Saat ini banyak Ibu rumah tangga yang
menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi dalam menjalani berbagai
aktivitas sehari-hari. Namun, masih banyak dari mereka yang tidak memahami
tentang cara berkendara yang baik dan aman, hingga sering kali muncul stigma
negatif bahwa ibu-ibu sering lalai dan tidak mengutamakan keselamatan dalam
berkendara (safety riding) yang kerap digambarkan melalui berbagai meme lucu.
Menyikapi kondisi tersebut, PT Indako Trading
Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara (Sumut) berupaya menghapus
stigma negatif tersebut dengan menggelar kampanye safety riding bertajuk “
Safety Riding Fun Rally with Emak-Emak Kampung Berseri Astra & Razia Helm
SNI “ yang berlangsung di Warung Was Was Jl Kartini Binjai pada Minggu, 16
Desember 2018.
Menggandeng puluhan emak-emak yang berasal dari
Kampung Berseri Astra di kota Binjai dan para bikers dari komunitas Vario 150
Owners Community Medan, Honda menyambut peringatan Hari Ibu dengan melakukan
kampanye safety riding kepada masyarakat. Aktivitas kampanye dilakukan para ibu
dengan membentang spanduk safety riding setiap kali lampu merah menyala untuk
mengajak pengguna jalan agar lebih peduli pada keselamatan saat sedang
berkendara.
Mendapat dukungan dari Kanit Dikyasa Polres
Binjai, IPDA K Sinuraya, kampanye safety
riding juga melakukan razia helm SNI di dua titik lokasi yakni di Taman Merdeka
dan Tugu Perjuangan 1945 Binjai, dimana para ibu menukarkan helm para
pengendara motor yang sudah tidak layak pakai dengan helm SNI. Selain itu, para
ibu tersebut juga berupaya menanamkan kesadaran para orang tua yang berkendara
membonceng anak-anaknya namun tidak dilengkapi dengan helm dan jaket sebagai
alat pelindung saat berkendara.
Ismed Risya, Safety Riding PT Indako Trading
Coy mengungkapkan bahwa peran kaum perempuan terutama ibu sebenarnya sangat
strategis dalam peningkatan kesadaran keselamatan berkendara, dimana peran
aktif mereka akan lebih maksimal dalam membentuk kesadaran sejak dini untuk
anak-anak dan lingkungan keluarga. Karenanya dengan semangat Satu HATI, Honda mengajak
para ibu menjadi mitra Honda untuk menularkan virus safety riding kepada
masyarakat dengan menjadi teladan yang baik setiap kali berkendara.
“ Saat menggunakan motor, emak-emak memang
terbilang sering mengesampingkan keselamatan, seperti tidak menggunakan helm
saat ke pasar dan mengantar anak sekolah. Selain itu mereka juga biasanya lupa
mematikan lampu sein, menggunakan Hp saat berkendara dan lain sebagainya. Hal
tersebut tentu karena minimnya kesadaran dan pengetahuan safety riding yang
dimiliki emak-emak. Namun, Honda tidak ingin membiarkan stigma tersebut terus
melekat pada emak-emak, karenanya dengan melibatkan mereka pada kampanye ini, Honda
berharap emak-emak zaman now dapat lebih aware pada keselamatan saat bekendara
bahkan menjadi duta Honda dalam kampanye Cari_aman kepada masyarakat, “ ujar
Ismed Risya.
Sementara itu Leo Wijaya, Diretktur PT Indako
Trading Coy mengungkapkan bahwa ibu adalah sosok hebat dalam keluarga. Selain
mengayomi dan merawat seluruh anggota keluarga, seorang ibu juga punya kekuatan
untuk menanamkan nilai-nilai positif salah satunya kesadaran untuk mengutamakan
keselamatan. “ Kami berharap ibu-ibu dapat menjadi contoh berkendara aman, sehingga tidak hanya dapat
menjadi teladan yang baik bagi keluarga dan masyarakat, namun dapat ikut
berperan menekan angka kecelakaan lalu lintas, “ ujar Leo Wijaya.
No comments:
Post a Comment