PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil mencetak rekor pertumbuhan penjualan
bulanan tertinggi di segmen motor sport sepanjang awal tahun ini. Pada bulan
April, penjualan motor sport Honda tercatat 31.209 unit atau melambung 172%
dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu yang hanya 11.476 unit.
Berdasarkan data Asosiasi
Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), pertumbuhan penjualan motor sport Honda
ini jauh melampaui pertumbuhan penjualan di segmen motor sport nasional yang
pada bulan lalu hanya tumbuh 51,3% dibandingkan dengan April 2012. Honda
sendiri menguasai 35% dari total penjualan motor tipe sport nasional yang bulan
lalu tercatat 90.407 unit unit.
Deputy General Manager AHM Thomas
Wijaya mengungkapkan pertumbuhan penjualan motor sport Honda ditopang
oleh penjualan model sport terbaru yaitu Honda CB150R StreetFire dan Honda
Verza 150.
Pada bulan lalu, Honda CB150R StreetFire terjual sebanyak 12.866
unit sedangkan penjualan Honda Verza 150 tercatat 10.295 unit. Sisa penjualan
motor sport Honda disumbangkan oleh model Honda MegaPro sebesar 5.760 unit,
Honda Tiger sebesar 1.147 unit, dan Honda CBR series sebesar 1.200 unit.
“Respon positif dari masyarakat
terhadap model sport Honda membawa kami mencapai target pangsa pasar motor
sport yang sebelumnya kami targetkan sebesar 30%-40%. Kami akan terus lanjutkan
inovasi untuk memberikan sepeda motor terbaik bagi konsumen Indonesia dengan
layanan purnajual terbaik.” Ujar Thomas Wijaya
Sementara itu, secara nasional penjualan
sepeda motor pada bulan lalu tercatat tumbuh tipis 6% dari hanya 622.929 unit
pada bulan April 2012 menjadi 660.509 unit pada bulan lalu. Penjualan seluruh
modal Honda sendiri pada bulan lalu tercatat 391.991 unit. Dengan angka ini, Honda
membukukan pertumbuhan penjualan 13,8% dibandingkan penjualan pada bulan yang
sama tahun lalu sebesar 344.349 unit atau jauh lebih tinggi dari pertumbuhan
pasar motor nasional. Honda pun semakin mengukuhkan posisinya sebagai pemimpin
pasar dengan pangsa pasar 59,3%.
Sementara itu, Leo Wijaya,
Marketing Manager CV. Indako Trading Co selaku main dealer Honda di wilayah
Sumatera Utara mengungkapkan untuk Sumut sendiri hingga April 2013 pihaknya
telah mencatakan market share sebesar 68 %. Menjadi sepeda motor terlaris pastinya
semakin menunjukkan bahwa Honda memang dipercaya masyarakat sebagai kendaraan
pilihan.
Raja di Kelasnya
Di segmen lain, Honda masih
merajai penjualan sepeda motor. Di segmen skutik, Honda berhasil menjual
287.278 unit sehingga menguasai pangsa pasar sebesar 67,4%. Penjualan skutik
Honda terbesar berasal dari Honda BeAT series yang terjual sebesar 161.586
unit, disusul oleh Honda Vario series sebesar 104.329 unit, Honda Scoopy
sebesar 15.272 unit, Honda Spacy sebesar 6.057 unit, dan skutik premium Honda
PCX150 sebesar 34 unit.
Di segmen bebek, posisi Honda
sebagai Raja Bebek juga semakin kokoh dengan penguasaan 51% pangsa pasar
melalui angka penjualan sebesar 73.445 unit. Penjualan motor bebek Honda
didukung penjualan Honda Supra series sebesar 33.969 unit, Honda Revo series
sebesar 29.173 unit, dan Honda Blade sebesar 10.303 unit.
“ Honda akan tetap mengembangkan
produk yang berkualitas dengan layanan purna jual terbaik di tengah tantangan
industri sepeda motor saat ini.” Ujar Leo Wijaya.
No comments:
Post a Comment