Sebagai
bagian dari upaya meningkatkan pelayanan terbaik bagi konsumen di seluruh
jaringan main dealer, PT. Astra Honda Motor (AHM) kembali mengadakan Kontes
Layanan Honda Nasional 2014 yang berlangsung selama 5 hari mulai 9-13 Juni
2014. Kontes Layanan Honda Nasional tahun ini sendiri telah memasuki tahun
kedelapan sejak pertama kali digelar pada 2007.
Adu
keterampilan memberikan layanan terbaik untuk konsumen ini dibagi dalam tiga
kategori yang diikuti oleh 41.859 peserta yang terdiri dari 35.670 Front Line
People (FLP), 2.060 Deliveryman, dan 4.129 pimpinan jaringan Honda. Para
peserta mengikuti seleksi tahap regional hingga menuju tahap final.
Pada
tahap final, terseleksi sebanyak 121 peserta terbaik dari 29 Main Dealer Honda
di Indonesia. Kategori FLP diikuti oleh 69 orang yang terdiri dari Sales
Counter, Salesman, Front Desk Officer, Salesman Part, dan Sales Counter Part.
Adapun kategori Deliveryman diikuti 27 petugas yang biasa mengantarkan motor ke
konsumen sedangkan kategori Pimpinan Jaringan diikuti oleh 25 orang yang
merupakan penanggung jawab di showroom, AHASS, maupun Honda Exclusive Parts
Shop (HEPS).
General
Manager Honda Customer Care Center (HC3) AHM Istiyani Susriyati mengatakan
perusahaan terus berupaya meningkatkan kompetensi para karyawan dan pimpinan
yang berada di garda terdepan pelayanan konsumen.
“Kontes
Layanan Honda menjadi salah satu upaya berkelanjutan yang kami susun untuk
terus mengasah keterampilan Front Line People, Deliveryman, dan Pimpinan
Jaringan Honda di seluruh Indonesia. Kami berharap hal ini dapat semakin
memacu semangat mereka untuk semakin Satu Hati dalam melayani konsumen Honda
sebaik-baiknya.” Ujar Istiyani
Sementara
itu, Leo Wijaya, General Manager Indako Trading Co selaku main dealer Honda di
wilayah Sumatera Utara mengungkapkan Honda tidak hanya berkomitmen memberikan
pelayanan sepenuh hati, tetapi juga
berusaha melayani konsumen dengan lebih peduli.
“
Konsumen semakin hari semakin kritis. Karenanya melaui kompetisi ini diharapkan
Honda dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanan bagi konsumen sehingga
predikat sebagai pemimpin pasar motor nasional dapat terus dipertahankan “,
ujar Leo Wijaya
Dalam
proses seleksi panitia melakukan pre assessment dengan metode mystery shopping
dan mystery calling untuk para FLP sedangkan untuk deliveryman dilakukan
customer survey dan dealer audit terhadap para pimpinan jaringan.
Pada
tahap berikutnya, untuk menentukan pemenang, panitia merumuskan beberapa poin
penilaian yang berbeda di setiap kategori. Untuk FLP dan deliveryman,
penilaiannya meliputi beberapa aspek yaitu pengetahuan, ketrampilan,
kepribadian, perilaku, semangat melayani berdasarkan value One Heart With
Care. Adapun metode penilaian terdiri dari tes teori, praktik bermain
peran, pengamatan kepribadian, observasi dan survei lapangan.
Untuk
kategori Pimpinan Jaringan, penilaian dilakukan dengan memperhatikan faktor
kepemimpinan, sikap, inovasi dan implementasi proyek, dan pengembangan
manajemen outlet yang dilakukan di setiap daerah. Untuk para pemenang, Honda
menyediakan 3 unit sepeda motor dan piala bergilir untuk juara terbaik dari
tiap kategori, tropi, serta piagam penghargaan.
Keseriusan
Honda bersama jaringan main dealernya memberikan layanan terbaik untuk para
pelanggan mendap atapresiasi dari sejumlah pihak. Awal bulan ini, lembaga
Carre - CCSL (Center for Customer Satisfaction & Loyalty) bekerjasama
dengan majalah Service Excellence memberikan penghargaan Service Quality (SQ)
Award 2013 kategori Diamond, predikat tertinggi dalam ajang penghargaan ini.
Layanan
Contact Center
Penghargaan
lain juga diterima Honda melalui tim Contact Center Honda yang merupakan bagian
dari upaya serius perusahaan dalam memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen.
Beragam upaya telah dilakukan untuk terus meningkatkan kualitas dan kompetensi
Contact Center. Pada awal bulan ini, Contact Center Honda menyabet 4
penghargaan bergengsi di ajang The Top Ranking Performers in the Contact Center
World (CCW) Asia Pacific 2014 yang berlangsung di Singapura. Penghargaan yang
diterima terdiri dari 1 medali emas kategori Best Small Contact Center, 1
medali emas kategori Best Technology Innovation by Small center, 1 medali
perunggu kategori Best Direct Response Campaign, dan penghargaan Runner Up
untuk kategori Best Community Spirit.
CCW
Award memberikan penghargaan kepada perusahaan dari berbagai industri di
seluruh Asia Pasifik yang memiliki komitmen dan kinerja tinggi di bidang
contact center dalam memberikan pelayanan terbaik bagi konsumennya. Seleksi
penghargaan ini melibatkan 1500 peserta dari 50 negara di 3 benua wilayah Asia
Pasifik.
Pengakuan
terhadap perfoma Contact Center Honda juga sebelumnya diberikan oleh Indonesian
Contact Center Association (ICCA) melalui penghargaan The Best Contact Center
Indonesia 2014 pada akhir Mei lalu. Sebanyak 7 penghargaan berhasil disabet,
yaitu The Best Operation (SILVER), The Best Contact Center Manager (PLATINUM),
The Best Contact Center Quality Assurance (PLATINUM), The Best Contact Center
Trainer (PLATINUM), The Best Contact Center Team Leader (PLATINUM), The Best Contact
Center Supervisor (GOLD), The Best Contact Center IT Support (SILVER).
Layanan
contact center Honda senantiasa siap melayani konsumen selama 24 jam melalui
call center (021-500989), serta membuka layanan melalui SMS (0811-9-500989),
email (customercare@astra-honda.com) dan website (www.astra-honda.com).
No comments:
Post a Comment