Thursday, July 25, 2024

Cegah Hilang Kendali, Ini Tips Menjaga Keseimbangan saat Berkendara

 


 

 

Mengendarai sepeda motor merupakan hal yang sangat mengasikkan bagi para pecinta roda dua. Tidak hanya menjalani aktivitas harian bersama motor kesayangan, namun berkendara mengunjungi berbagai destinasi baru yang keindahannya memanjakan mata juga menjadi pengalaman yang menyenangkan.

 

Namun tidak hanya harus memastikan motor dalam kondisi prima, namun pemahaman dan keahlian berkendara seperti halnya menguasai teknik menjaga keseimbangan  menjadi hal yang penting untuk pahami. Di mana Teknik keseimbangan dalam berkendara dibutuhkan untuk menjaga agar sepeda motor tetap stabil dan tidak jatuh saat dikendarai. Mengingat kecelakaan tunggal juga sering terjadi dikarenakan motor hilang kendali dan tidak terjaganya keseimbangan oleh pengendara.

 

Eka Yolahati, Instruktur Safety Riding PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara dengan semangat Satu Hati mengungkapkan, menjaga keseimbangan merupakan salah satu dari 3 teknik dasar berkendara yang harus dimiliki para pengendara. Apabila pengendara tidak menguasai hal tersebut, maka resiko fatal dapat terjadi kaan dan dimana saja.

 

Instruktur wanita ini juga mengatakan, bahwa sebenarnya ada sejumlah cara untuk menjaga keseimbangan saat berkendara saat naik motor di jalan. Di mana pada kesempatan ini akan diulas terkait bagaimana cara untuk menjaga keseimbangan untuk pengendara motor sport dan juga skutik sehingga tidak pernah terjadi hilang kendali saat naik motor di jalan.

 

Bagi pengendara motor sport, penting untuk memperhatikan postur tubuh seperti lutut. Disarankan menjepit tangki atau tubuh bagian bawah berada di belakang wingshield /body motor untuk menjaga aerodinamis. Selain itu juga penting untuk mengendalikan setang kemudi dengan baik, memastikan kaki berada tepat di foot step, dan berkendara dengan fokus, konsentrasi dan mengendepankan ketenangan.

 

Sedangkan untuk para pengguna skutik, menjaga keseimbangan saat berkendra dapat dilakukan dengan memperhatikan postur tubuh seperti halnya lutut yang disarankan sejajar dengan sayap depan guna menjaga aerodinamis dan mengendalikan keseimbangan. Mengendalikan setang kemudi, berkendara dengan fokus, dan menjaga konsentrasi, dan mengutamakan ketenangan menjadi hal yang harus dilakukan para pecinta matik.

 

Eka Yolahati menambahkan, bahwa  hilang kendali saat berkendara sepeda motor sangatlah berbahaya, di mana tidak hanya membahayakan diri kita sendiri, namun juga mengancam keselamatan pengguna jalan lain. Karenanya agar selalu #cari_aman di jalan, maka dibutuhkan kewaspadaan tingkat tinggi dan pengetahuan menjaga keseimbangan, sehingga sensasi berkendara menyenangkan dapat dirasakan si pengendara.

No comments:

Post a Comment

Jumlah Pengunjung :