Di tengah melemahnya pasar kendaraan roda
dua, PT Astra Honda Motor (AHM) mencatatkan pertumbuhan penjualan signifikan di
segmen sport hingga 130,8% setelah membukukan penjualan 22.793 unit pada Juli
2016 dibandingkan bulan yang sama tahun lalu.
Berdasarkan data yang diolah dari Asosiasi
Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), pada bulan Juli 2016 penjualan sepeda
motor nasional hanya 305.153 unit atau turun 27,7% dibandingkan Juli 2015
yang hanya sebesar 421.838 unit. Melemahnya pasar motor nasional ini terjadi di
semua segmen termasuk segmen motor sport nasional yang turun 1,3% dari 48.059
unit pada Juli 2015 menjadi 47.427 unit pada Juli 2016.
Dalam kondisi pelemahan penjualan secara
nasional tersebut, Honda mampu menggenjot penjualannya di segmen motor sport
secara signifikan. Tercatat lonjakan 130,8% penjualan jajaran motor sport Honda
dari hanya 9.877 unit pada Juli 2015 melonjak menjadi 22.793 unit pada Juli
2016.
Penerimaan masyarakat yang tinggi terhadap
All New Honda CB150R StreetFire menjadikan model ini sebagai produk terlaris
motor sport Honda pada Juli 2016 dengan penjualan sebesar 12.879 unit. Performa
ini diikuti model-model sport Honda lainnya yang juga terus dicintai pecinta
motor sport yaitu Honda CBR series yang terjual sebesar 5.555 unit, Honda Verza
sebesar 4.058 unit, Honda MegaPro sebesar 300 unit. Honda CBR650F pun turut
dipinang konsumen premium Honda di bulan Juli lalu. Melalui penjualan jajaran
motor sport Honda ini, Honda semakin mengukuhkan penguasaan pangsa pasar di
segmen motor sport sebesar 48,1%.
General Manager Sales Division AHM Thomas
Wijaya mengatakan lonjakan penjualan serta kepemimpinan Honda di segmen motor
sport telah dicetak sejak lima bulan
terakhir tahun ini. Menurutnya melemahnya daya beli masyarakat serta hari kerja
yang lebih sedikit menjadi salah satu faktor penurunan penjualan pada
bulan lalu. Kendati demikian, segmen sport Honda mampu mempertahankan
pertumbuhan hingga melonjak lebih dari 2 kali lipat dibandingkan bulan yang
sama tahun lalu. “ Honda sangat bersyukur kepercayaan konsumen semakin baik
terhadap motor sport Honda.” ujarnya
Sementara itu Leo Wijaya, Direktur Indako
Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumut mengungkapkan pihaknya turut
berbangga dengan adanya pertumbuhan penjualan signifikan di segmen sport. “ Tentunya
lonjakan ini semakin mengukuhkan kepemimpinan Honda di segmen motor sport Tanah
Air, serta mencerminkan semakin besarnya kepercayaan para pecinta motor sport terhadap
performa tinggi dan teknologi teranyar yang disematkan pada produk sport
Honda.” ujar Leo Wijaya
Di segmen lain, motor bebek Honda tercatat
terjual sebesar 29.281 unit dengan penguasaan pangsa pasar 73,1% pada Juli
2016. Honda Supra series memberikan kontribusi penjualan terbanyak sebesar
14.378 unit, diikuti oleh Honda Revo 9.649 unit, All New Honda Sonic 150 R
3.942 unit dan Honda Blade 1.312 unit.
Segmen skutik Honda memiliki Honda Vario
series yang terjual sebanyak 75.537 unit, Honda BeAT series 43.495 unit, Honda
Scoopy 31.760 unit, Honda Spacy 499 unit, dan Honda PCX 294 unit. Total
penjualan sepeda motor Honda di segmen ini sebanyak 151.585 unit dengan pangsa
pasar 69,6%.
Performa penjualan sepeda motor Honda yang
memimpin semua segmen sepeda motor nasional pada bulan lalu memberikan
kontribusi positif terhadap total penjualan merek ini sepanjang tahun 2016.
Honda tercatat mampu membukukan penjualan sebesar 2.362.047 unit pada periode
Januari-Juli 2016 dengan memimpin 72,3% pangsa pasar motor nasional yang saat
ini tercatat sebesar 3.268.041 unit.
Sepanjang 7 bulan pertama tahun ini, Honda
pun memimpin pangsa pasar di semua segmen melalui penjualan motor Honda di
segmen sport sebesar 178.839 unit atau memimpin 45,9 % pangsa pasar motor sport
nasional, penjualan motor Honda di segmen bebek sebesar 236.271 unit atau
memimpin 65,5 % pangsa pasar motor bebek nasional, serta penjualan motor Honda
di segmen skutik sebesar 1.946.937 unit atau memimpin 77,3 % pangsa pasar motor
skutik nasional.
No comments:
Post a Comment