Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) mengadakan
kampanye simpatik tertib berlalu lintas untuk meningkatkan kepatuhan terhadap
rambu lalu lintas dan kesadaran terhadap hak pengguna jalan lain.
Kegiatan yang dilakukan bersama Korps Lalu
Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) ini dipusatkan di Jalan
Kebon Sirih, Jakarta Pusat pada Kamis pagi (27/7). Kampanye kali ini dilakukan
dengan mengingatkan para pengguna sepeda motor agar tidak melawan arah dan
mematuhi rambu lalu lintas yang ada serta mengingatkan agar tidak melintasi
trotoar yang memang diperuntukkan bagi pejalan kaki.
Wakil Ketua YAHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan
kecelakaan yang dialami pengguna jalan seringkali bermula dari pelanggaran dan
ketidakpatuhan terhadap rambu lalu lintas. Karena itu, tertib berlalu lintas
harus terus dikampanyekan dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan yang
terkait keselamatan berkendara.
"Semakin banyak stakeholder yang terlibat,
upaya menciptakan budaya tertib berlalu lintas ini akan semakin efektif.
Tenggang rasa dan saling menghormati antar pengguna jalan juga perlu terus
ditingkatkan untuk mewujudkan suasana berkendara yang nyaman dan aman bagi
pemakai jalan raya dan juga pejalan kaki di trotoar," ujarnya di sela-sela
kampanye Gerakan Tertib Berlalu Lintas.”, ujar Ahmad Muhibbuddin.
Kampanye simpatik ini juga dilakukan dengan
membagikan stiker #CariAman dan stiker yang berisikan pesan keselamatan
berkendara dan tertib berlalu lintas di jalan. Beragam kegiatan kampanye
keselamatan berkendara lain secara terpisah juga dilaksanakan di tempat lain.
Selain kampanye simpatik di jalan raya, program kampanye Gerakan Tertib Berlalu
Lintas ini juga dilaksanakan dengan menggelar diskusi safety riding yang
melibatkan beragam komunitas pecinta sepeda motor dari berbagai merek dan juga
aktivis keselamatan berkendara.
Muhibbuddin menuturkan upaya menciptakan budaya
keselamatan berkendara membutuhkan dukungan dan sinergi berbagai pihak, mulai
produsen kendaraan bermotor, kepolisian, pemerintah, dan juga para pengguna
jalan raya.
Sementara itu Leo Wijaya, Direktur Indako
Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumut mengungkapkan pihaknya
sangat mendukung kampanye simpatik tertib berlalu lintas yang digagas oleh
YAHM. Menurutnya proses membudayakan sesuatu yang baik itu tidaklah semudah
membalik telapak tangan dan tidak instan, karenanya harus ada sinergi kesadaran
bersama yang konsisten, terus menerus, dan berkelanjutan. “ Pastinya Honda
yakin ini bisa terwujud karena pada dasarnya setiap orang menginginkan suasana
berkendara yang aman, nyaman, dan menyenangkan,” ujar Leo Wijaya.
YAHM bersama Honda kini juga aktif
melakukan program kampanye safety riding terintegrasi melalui tagline
#Cari_Aman sebagai salah satu upaya mengajak generasi muda terlibat aktif
dalam mewujudkan generasi yang sadar akan pentingnya keselamatan berkendara.
Tagline #Cari_Aman diharapkan dapat membuka cakrawala dan persepsi baru bagi
generasi muda atas keselamatan berkendara yang lebih menyenangkan dan dapat
menjadi bagian dari kehidupan generasi mendatang.
Selain kerjasama dengan para pemangku
kepentingan lain, YAHM secara konsisten memgadakan berbagai program edukasi
bagi masyarakat seperti seminar dan diskusi bersama komunitas motor, membagikan
buku etika berlalu lintas, membangun taman lalu lintas, edukasi tertib lalu
lintas pada anak-anak usia dini, hingga menginisiasi terbentuknya sekolah model
safety riding di wilayah kota Yogyakarta.
No comments:
Post a Comment