Wednesday, July 20, 2016

Honda Gali Entrepreneurship di Kalangan Siswa Berprestasi Lewat Ajang AHMBS 2016

Tiga pelajar berprestasi Sumut siap menghadapi ajang Final AHMBS 2016 tingkat nasional di Jakarta pada 4-8 Agustus 2016 mendatang. Salah satunya pelajar SMA Methodist 2, Evelyn Christina Br. Saragih yang berhasil menjadi juara 1 AHMBS regional Sumut melalui karya tulisnya berjudul “Sate Ayam Tuk-Tuk Medan Sebagai Diversifikasi Kuliner Nusantara” yang tak sabar menunjukkan kepiawaiannya.

Selain Evelyn, semangat berkompetisi juga ditunjukkan oleh Septi Lumongga Duma Pratiwi dari Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan yang berhasil meraih juara ke-2 melalui karya tulisnya berjudul “ Membangun Ecopreneurship di Kalangan Generasi Muda Melalui ‘PERWIRA’ (Pelatihan Wirausaha Muda) ”. Sedangkan Faisal Rais dari SMA Negeri 15 Medan yang berhasil meraih juara ke-3 melalui tulisannya berjudul  “Koling (Konter Keliling) Berbasis Sepeda Motor Untuk Generasi Muda yang Mandiri” juga mengaku telah mempersiapkan diri menghadapi final AHMBS tingkat nasional.

Leo Wijaya, Direktur Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumut mengungkapkan sangat berbangga dan mendukung ketiga pelajar berprestasi ini untuk berkompetisi ke ajang AHMBS tingkat Nasional. Pihaknya berharap mereka dapat mengerahkan segala kemampuan terbaiknya saat berkompetisi nanti. “ Bersama lomba karya tulis AHMBS, Honda berharap dapat menanamkan benih semangat entrepreneur di kalangan anak muda, sehingga dapat melahirkan generasi muda yang kreatif dan namun tetap memiliki kepedulian sosial yang tinggi, karena Indonesia membutuhkan mereka untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang kuat dari sektor informal di masa depan.” Ujar Leo Wijaya

Program Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) 2016, merupakan upaya PT Astra Honda Motor (AHM) mendukung peningkatan kualitas generasi muda berjiwa entrepreneur. Menggali semangat wirausaha di kalangan siswa berprestasi ini merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam menemani masyarakat mewujudkan mimpi menjadi kebanggaan bangsa.

Honda sendiri menggelar AHMBS secara rutin setiap tahun sebagai untuk menjaring sekaligus mewadahi potensi kreatif anak muda berprestasi di tingkat SLTA. Tahun ini, kegiatan yang telah memasuki penyelenggarakan ke-14 ini mengangkat tema baru dan segar untuk memberikan kesempatan para generasi muda unggulan dari seluruh Indonesia menampilkan ide kreatif kewirausahaan dengan mengusung tema “Young Entrepreneur”.

AHMBS mengumpulkan siswa-siswi terbaik tingkat SMA melalui proses seleksi ketat yang dilakukan oleh jaringan main dealer sepeda motor Honda dari seluruh Indonesia. Dari sebanyak 573 peserta dari 301 sekolah yang mengikuti seleksi AHMBS di tingkat daerah tahun ini, terpilih 70 siswa-siswi terbaik yang akan mengikuti ajang nasional ini.

Penyeleksian peserta AHMBS dilakukan secara komprehensif dengan menggali ide kreatif kewirausahaan yang telah dilimplementasikan oleh siswa dengan tetap memperhatikan prestasi akademik. AHMBS berupaya menemukan peserta dengan bakat-bakat entrepreneurship terbaik yang mampu menjaga keseimbangan antara pendidikan akademis dan semangat entrepreuner.

Dalam proses seleksi, para peserta ditantang membuat karya tulis yang memaparkan kegiatan wirausaha yang telah dilakukan. Penilaian dilihat secara detil dari keunikan ide wirausaha, proses perencanaan, proses eksekusi jual beli, laporan keuangan, hingga skema mempertahankan dan mengembangkan usahanya.

Sementara itu Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengungkapkan melalui AHMBS, perusahaan ingin menanamkan semangat wirausaha di kalangan anak muda yang kelak akan menjadi menjadi salah satu bagian dari penentu pertumbuhan ekonomi bangsa. Oleh karena itu, Honda berupaya turut serta membentuk karakter wirausaha unggul dan berkualitas pada diri generasi muda melalui pembentukan karakter, motivasi, hingga opportunity dengan mempertemukan anak muda berprestasi yang memiliki semangat dan visi yang sama.


Pada AHMBS tahun ini, siswa terpilih yang mengikuti babak final akan mendapatkan motivasi dan bimbingan langsung dari beberapa tokoh nasional. Peserta tidak hanya akan mendapatkan penguatan karakter untuk menjadi wirausaha yang unggul, berkualitas, dan sukses namun juga memiliki semangat pengabdian yang besar bagi bangsa dan negara. Mereka juga akan dibekali pengetahuan tentang socio-preneurship di mana mereka akan ditantang untuk menjadi wirausaha yang mampu mengembangkan usaha dengan tetap memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya.  

No comments:

Post a Comment

Jumlah Pengunjung :