Thursday, August 8, 2024

Berkendara Nyaman, Pastikan Barang Ini Ada di Bagasi Motor Kesayangan

  


Berkendara aman dan nyaman di jalan ternyata tidak hanya membutuhkan dukungan motor yang prima, namun sejumlah perlengkapan peting juga harus dipastikan selalu mengisi bagasi motor kesayangan. Karena selain untuk persiapan, perlengkapan tersebut akan sangat bermanfaat jika pengendara mengalami hal yang tidak diinginkan di jalan.

 

Eka Yolahati, Instruktur Safety Riding PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, untuk #cari_aman di jalan, pengendara seharusnya mempersiapkan sejumlah perlengkapan penting di bagasi motornya. Namun nyatanya saat ini masih banyak pengendara yang mengabaikan hal tersebut hingga akhirnya kesulitan saat motor kesayangannya mengalami trouble saat di perjalanan.

 

Menurut Eka, ada sejumlah barang penting yang harusnya senantiasa tersedia di dalam bagasi jok sepeda motor. Pertama, barang yang wajib mengisi bagasi motor adalah jas hujan, dikarenakan kondisi cuaca yang sulit ditebak. Meski tekadang sangat panas, namun tidak jarang tiba-tiba turun hujan yang sangat lebat saat sedang berkendara di jalan, dan jas hujan menjadi satu-satunya barang yang sangat membantu penegndara aman dari hujan.

 

Barang penting kedua yang harus diada pada bagasi motor adalah kunci busi. Apapun jenis motornya, mulai dari sport hingga skutik, kunci busi dapat menjadi penolong yang sangat hebat. Apalagi jika dilengkapi dengan busi cadangan yang sewaktu-waktu akan menjadi sangat bermanfaat  jika motor mengalami masasalah secara mendadak.

 

Selanjutnya, barang wajib ketiga yang harus disediakan di bagasi motor adalah obeng  yang berfungsi untuk membantu mengencangkan ataupun membuka baut. Ketersediaan obeng dengan berbagai jenis dan ukuran berbeda-beda tentunya akan sangat membantu jika suatu keteika pengendara mengalami masalah pada keseluruhan mesin dan juga bagian pada motor.

 

Benda penting lain yang biasanya ada di dalam jok motor adalah lap kanebo yang seringkali digunakan terutama ketika hujan. Selain itu lap kanebo juga biasanya digunakan untuk area stang agar tidak terlalu licin setelah terkena air. Benda lainnya yang juga sangat penting untuk dibawa pengendara adalah kotak Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K), yang bermanfaat untuk pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan.

 

Eka Yolahati mengungkapkan bahwa prilaku berkendara yang baik tentunya akan dapat mendukung pengendara untuk  menjaga keselamatan saat naik motor di jalan. Karena itu, selain mempertajam keahlian berkendara, mematuhi peraturan lalu lintas, pengguna sepeda motor juga harus melengkapi motor kesayangannya dengan jas hujan, kunci busi, obeng, lap kanebo dan kotak P3K untuk kenyamanan di jalan.

No comments:

Post a Comment

Jumlah Pengunjung :