Seiring pesatnya perkembangan zaman dan teknologi yang mempengaruhi dunia otomotif, dimana para produsen roda dua Tanah Air berupaya menciptakan berbagai inovasi yang mampu menjawab kebutuhan. Seperti halnya Honda yang menghadirkan berbagai jajaran motor unggulan dengan berbagai fitur dan teknologi yang mendukung aspek keamanan dan keselamatan berkendara yang juga terus berkembang.
Salah satunya adalah fitur Honda Selectable
Torque Control (HSTC) yang disematkan Honda pada matik besar All New Honda PCX
160 yang berfungsi untuk membatasi torsi mesin jika terdeteksi adanya perbedaan
kecepatan putaran ban depan dengan ban belakang, sehingga potensi terjadinya
ban selip dapat dihindari. Selain itu, fitur HSTC juga akan memberikan manfaat yang
besar jika dibarengi dengan gaya dan sikap berkendara yang baik atau tidak
ugal-ugalan.
Pada All New Honda PCX 160, HSTC akan bekerja saat sensor pada
tiap roda mendeteksi adanya perbedaan kecepatan putaran roda depan dan
belakang. Dimana sensor akan memberi informasi tersebut ke ECU, dan ECU akan
memerintahkan Engine Torque Control (ETC) untuk memutus sementara pengapian
mesin. Secara otomatis kerja mesin akan terhenti dalam sepersekian detik
sehingga penyaluran torsi mesin ke roda belakang terputus untuk meredakan selip
yang terjadi.
Untuk lebih jelasnya, berikut cara mengaktifkan atau nonaktifkan
fitur HSTC pada Honda PCX 160. Pertama,
tekan SEL untuk memilih MODE, pilih sampai mode HSTC, kemudian tekan dan Tahan
SET untuk meng ON/OFF kan HSTC. Dengan ketentuan, HSTC dapat di SET dalam
keadaan motor berhenti (Kontak / IGN – ON), HSTC tidak dapat dimatikan ketika
sistem diaktifkan (indicator HSTC berkedip), dan setiap kali kunci kontak
diputar ke posisi (On), HSTC secara otomatis aktif.
Erwin
Chandra, Senior Instructor
Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah
Sumatera Utara mengungkapkan, saat melakukan pemanasan mesin dengan standar
tengah serta memutar gas tangan, ada kemungkinan lampu MIL (Malfunction
Indicator Lamp) akan menyala. Hal ini normal terjadi, karena sistem membaca ada
perbedaan putaran signifikan antara roda depan dan belakang.
“
Namun, bagaimana pun canggihnya fitur dan teknologi keamanan dan keselamatan
berkendara, tidak akan memberi manfaat maksimal jika tidak dibarengi dengan
gaya berkendara yang baik dan benar. Selain itu, untuk mempertahankan
kinerjanya, jangan lupa untuk lakukan pemeriksaan dan perawatan berkala di
bengkel resmi Astra Honda Authorized
Service Station (AHASS), agar segala fitur, teknologi dan
performa mesin Honda PCX 160 kesayangan selalu dalam kondisi optimal, “ ujar
Erwin Chandra.
No comments:
Post a Comment