Terus menjadi bahan perbincangan, All
New Honda PCX 160 yang belum lama ini diluncurkan ternyata memiliki banyak keistimewaan.
Tidak hanya mengadopsi mesin yang lebih besar, namun matik premium Honda ini
terbukti tidak “Kentang” karena ternyata All New Honda PCX 160 juga dilengkapi
dengan fitur moge HSTC (Honda Selectable Torque Control) yang merupakan
teknolgi ala moge yang juga disematkan pada jajaran moge Honda seperti Honda
CRF 1000L Africa Twin, Honda Gold Wing, CBR 1000RR, X-ADV 750, dan Honda Forza.
“Kentang” sendiri merupakan istilah yang banyak digunakan
kalangan generasi millenial yang merupakan kependekan dari ungkapan "kena
tanggung", atau segala sesuatu yang serba hampir dan kurang maksimal. Jauh
berbeda dengan All New Honda PCX 160 yang hadir maksimal dengan perubahan menyeluruh pada mesin, rangka, desain
dan segudang fitur dengan
teknologi unggulan.
HSTC merupakan sebuah fitur yang ada pada motor Honda yang
berfungsi untuk mendeteksi adanya perbedaan kecepatan putaran antara ban depan
dan belakang. Dimana, fitur ini sangat berguna apalagi jika medan/ jalanan yang
dilalui dalam keadaan basah, sehingga menghindari ban slip atau memutar saat
hujan atau jalan licin. Selain itu, fitur ini juga berperan pada electronic
Control Unit yang dapat mendeteksi adanya perbedaan putaran
dan membatasi asupan bensin ke ruang bakar, sehingga torsi akan lebih
terkontrol.
Erwin
Chandra, Senior Instructor Technical Service PT
Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara (Sumut)
mengungkapkan bahwa keselamatan pecinta motor Honda menjadi salah satu fokus
utama, karenanya Honda terus berupaya mengembangkan fitur dan teknologi
untuk mendukung aspek keamanan dan keselamatan berkendara (safety riding)
sepeda motor, salah satunya dengan menyematkan fitur HSTC pada matik besar All
New Honda PCX 160 yang hadir dengan performa tinggi dan kemewahan, namun memberikan kebanggaan gaya
hidup pecinta skutik premium yang menyenangi sensasi berkendara nyaman
dengan teknologi tinggi.
Agar para pecinta
matik dapat lebih mengenal dengan fitur unggulan ini, maka Honda membagikan
pengetahuan terkait bagaimana fitur HSTC bekerja pada sepeda motor.
Pertama,
pengendara cukup memutar kunci kontak ke posisi ON maka otomatis fitur HSTC
akan aktif, tapi jika pengendara ingin merasakan sensasi torsi mesin yang lebih
kuat, maka fitur ini bisa di non-aktifkan dengan cara, kunci kontak posisi ON
(panel meter menyala), selanjutnya tekan
tombol Select pada panel meter sampai
muncul tulisan HSTC, kemudian tekan dan tahan tombol Set pada panel meter
sampai indikator HSTC non aktif menyala
Kedua, fitur HSTC
dikendalikan oleh Electronic Control Unit (ECU) dimana HSTC akan bekerja saat
putaran roda belakang lebih cepat dibandingkan dengan putaran roda depan maka
ECU memerintahkan injektor untuk mengurangi supplay bahan bakar sehingga
tenaga/torsi mesin akan berkurang.
Ketiga, cara kerja HSTC seperti kebalikan dari kerja
Anti-lock Braking System (ABS). Dimana jika ABS bekerja untuk mencegah
hilangnya traksi saat pengendara melakukan pengereman mendadak atau panic
braking, maka HSTC bekerja untuk mencegah hilangnya traksi saat gas dibuka atau
berakselerasi.
Erwin Chandra
menambahkan, sebagai salah satu fitur yang mendukung pengendara untuk
#Cari_Aman dengan motor di jalan, HSTC pada All New Honda PCX 160 akan memberikan
dampak yang besar jika dibarengi dengan gaya dan sikap berkendara yang baik dan
sesuai aturan lalu lintas yang berlaku. Selain itu, untuk
berkendara aman, maka pihaknya mengajak para pengguna motor Honda untuk selalu menjaga performa
motor tetap optimal dengan melakukan perawatan berkala di bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS)
bersama mekanik ahli dari Honda.
No comments:
Post a Comment