Monday, August 2, 2010

Honda Tingkatkan Kapasitas Produksi di Indonesia jadi 4 juta unit


PT. Astra Honda Motor (AHM), yang merupakan produsen motor terbesar di Indonesia yang bertanggung jawab untuk produksi dan penjualan, mengumumkan rencana penambahan kapasitas produksi menjadi 3,5 juta unit sebelum akhir tahun ini dan membangun pabrik baru dengan kapasitas produksi 500.000 unit untuk meningkatkan kapasitas menjadi 4 juta unit sebelum akhir 2011.

Untuk memenuhi pertumbuhan permintaan sepeda motor di Indonesia, AHM saat ini sudah menaikkan kapasitas produksi tahunannya dari 3 juta unit pada akhir 2009 menjadi 3,3 juta unit pada akhir Mei 2010 melalui penambahan line baru pada pabrik yang ada saat ini. Saat ini AHM akan menaikkan lagi kapasitas produksinya sehingga menjadi 3,5 juta unit pada akhir 2010.

Pabrik baru akan dibangun di lahan plant 3 dan dijadwalkan akan beroperasi pada akhir 2011. Total investasi untuk pabrik baru ini sekitar Rp760 miliar (sekitar 7,4 miliar yen*). Total karyawan AHM akan naik dari 16.000 menjadi 17.000 saat pabrik beroperasi dengan kapasitas penuh.

Sebagai tambahan, AHM telah melakukan penambahan line up model sepeda motor skutik dengan merilis 3 model skutik baru pada bulan Agustus 2009, skutik baru Scoopy pada Mei 2010, dan model skutik global yaitu PCX pada Juni 2010, selain itu motor bebek otomatik, Revo AT, yang dilengkapi dengan teknologi CV-Matic juga akan ikut melengkapi keluarga besar motor Honda.

Penjualan AHM tahun 2010 diperkirakan akan mencapai 3,21 juta unit (naik sekitar 20% dibandingkan tahun 2009) dan penjualan aktual diharapkan dapat melampaui hasil penjualan 2009 (sekitar 2,7 juta unit).

Pasar motor di Indonesia, yang saat ini berada di peringkat ketiga terbesar dunia setelah China dan India, mencapai 5,85 juta unit pada 2009, dan diharapkan akan mencapai rekor tertinggi sekitar 6,8 juta unit tahun ini. AHM akan melanjutkan rencananya menambah model motor baru agar dapat memenuhi permintaan dari konsumen di tengah pesatnya pertumbuhan pasar sepeda motor.

Arifin Posmadi, General Manager CV. Indako Trading Co mengungkapkan selaku main dealer motor Honda di Sumatera Utara, pihaknya menyambut baik rencana AHM untuk meningkatkan kapasitas produksinya, karena setiap upaya ntuk memenuhi kebutuhan konsumen akan sepeda motor yang berkualitas, berteknologi, irit dan ramah lingkungan, tentunya akan didukung.

“ Memberikan yang terbaik pada konsumen adalah tujuan kami, jika saat ini permintaan masyarakat akan motor Honda semakin meningkat, maka strategi yang dipilih AHM sudah sangat tepat “, ujarnya.

No comments:

Post a Comment

Jumlah Pengunjung :