PT Astra Honda Motor (AHM) mengembangkan gaya hidup milenial
yang peduli keselamatan berkendara dengan melatih 150 pelajar SMA melalui
kegiatan Safety Riding Camp. Serangkaian edukasi dan pembentukan karakter
positif akan melahirkan generasi muda yang siap menginspirasi orang lain.
Sejalan dengan karakter generasi muda saat ini yang senang
berbagi dan menginspirasi sesama, AHM menggelar kembali kegiatan Safety Riding
Camp 2019 bagi para siswa dari 26 sekolah se-Jabotabek dan Banten. Kegiatan
kreatif yang bertajuk “Cari_Aman Bukan Cari Nama” ini dikemas selama dua hari
(19-20/3) melalui latihan keterampilan berkendara dan diskusi berbagai topik
keselamatan berkendara, serta cara mengkampanyekannya secara efektif di
kalangan anak muda.
Dalam Safety Riding Camp 2019, para duta safety riding dari
generasi milenial ini diajak mempelajari lebih dalam tentang teknik berkendara
yang aman, diskusi tentang aturan berlalu lintas, serta dibekali pemahaman-pemahaman
dasar etika berlalu lintas dengan penguatan pembahasan pada mental dasar
berlalu lintas. Kegiatan ini didukung tim Pusat Pengendali Lalu Lintas Nasional
Kepolisian Republik Indonesia atau yang biasa dikenal sebagai NTMC POLRI.
Generasi milenial ini juga disuguhkan perspektif baru
dalam memandang perlunya mematuhi peraturan lalu lintas. Melalui buku Fiqih
Lalu Lintas karya akademisi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya,
mereka dapat memahami lebih dalam pesan moral di balik keselamatan berkendara
berdasarkan prespektif keagamaan. Buku Fiqih Lalu Lintas ini merupakan
buku pertama di Indonesia yang melihat keselamatan berkendara dari persepektif
moral keagamaan.
Setelah memahami secara mendalam tentang esensi penting dari
keselamatan berkendara, anak-anak milenial ini dibekali cara berkampanye dan
berkomunikasi yang efektif melalui penulisan kreatif, fotografi dan pemanfaatan
media sosial. Hal ini menjadi bekal penting bagi mereka sebagai Duta Safety
Riding Honda agar dapat menginspirasi dan mengajak pihak lain untuk memiliki
gaya hidup milenial yang peduli keselamatan berkendara.
Pada hari kedua, upaya membangun karakter positif generasi
milenial diwujudkan melalui beragam kegiatan, seperti praktek berkendara yang
aman serta pelatihan menjadi pribadi yang lebih komunikatif dalam menyampaikan
pesan, fokus pada tujuan, serta senantiasa antisipatif di setiap keadaan.
GM Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan
Safety Riding Camp merupakan bagian dari upaya perusahaan dalam mengampanyekan
keselamatan berkendara secara aktif dan berkesinambungan. Pendekatan kreatif
ini menyasar generasi milenial yang merupakan bagian penting dari terciptanya
perilaku berkendara aman dan menyenangkan di masa depan.
Sementara itu Leo Wijaya, Direktur PT Indako Trading Coy selaku
main dealer Honda di wilayah Sumut
mengungkapkan bahwa generasi muda memiliki impian dan hal-hal berharga
dalam hidup, karenanya dibutuhkan pembekalan pengetahuan safety riding dengan
metode yang tepat dan mudah diterima sehingga mereka dapat benar-benar
menyadari pentingnya menguatamakan keselamatan saat berkendara. “ Dengan bekal
karakter positif yang dikolaborasikan komunikasi efektif khas anak muda, Honda
berharap dapat tercipta budaya baru dalam berlalu lintas sekaligus mengembangkan
model kampanye yang menyenangkan dan sesuai dengan perkembangan zaman,”ujar Leo
Wijaya.
Rangkaian kegiatan Safety Riding Camp 2019 diikuti para siswa
dengan antusias. Mereka berasal dari 26 sekolah mitra binaan AHM, yaitu SMA Negeri 13 Jakarta, SMA Negeri 18 Jakarta, SMA Negeri 40
Jakarta, SMA Negeri 41 Jakarta,
SMA Negeri 52 Jakarta, SMA Negeri 72
Jakarta, SMANegeri 75 Jakarta, SMA Negeri 80
Jakarta, SMA Negeri 83 Jakarta, SMA Negeri 110
Jakarta, SMA Negeri 115 Jakarta, SMK Hang Tuah
Jakarta 1, SMK Mitra Industri Cikarang, SMK Tri Mitra Karawang SMA Negeri 2
Cikampek, SMK Hijau Muda, SMK Smart Bekasi, SMK Muhammadiyah Tirtayasa, SMK Al
Amin Cibarusah dan SMK Walisongo Menes Pandeglang.
“Asyik dan keren. Dapat banyak ilmu dan teman baru. Paling
penting, saya jadi tahu sikap aman berkendara ternyata termasuk bagian dari
ibadah. Sebagai Duta Safety Riding Honda, saya siap berbagi dan viralkan apa yang
saya dapat dari kegiatan ini," ujar Salman Rausyan Fikri peserta dari SMAN
110 Jakarta.
Empat anak perusahaan AHM juga mengirimkan pelajar
dari sekolah binaannya untuk mengikuti Safety Riding Camp 2019, yaitu SMK
Fajar Sentosa Cileungsi (binaan PT Suryaraya Rubberindo Industries),SMKN 1
Cikarang Barat (binaan PT Yutaka Manufacturing Indonesia), SMK Bina Nasional
Informatika Cikarang Utara (binaan PT Showa Indonesia Manufacturing), dan SMA
Negeri 2 Cikarang Selatan (binaan PT Musashi Auto Parts Indonesia).
Selain itu, Main Dealer Honda wilayah Jakarta
Tangerang, PT Wahana Makmur Sejati, turut mengirimkan peserta dari sekolah
binaannya yaitu SMK Taman Siswa, serta Main Dealer Honda wilayah Banten, PT
Mitra Sendang Kemakmuran, mengirimkan perwakilan dari SMK Muhammadiyah
Tirtayasa Serang.
No comments:
Post a Comment