Thursday, September 26, 2024

Ingin Turing Aman dan Nyaman, Ini yang Harus Dipersiapkan

 


 

Salah satu aktivitas yang paling disukai oleh para bikers yaitu berkendara jarak jauh atau yang biasa disebut turing bersama kawan-kawan maupun dilakukan seorang diri. Untuk mendapatkan perjalanan turing yang menyenangkan, maka pengendara sebaiknya melakukan sejumlah persiapan yang wajib dilakukan agar perjalanan menjadi aman, nyaman, dan terhindar dari hal-hal tidak diinginkan.

 

Sofiyan Hazri, Instruktur Safety Riding PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, bahwa agar aktiivtas turing dapat terlaksana dengan lancar tanpa hambatan, maka penting melakukan persiapan yang baik dan benar. Menurutnya tidak hanya dibutuhkan kondisi fisik yang sehat, namun riders juga harus mmpersiapkan sejumlah perlengkapan untuk mendukung petualangan yang berkesan.

 

Persiapan pertama, pengendara harus membawa alat-alat atau kunci untuk membongkar sepeda motor ketika di jalan. Peralatan seperti obeng, kunci L, kunci pas, pisau lipat, kunci shock, dan perlengkapan lainnya ini akan sangat membantu ketika Anda terkena masalah saat di perjalanan.

 

Hal penting yang kedua, pengendara jangan pernah melupakan untuk membawa busi cadangan yang akan sangat membantu ketika busi mendadak rusak. Ketiga, jangan lupa dimasukkan jas hujan dalam daftar perlengkapan, karena benda ini wajib dibawa ketika mengendarai sepeda motor. Sebisa mungkin pilih jas hujan berwarna cerah yang bertujuan agar pengendara lain bisa dengan mudah melihat posisi kita ketika hujan deras melanda.

 

Selanjutnya persiapan keempat, penting untuk membawa peralatan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) yang meliputi obat-obatan, plester, alkohol luka, lotion anti nyamuk, hand sanitizer, kapas, dan lain sebagainya. Mempersiapkan jaket dengan protektor ketika mau melakukan perjalanan jauh juga akan memberikan keamanan berkendara.

 

Untuk perlindungan maksimal, jangan lupa memilih helm yang tepat untuk menemani perjalanan. Usahakan pilih helm full face ketika melakukan perjalanan jarak jauh agar memberikan perlindungan yang lebih maksimal. Di era modern ini semua serba digital, termasuk menggunakan peta yang  harus diikuti dengan memastikan kondisi motor prima untuk melakukan perjalanan ketika hendak touring jarak dekat atau jauh.

 

Sofiyan Hazri juga menambahkan, untuk berkendara #cari-aman dan menyenangkan, maka tidak hanya harus memastikan tubuh dalam kondisi sehat, namun pengendara juga harus membekali diri dengan pengetahuan safety riding, dan mempercayakan kepada bengkel resmi AHASS untuk melalukan pengecekan seluruh komponen mulai dari kaki-kaki, mesin, rem, dan kelistrikan bersama ahlinya.

No comments:

Post a Comment

Jumlah Pengunjung :