Sebagai pelopor keselamatan berkendara (safety riding), Honda konsisten menghadirkan inovasi #cari_aman melalui berbagai fitur canggih yang diusung jajaran motornya guna mendukung terciptanya berkendara aman dan nyaman para pecintanya.
Erwin
Chandra, Senior Instructor Technical Service PT
Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara
mengungkapkan, bahwa tidak hanya fitur dan teknologi canggih seperti Anti-lock
Brake System, Honda Selectable Torque Control dan berbagai fitur yang dapat ditemui
pada sepeda motor premium, namun Honda juga memperhatikan fitur sederhana untuk
keselamatan para penggunanya. Menurutnya, meski tidak terlalu menonjol di
masyarakat, tapi fitur tersebut berdampak cukup besar untuk keselamatan
pengendara.
Pertama, Side stand
switch yang dapat ditemukan pada
motor-motor matic Honda. Fitur ini secara otomatis mematikan mesin sepeda motor
saat standar samping diturunkan. Mesin tak akan bisa dihidupkan sampai standar
samping dinaikkan kembali.
Dengan fitur
Side Stand Switch, standar samping tak cuma berfungsi untuk menahan posisi
sepedamotor agar tetap berdiri saat motor terparkir, tapi standar samping kini
jadi salah satu penunjang keamanan dan keselematan berkendara. Jadi, fitur
ini akan mengurangi risiko kecelakaan akibat lupa menaikan standar saat akan
berkendara serta mencegah motor jalan sendiri akibat tuas gas terputar secara
tak sengaja saat sepedamotor berhenti dengan kondisi mesin menyala.
Kedua,
Fitur tuas pengunci rem belakang atau parking brake lock
berfungsi untuk membantu mengunci roda belakang terutama pada saat motor
diparkir ditempat yang tidak rata atau berhenti di jalan menanjak atau
menurun. Selain itu, Parking Brake Lock juga mampu menjadi salah satu
fitur keselamatan bagi pengendara bahkan pada saat mesin motor mulai
dinyalakan. Karena sistemnya yang dapat mengunci rem belakang motor, maka
resiko motor loncat karena memuntir tuas gas secara berlebihan dapat hindari.
Ketiga, Emergency
Stop Signal (ESS) adalah fitur keselamatan pasif untuk memberi tahu pengendara
di belakang bahwa pengendara di depannya sedang melakukan pengereman mendadak
atau panic braking. Hal ini bertujuan supaya pengendara di belakang punya waktu
untuk melakukan pengereman atau menghindari tabrakan dengan kendaraan di
depannya.
Erwin Chandra
menambahkan, bahwa selain 3 fitur sederhana untuk keselamatan di atas, masih
banyak fitur #cari_aman lainnya yang dimiliki sepedamotor Honda. Selain itu, jangan
lupa untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan sepedamotor Honda secara rutin
di bengkel AHASS terdekat, agar servisnya pasti dan bergaransi dari ahlinya.
No comments:
Post a Comment