Monday, May 13, 2013

Motor Sport Honda Melambung 172%


PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil mencetak rekor pertumbuhan penjualan bulanan tertinggi di segmen motor sport sepanjang awal tahun ini. Pada bulan April, penjualan motor sport Honda tercatat 31.209 unit atau melambung 172% dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu yang hanya 11.476 unit.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), pertumbuhan penjualan motor sport Honda ini jauh melampaui pertumbuhan penjualan di segmen motor sport nasional yang pada bulan lalu hanya tumbuh 51,3% dibandingkan dengan April 2012. Honda sendiri menguasai 35% dari total penjualan motor tipe sport nasional yang bulan lalu tercatat 90.407 unit unit.

Deputy General Manager AHM Thomas Wijaya  mengungkapkan pertumbuhan penjualan motor sport Honda ditopang oleh penjualan model sport terbaru yaitu Honda CB150R StreetFire dan Honda Verza 150. 

Pada bulan lalu, Honda CB150R StreetFire terjual sebanyak 12.866 unit sedangkan penjualan Honda Verza 150 tercatat 10.295 unit. Sisa penjualan motor sport Honda disumbangkan oleh model Honda MegaPro sebesar 5.760 unit, Honda Tiger sebesar 1.147 unit, dan Honda CBR series sebesar 1.200 unit.

“Respon positif dari masyarakat terhadap model sport Honda membawa kami mencapai target pangsa pasar motor sport yang sebelumnya kami targetkan sebesar 30%-40%. Kami akan terus lanjutkan inovasi untuk memberikan sepeda motor terbaik bagi konsumen Indonesia dengan layanan purnajual terbaik.” Ujar Thomas Wijaya

Sementara itu, secara nasional penjualan sepeda motor pada bulan lalu tercatat tumbuh tipis 6% dari hanya 622.929 unit pada bulan April 2012 menjadi 660.509 unit pada bulan lalu. Penjualan seluruh modal Honda sendiri pada bulan lalu tercatat 391.991 unit. Dengan angka ini, Honda membukukan pertumbuhan penjualan 13,8% dibandingkan penjualan pada bulan yang sama tahun lalu sebesar 344.349 unit atau jauh lebih tinggi dari pertumbuhan pasar motor nasional. Honda pun semakin mengukuhkan posisinya sebagai pemimpin pasar dengan pangsa pasar 59,3%.

Sementara itu, Leo Wijaya, Marketing Manager CV. Indako Trading Co selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan untuk Sumut sendiri hingga April 2013 pihaknya telah mencatakan market share sebesar 68 %. Menjadi sepeda motor terlaris pastinya semakin menunjukkan bahwa Honda memang dipercaya masyarakat sebagai kendaraan pilihan.

Raja di Kelasnya

Di segmen lain, Honda masih merajai penjualan sepeda motor. Di segmen skutik, Honda berhasil menjual 287.278 unit sehingga menguasai pangsa pasar sebesar 67,4%. Penjualan skutik Honda terbesar berasal dari Honda BeAT series yang terjual sebesar 161.586 unit, disusul oleh Honda Vario series sebesar 104.329 unit, Honda Scoopy sebesar 15.272 unit, Honda Spacy sebesar 6.057 unit, dan skutik premium Honda PCX150 sebesar 34 unit.

Di segmen bebek, posisi Honda sebagai Raja Bebek juga semakin kokoh dengan penguasaan 51% pangsa pasar melalui angka penjualan sebesar 73.445 unit. Penjualan motor bebek Honda didukung penjualan Honda Supra series sebesar 33.969 unit, Honda Revo series sebesar 29.173 unit, dan Honda Blade sebesar 10.303 unit.

“ Honda akan tetap mengembangkan produk yang berkualitas dengan layanan purna jual terbaik di tengah tantangan industri sepeda motor saat ini.” Ujar Leo Wijaya.

No comments:

Post a Comment

Jumlah Pengunjung :