Kemudahaan pengoperasian
skuter matik (skutik) membuat sepeda motor jenis ini banyak diminati oleh
masyarakat. Dibalik kemudahannya, kita juga perlu mengetahui bagaimana
perawatan dari tipe motor terlaris ini, salah satunya dengan mengenal kinerja
van belt (V-belt). Komponen ini memiliki peran yang esensial pada skutik karena
berfungsi menghubungkan mesin dan roda.
Penggunaan v-belt
sebenarnya telah memiliki patokan umur optimal pemakaian, namun penggunaan
setiap pengendara berbeda-beda. Lantas bagaimana cara agar v-belt skutik kita
tetap awet? Berikut tips merawatnya dari Technical Service Division PT Astra
Honda Motor (AHM):
- Rutin Cek
V-belt
Untuk
skutik Honda, v-belt harus dicek berkala pada penggunaan 8.000 Km. Secara
teori, umur pakai komponen ini dapat menyentuh 24.000 Km dan setelah itu harus
dilakukan penggantian. Namun hal tersebut bergantung terhadap gaya berkendara
dari setiap pengendara. Kondisi ruang CVT yang kotor pun juga dapat memperpendek
usia dari v-belt.
- Hati-hati
Dalam Menggunakan Aksesoris Balap
Meskipun
aksesoris balap dapat membuat tampilan skutik semakin stylish,
namun komponen yang tidak standar dapat beresiko merusak komponen lain. Untuk
keamanan dan kenyamanan dalam berkendara, maka sebaiknya lebih hati-hati dalam
memilih aksesoris untuk sepeda motor anda. Sehingga secara kualitas pun tetap
terjaga.
- Penggunaan
Skutik Secara Normal
Saat posisi skutik sedang langsam
atau idle, sebaiknya pengendara tidak memainkan tuas gas. Ingat,
sepeda motor yang anda gunakan bertransmisi matik, sehingga ketika anda
memainkan tuas gas maka v-belt akan mengencang dan menggerakan roda belakang.
Oleh karena itu, penggunaan fitur Idling Stop System (ISS) sangat disarankan
dalam kondisi ini, sebab selain ramah lingkungan juga dapat memperpanjang umur
v-belt skutik anda.
Technical Service
Division AHM Endro Sutarno mengatakan v-belt merupakan komponen yang sangat
penting bagi skutik sebagai penggerak roda. Kinerja mesin yang optimal tidak akan
terasa bagi pengendara apabila v-belt berada dalam kondisi yang tidak prima.
Sementara itu Gunarko
Hartoyo, Corporate Communication and Sales Manager PT Indako Trading Coy selaku
main dealer Honda di wilayah Sumatea Utara (Sumut) mengungkapkan, V-belt
merupakan komponen yang tidak dapat dilihat langsung kondisinya oleh pengendara
karena berada di dalam CVT, namun perannya sangat penting dalam menunjang
performa skutik kesayangan konsumen Honda. Pengecekan secara berkala di AHASS
sesuai dengan buku panduan servis sangat kami sarankan agar kondisi v-belt
tetap prima dan ditangani oleh teknisi yang tepat.
No comments:
Post a Comment