Sebanyak 22.245 mekanik dan service advisor Honda mengikuti
kompetisi teknik keterampilan yang diselenggarakan oleh PT Astra Honda Motor
(AHM) bekerjasama dengan jaringan Main Dealer sepeda motor Honda se-Indonesia.
Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi serta mengukur kemampuan mekanik dan service advisor Honda di Tanah Air dalam memberikan
layanan purna jual terbaik untuk konsumen.
Bertajuk The 23rd Honda Indonesia Technical
Skill Contest, kompetisi ini memiliki 3 kategori kontes yaitu mekanik pit, service advisor dan kategori terbaru yaitu mekanik Pre
Delivery Inspection (PDI). Dalam kompetisi ini dilakukan seleksi bertahap.
Pertama dilakukan seleksi pada tingkat Astra Honda Authorized Service Station
(AHASS) yang diikuti oleh 18.491 mekanik dan 3.754 service advisor. Setelah melewati seleksi AHASS,
tersaring jumlah peserta yang terdiri dari 3.752 mekanik pit, 512 service advisor, dan 352 mekanik PDI pada tahap
regional. Pada tahap terakhir, tersaring 81 peserta untuk mengikuti kompetisi
nasional yang terbagi atas 27 mekanik AHASS, 27 service advisor, dan 27 mekanik PDI yang akan
berlangsung pada 24-26 Agustus 2016.
Mekanik terbaik dalam kompetisi tingkat nasional berhak mendapatkan
hadiah utama sepeda motor New Honda Sonic 150R. Sementara itu, service advisorterbaik berhak mendapatkan hadiah utama
Honda Supra GTR 150. Lalu, pemenang dari kategori mekanik pit memiliki
kesempatan untuk mewakili Indonesia dalam ajang “Asia Oceania Technical
Contest” yang diadakan di Vietnam pada akhir tahun ini.
Wedijanto Widarso, General Manager Technical Service Division AHM
mengatakan kompetisi yang telah memasuki tahun ke 23 ini merupakan wujud
komitmen dan konsistensi perusahaan dalam menyiapkan pelayanan terbaik bagi
konsumen pengguna sepeda motor Honda.” Kali ini kami menambah kategori baru
yaitu mekanik PDI untuk melengkapi uji kompetensi baik secara teknis maupun non
teknis sehingga layanan dalam mewujudkan kepuasan konsumen lebih maksimal.”
Ujar Wedijanto
Leo Wijaya, Direktur Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di
wilayah Sumut mengungkapkan kompetisi keterampilan mekanik dan service advisor ini secara konsisten dilakukan oleh
Honda sebagai upaya perusahaan dalam meningkatkan kompetensi sumber daya
manusia di jaringan purna jual sepeda motor Honda di Indonesia. Kegiatan yang
mengusung tema “Satu Hati Raih Prestasi” ini diharapkan dapat semakin
memotivasi para mekanik dan service advisor Honda untuk menyuguhkan kualitas
layanan teknis sepeda motor yang terbaik di seluruh Indonesia.
Proses seleksi pertama pada tingkat AHASS telah dilakukan sejak
Desember 2015 hingga Mei 2016, materi uji yang diberikan pada tahapan seleksi
ini terdiri atas uji pengetahuan mesin, rangka, kelistrikan, system PGM-FI, tools, dan teknologi Honda. Pada kategori mekanik regular dan PDI Honda,
keseluruhan materi dites melalui teknik perawatan, perbaikan, dan pemeriksaan
sepeda motor. Lalu untuk service
advisor Honda, dilakukan uji praktek terkait
pemeriksaan sepeda motor, product
knowledge, dan customer handling.
Selanjutnya seleksi kedua dilakukan pada tingkat provinsi dan
diselenggarakan oleh seluruh main dealer Honda. Pada tahapan ini materi uji
yang diberikan lebih mendalam terkait atas analisa teknis, penggunaan alat
bengkel, dan trouble shooting. Sementara itu, bagi mekanik PDI ujian
praktek akan berkisar tentang bagaimana mempersiapkan unit sepeda motor sebelum
diterima dengan baik oleh konsumen. Adapun pada kategori service advisor, penilaian dilakukan dalam bentuk role play atau studi kasus terkait pelayanan
terhadap konsumen serta kemampuan dalam menjual produk sepeda motor Honda.
No comments:
Post a Comment