Tuesday, June 17, 2014

Tingkatkan Layanan Konsumen, Honda Gelar Kontes Layanan Honda Nasional 2014


Sebagai bagian dari upaya meningkatkan pelayanan terbaik bagi konsumen di seluruh jaringan main dealer, PT. Astra Honda Motor (AHM) kembali mengadakan Kontes Layanan Honda Nasional 2014 yang berlangsung selama 5 hari mulai 9-13 Juni 2014. Kontes Layanan Honda Nasional tahun ini sendiri telah memasuki tahun kedelapan sejak pertama kali digelar pada 2007.

Adu keterampilan memberikan layanan terbaik untuk konsumen ini dibagi dalam tiga kategori yang diikuti oleh 41.859 peserta yang terdiri dari 35.670 Front Line People (FLP), 2.060 Deliveryman, dan 4.129 pimpinan jaringan Honda. Para peserta mengikuti seleksi tahap regional hingga menuju tahap final.  

Pada tahap final, terseleksi sebanyak 121 peserta terbaik dari 29 Main Dealer Honda di Indonesia. Kategori FLP diikuti oleh 69 orang yang terdiri dari Sales Counter, Salesman, Front Desk Officer, Salesman Part, dan Sales Counter Part. Adapun kategori Deliveryman diikuti 27 petugas yang biasa mengantarkan motor ke konsumen sedangkan kategori Pimpinan Jaringan diikuti oleh 25 orang yang merupakan penanggung jawab di showroom, AHASS, maupun Honda Exclusive Parts Shop (HEPS).

General Manager Honda Customer Care Center (HC3) AHM Istiyani Susriyati mengatakan perusahaan terus berupaya meningkatkan kompetensi para karyawan dan pimpinan yang berada di garda terdepan pelayanan konsumen.

“Kontes Layanan Honda menjadi salah satu upaya berkelanjutan yang kami susun untuk terus mengasah keterampilan Front Line People, Deliveryman, dan Pimpinan Jaringan Honda di seluruh Indonesia.  Kami berharap hal ini dapat semakin memacu semangat mereka untuk semakin Satu Hati dalam melayani konsumen Honda sebaik-baiknya.” Ujar Istiyani
Sementara itu, Leo Wijaya, General Manager Indako Trading Co selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan Honda tidak hanya berkomitmen memberikan pelayanan sepenuh hati,  tetapi juga berusaha melayani konsumen dengan lebih peduli. 

“ Konsumen semakin hari semakin kritis. Karenanya melaui kompetisi ini diharapkan Honda dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanan bagi konsumen sehingga predikat sebagai pemimpin pasar motor nasional dapat terus dipertahankan “, ujar Leo Wijaya

Dalam proses seleksi panitia melakukan pre assessment dengan metode mystery shopping dan mystery calling untuk para FLP sedangkan untuk deliveryman dilakukan customer survey dan dealer audit terhadap para pimpinan jaringan.

Pada tahap berikutnya, untuk menentukan pemenang, panitia merumuskan beberapa poin penilaian yang berbeda di setiap kategori.  Untuk FLP dan deliveryman, penilaiannya meliputi beberapa aspek yaitu pengetahuan, ketrampilan, kepribadian, perilaku, semangat melayani berdasarkan value One Heart With Care.  Adapun metode penilaian terdiri dari tes teori, praktik bermain peran, pengamatan kepribadian, observasi dan survei lapangan.

Untuk kategori Pimpinan Jaringan, penilaian dilakukan dengan memperhatikan faktor kepemimpinan, sikap, inovasi dan implementasi proyek, dan pengembangan manajemen outlet yang dilakukan di setiap daerah. Untuk para pemenang, Honda menyediakan 3 unit sepeda motor dan piala bergilir untuk juara terbaik dari tiap kategori, tropi, serta piagam penghargaan.

Keseriusan Honda bersama jaringan main dealernya memberikan layanan terbaik untuk para pelanggan mendap atapresiasi dari sejumlah pihak.  Awal bulan ini, lembaga Carre - CCSL (Center for Customer Satisfaction & Loyalty) bekerjasama dengan majalah Service Excellence memberikan penghargaan Service Quality (SQ) Award 2013 kategori Diamond, predikat tertinggi dalam ajang penghargaan ini.


Layanan Contact Center

Penghargaan lain juga diterima Honda melalui tim Contact Center Honda yang merupakan bagian dari upaya serius perusahaan dalam memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen. Beragam upaya telah dilakukan untuk terus meningkatkan kualitas dan kompetensi Contact Center.  Pada awal bulan ini, Contact Center Honda menyabet 4 penghargaan bergengsi di ajang The Top Ranking Performers in the Contact Center World (CCW) Asia Pacific 2014 yang berlangsung di Singapura. Penghargaan yang diterima terdiri dari 1 medali emas kategori Best Small Contact Center, 1 medali emas kategori Best Technology Innovation by Small center, 1 medali perunggu kategori Best Direct Response Campaign, dan penghargaan Runner Up untuk kategori Best Community Spirit.

CCW Award memberikan penghargaan kepada perusahaan dari berbagai industri di seluruh Asia Pasifik yang memiliki komitmen dan kinerja tinggi di bidang contact center dalam memberikan pelayanan terbaik bagi konsumennya. Seleksi penghargaan ini melibatkan 1500 peserta dari 50 negara di 3 benua wilayah Asia Pasifik.

Pengakuan terhadap perfoma Contact Center Honda juga sebelumnya diberikan oleh Indonesian Contact Center Association (ICCA) melalui penghargaan The Best Contact Center Indonesia 2014 pada akhir Mei lalu. Sebanyak 7 penghargaan berhasil disabet, yaitu The Best Operation (SILVER), The Best Contact Center Manager (PLATINUM), The Best Contact Center Quality Assurance (PLATINUM), The Best Contact Center Trainer (PLATINUM), The Best Contact Center Team Leader (PLATINUM), The Best Contact Center Supervisor (GOLD), The Best Contact Center IT Support (SILVER).

Layanan contact center Honda senantiasa siap melayani konsumen selama 24 jam melalui call center (021-500989), serta membuka layanan melalui SMS (0811-9-500989), email (customercare@astra-honda.com) dan website (www.astra-honda.com). 

No comments:

Post a Comment

Jumlah Pengunjung :