Tuesday, March 16, 2021

Tidak ‘Kentang’, PCX 160 juga Dilengkapi Fitur Moge HSTC



Terus menjadi bahan perbincangan, All New Honda PCX 160 yang belum lama ini diluncurkan ternyata memiliki banyak keistimewaan. Tidak hanya mengadopsi mesin yang lebih besar, namun matik premium Honda ini terbukti tidak “Kentang” karena ternyata All New Honda PCX 160 juga dilengkapi dengan fitur moge HSTC (Honda Selectable Torque Control) yang merupakan teknolgi ala moge yang juga disematkan pada jajaran moge Honda seperti Honda CRF 1000L Africa Twin, Honda Gold Wing, CBR 1000RR, X-ADV 750, dan Honda Forza.

 

“Kentang” sendiri merupakan istilah yang banyak digunakan kalangan generasi millenial yang merupakan kependekan dari ungkapan "kena tanggung", atau segala sesuatu yang serba hampir dan kurang maksimal. Jauh berbeda dengan All New Honda PCX 160 yang hadir maksimal dengan perubahan menyeluruh pada mesin, rangka, desain dan segudang fitur dengan teknologi unggulan.

 

HSTC merupakan sebuah fitur yang ada pada motor Honda yang berfungsi untuk mendeteksi adanya perbedaan kecepatan putaran antara ban depan dan belakang. Dimana, fitur ini sangat berguna apalagi jika medan/ jalanan yang dilalui dalam keadaan basah, sehingga menghindari ban slip atau memutar saat hujan atau jalan licin. Selain itu, fitur ini juga berperan pada electronic Control Unit yang dapat mendeteksi adanya perbedaan putaran dan membatasi asupan bensin ke ruang bakar, sehingga torsi akan lebih terkontrol.

 

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara (Sumut) mengungkapkan bahwa keselamatan pecinta motor Honda menjadi salah satu fokus utama, karenanya Honda terus berupaya mengembangkan fitur dan teknologi untuk mendukung aspek keamanan dan keselamatan berkendara (safety riding) sepeda motor, salah satunya dengan menyematkan fitur HSTC pada matik besar All New Honda PCX 160 yang hadir dengan performa tinggi dan kemewahan, namun memberikan kebanggaan gaya hidup pecinta skutik premium yang menyenangi sensasi berkendara nyaman dengan teknologi tinggi.

 

Agar para pecinta matik dapat lebih mengenal dengan fitur unggulan ini, maka Honda membagikan pengetahuan terkait bagaimana fitur HSTC bekerja pada sepeda motor.

 

Pertama, pengendara cukup memutar kunci kontak ke posisi ON maka otomatis fitur HSTC akan aktif, tapi jika pengendara ingin merasakan sensasi torsi mesin yang lebih kuat, maka fitur ini bisa di non-aktifkan dengan cara, kunci kontak posisi ON (panel meter menyala),  selanjutnya tekan tombol Select  pada panel meter sampai muncul tulisan HSTC, kemudian tekan dan tahan tombol Set pada panel meter sampai indikator HSTC non aktif menyala

 

Kedua, fitur HSTC dikendalikan oleh Electronic Control Unit (ECU) dimana HSTC akan bekerja saat putaran roda belakang lebih cepat dibandingkan dengan putaran roda depan maka ECU memerintahkan injektor untuk mengurangi supplay bahan bakar sehingga tenaga/torsi mesin akan berkurang.

 

Ketiga, cara kerja HSTC seperti kebalikan dari kerja Anti-lock Braking System (ABS). Dimana jika ABS bekerja untuk mencegah hilangnya traksi saat pengendara melakukan pengereman mendadak atau panic braking, maka HSTC bekerja untuk mencegah hilangnya traksi saat gas dibuka atau berakselerasi.

 

Erwin Chandra menambahkan, sebagai salah satu fitur yang mendukung pengendara untuk #Cari_Aman dengan motor di jalan, HSTC pada All New Honda PCX 160 akan memberikan dampak yang besar jika dibarengi dengan gaya dan sikap berkendara yang baik dan sesuai aturan lalu lintas yang berlaku. Selain itu, untuk berkendara aman, maka pihaknya mengajak para pengguna motor Honda untuk selalu menjaga performa motor tetap optimal dengan melakukan perawatan berkala di bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) bersama mekanik ahli dari Honda.

No comments:

Post a Comment

Jumlah Pengunjung :