Tiga pelajar berprestasi Sumut siap menghadapi ajang Final
AHMBS 2016 tingkat nasional di Jakarta pada 4-8 Agustus 2016 mendatang. Salah
satunya pelajar SMA Methodist 2, Evelyn Christina Br. Saragih yang berhasil
menjadi juara 1 AHMBS regional Sumut melalui karya tulisnya berjudul “Sate Ayam
Tuk-Tuk Medan Sebagai Diversifikasi Kuliner Nusantara” yang tak sabar
menunjukkan kepiawaiannya.
Selain Evelyn, semangat berkompetisi juga ditunjukkan oleh Septi
Lumongga Duma Pratiwi dari Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan yang berhasil
meraih juara ke-2 melalui karya tulisnya berjudul “ Membangun Ecopreneurship di
Kalangan Generasi Muda Melalui ‘PERWIRA’ (Pelatihan Wirausaha Muda) ”. Sedangkan
Faisal Rais dari SMA Negeri 15 Medan yang berhasil meraih juara ke-3 melalui
tulisannya berjudul “Koling (Konter
Keliling) Berbasis Sepeda Motor Untuk Generasi Muda yang Mandiri” juga mengaku
telah mempersiapkan diri menghadapi final AHMBS tingkat nasional.
Leo Wijaya, Direktur Indako Trading Coy selaku main dealer
Honda di wilayah Sumut mengungkapkan sangat berbangga dan mendukung ketiga
pelajar berprestasi ini untuk berkompetisi ke ajang AHMBS tingkat Nasional.
Pihaknya berharap mereka dapat mengerahkan segala kemampuan terbaiknya saat
berkompetisi nanti. “ Bersama lomba karya tulis AHMBS, Honda berharap dapat
menanamkan benih semangat entrepreneur di kalangan anak muda, sehingga dapat
melahirkan generasi muda yang kreatif dan namun tetap memiliki kepedulian
sosial yang tinggi, karena Indonesia
membutuhkan mereka untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang kuat dari sektor
informal di masa depan.” Ujar Leo Wijaya
Program Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) 2016, merupakan
upaya PT Astra Honda Motor (AHM) mendukung peningkatan kualitas generasi
muda berjiwa entrepreneur. Menggali semangat wirausaha di
kalangan siswa berprestasi ini merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam
menemani masyarakat mewujudkan mimpi menjadi kebanggaan bangsa.
Honda sendiri menggelar AHMBS secara rutin
setiap tahun sebagai
untuk menjaring sekaligus mewadahi potensi kreatif anak muda berprestasi di
tingkat SLTA. Tahun ini, kegiatan yang telah memasuki penyelenggarakan ke-14
ini mengangkat
tema baru dan segar untuk memberikan kesempatan para generasi muda unggulan
dari seluruh Indonesia menampilkan ide kreatif kewirausahaan dengan mengusung tema
“Young Entrepreneur”.
AHMBS mengumpulkan siswa-siswi terbaik tingkat SMA melalui proses seleksi
ketat yang dilakukan oleh jaringan main dealer sepeda motor Honda dari seluruh
Indonesia. Dari sebanyak 573 peserta dari 301 sekolah yang mengikuti seleksi
AHMBS di tingkat daerah tahun ini, terpilih 70 siswa-siswi terbaik
yang akan mengikuti ajang nasional ini.
Penyeleksian peserta AHMBS dilakukan secara komprehensif
dengan menggali ide kreatif kewirausahaan yang telah dilimplementasikan
oleh siswa dengan tetap memperhatikan prestasi
akademik. AHMBS berupaya menemukan peserta dengan bakat-bakat entrepreneurship terbaik yang mampu menjaga
keseimbangan antara pendidikan akademis dan semangat entrepreuner.
Dalam proses seleksi, para peserta ditantang membuat karya
tulis yang memaparkan kegiatan wirausaha yang telah dilakukan. Penilaian dilihat secara
detil dari keunikan ide wirausaha, proses perencanaan, proses eksekusi jual
beli, laporan keuangan, hingga skema mempertahankan dan mengembangkan usahanya.
Sementara itu Deputy Head of Corporate Communication AHM
Ahmad Muhibbuddin mengungkapkan melalui AHMBS,
perusahaan ingin menanamkan semangat wirausaha di kalangan anak muda yang kelak
akan menjadi menjadi salah satu bagian dari penentu pertumbuhan ekonomi bangsa.
Oleh karena itu, Honda berupaya
turut serta membentuk karakter wirausaha unggul
dan berkualitas pada diri generasi muda melalui pembentukan karakter, motivasi,
hingga opportunity dengan mempertemukan anak muda
berprestasi yang memiliki semangat dan visi yang sama.
Pada AHMBS
tahun ini, siswa terpilih yang mengikuti babak final akan
mendapatkan motivasi dan bimbingan langsung dari beberapa tokoh nasional.
Peserta tidak hanya akan mendapatkan penguatan karakter untuk menjadi wirausaha
yang unggul, berkualitas, dan sukses namun juga memiliki semangat pengabdian yang besar bagi bangsa dan negara. Mereka juga akan dibekali pengetahuan
tentang socio-preneurship di mana mereka akan ditantang untuk
menjadi wirausaha yang mampu mengembangkan usaha dengan tetap memberikan
manfaat bagi lingkungan sekitarnya.
No comments:
Post a Comment