Untuk melindungi keselamatan saat
berkendara dengan motor di jalan, kondisi motor menjadi salah satu faktor
penting yang harus diperhatikan. Menyikapi hal tersebut, Honda sebagai pelopor k
eselamatan berkendara, berupaya terus menggalakkan kampanye #cari_aman dengan
tidak lelah mengingatkan para pecintanya untuk selalu melakukan perawatan
berkala dan pengecekan kondisi komponen motor.
.
Erwin Chandra, Senior Instructor
Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah
Sumatera Utara mengungkapkan, sebagai armada yang digunakan untuk menemani
aktivitas harian, motor sangat membutuhkan perawatan di tangan ahlinya yaitu
para mekanik dari bengkel resmi AHASS.
Namun pada kenyataannya, tidak semua
pemilik motor memahami akan kebutuhan dari kendaraannya, sehingga jadwal servis
motor akhirnya terabaikan. Karena faktanya banyak motor yang lama tidak
diservis, sehingga tidak hanya akan lebih cepat rusak, namun juga membahayakan
pengemudi saat berkendara. Sebenarnya terdapat sejumlah tanda yang menunjukkan
motor harus segera diservis dan mengalami perbaikan.
Pertama, motor susah dinyalakan di
pagi hari, padahal kick starter sudah digenjot sekuat tenaga, choke udah juga
ditarik, namun motor tetap diam tak menyala. Hal ini dapat djadikan salah satu
tanda bahwa motor sudah dapat dibawa ke bengkel resmi AHASS untuk mendapat
perbaikan.
Kedua, jika motor dalam kondisi prima
tentunya tidak akan mati ketika gasnya dilepas. Kondisi ini tentunya sangat
menjengkelkan dan perlu mendapat pemeriksaan yang baik dari ahlinya.
Ketiga, jika motor mengeluarkan suara
aneh yang tidak semestinya juga dapat menjadi pertanda dibutuhkannya perawatan.
Karena harus segera dicari tahu sumber
bunyi aneh tersebut dan penyebab terjadinya.
Keempat, tarikan motor yang berat saat
digas dan tidak melaju dengan kecepatan maksimal, maka itu juga menjadi salah
satu pertanda motor harus dibawa ke bengkel resmi. Jangan dibiarkan karena
kerusakan bisa makin parah yang berakhir mogok.
Kelima, tanda lain motor sudah perlu
diservis adalah asap yang keluar dari motor. Jika ada asap yang keluar dari
knalpot, maka hal tersebut perlu diwaspadai.
Keenam, salah satu cara paling mudah
untuk mengetahui kapan motor sudah perlu diservis adalah dengan mengecek
kilometer. Jika kilometernya apakah sudah melebihi dari batas servis artinya
motor sudah layak untuk masuk bengkel.
Erwin Chandra menambahkan, untuk
menghadirkan senyum kepuasan para pecinta setianya, Honda turut menghadirkan
berbagai layanan servis yang menjawab kebutuhan. Seperti halnya Layanan Booking Servis via aplikasi
KeretaKU atau layanan yang dapat dipesan sesuai dengan waktu yang diinginkan
konsumen, pit express yang memberikan layanan servis bebas antri
dan cepat untuk konsumen yang membutuhkan penggantian oli dan part
tertentu, hingga AHASS Service Kunjung (ASK) yang memberikan layanan
servis motor nyaman di rumah.
No comments:
Post a Comment