktor pemicu terjadinya masalah pada sejumlah komponen pada motor.

 

Menurut Erwin, ada beberapa komponen penting yang harus diperhatikan para pengendara motor setelah melalui jalanan berlumpur. Pertama, mengingat letak rem yang berada di dekat roda menjadikan komponen satu ini berpotensi tekena cipratan pasir hingga lumpur, dan berpotensi membuat kinerja rem menurun hingga menimbulkan bunyi decitan ketika motor dijalankan.

 

Komponen penting lainnya yang harus dipastikan kondisinya setelah melewati jalan berlumpur yaitu mesin motor. Karena lumpur jika mengenai bagian mesin dapat mengakibatkan kinerjanya kurang optimal. Selain itu, lumpur yang mengenai bagian lain seperti radiator juga dapat membuat motor mengalami overheat.

 

Bagian penting lainnya yang harus diperiksa adalah rantai motor, karena ketika terkena lumpur, maka kinerja motor akan terhambat, dan masalah lain seperti karatan hingga rantai motor putus ketika sedang berkendara dapat mengancam. Selain itu, busi juga menjadi bagian yang cukup penting untuk diperiksa setelah melalui jalan berlumpur, karena selain mengganggu proses pengapian, kondisi tersebut juga dapat menyebabkan motor mogok mendadak.

 

Erwin Chandra menambahkan, bagian penting lainnya yang perlu diperhatikan jika terpaksa melalui jalan berlumpur yaitu suspensi yang jika dibiarkan kotor maka dapat mengakibatkan suara seperti berdecit ketiga sedang berkendara. Jika pengendara tidak dapat melakukan pengecekan mandiri, maka langsung saca meluncur ke AHASS terdekat agar pengecekan dapat dilakukan langsung oleh ahlinya.

 

No comments:

Post a Comment

Jumlah Pengunjung :