PT Astra Honda Motor (AHM) kembali berhasil
meraih penghargaan Service Quality (SQ) Award 2018 pada kategori diamond.
Penghargaan tertinggi dalam ajang SQ Award ini menunjukkan kualitas dan
komitmen layanan purna jual terbaik Honda melalui Astra Honda Authorized
Service Station (AHASS) yang
tersebar di Indonesia.
Komitmen AHM untuk
terus meningkatkan layanan purna jual menyesuaikan keadaan dan segmentasi
konsumen terus dilakukan. Hal ini tentu didukung oleh peran dari pemilik
AHASS dan seluruh karyawan AHASS. Berbagai layanan servis pun ditawarkan AHASS
seperti booking service (Layanan yang dapat dipesan sesuai dengan waktu yang
diinginkan konsumen), pit express (servis bebas antri dan cepat untuk konsumen yang membutuhkan penggantian oli / part
tertentu), service visit (layanan AHASS datang mengunjungi konsumen baik di rumah maupun di kantor) , Reminder Service (layanan pengingat konsumen
untuk jadwal servis berikutnya lewat SMS dan/atau telephone) serta
berbagai layanan yang siap memanjakan konsumen setia sepeda motor Honda.
General Manager
Technical Service Division AHM Wedijanto Widarso mengatakan hal ini merupakan
wujud apresiasi bagi setiap insan layanan purna jual Honda di seluruh
Indonesia. Tentunya hal ini akan memacu AHM untuk terus melakukan inovasi dan
meningkatkan layanan konsumen di seluruh jaringan AHASS di Indonesia sesuai
perkembangan pasar.
“Terima kasih atas
kepercayaan konsumen terhadap layanan purna jual yang telah kami berikan
sehingga mengantarkan kami untuk mendapat penghargaan ini. Perkembangan pasar
dan segmentasi konsumen kami yang semakin beragam membuat kami sadar untuk
terus menyesuaikan dan terus meningkatkan pelayanan di seluruh jaringan AHASS,”
ujar Wedijanto.
Sementara itu Leo
Wijaya, Direktur PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah
Sumut mengungkapkan bahwa pihaknya turut berbangga dengan prestasi AHM yang
kembali berhasil meraih penghargaan Service Quality (SQ) Award 2018 pada
kategori diamond. “ Penghargaan ini
tentunya akan semakin memacu kami untuk semakin meningkatkan kualitas dan
komitmen layanan purna jual terbaik Honda melalui AHASS yang tersebar di
berbagai wilayah di Sumatera Utara, “ ujar Leo Wijaya.
Untuk
memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan, AHM saat ini di dukung lebih dari 1.750 showroom dealer penjualan, 3.750 bengkel AHASS dengan sekitar 19.000 teknisi terlatih
dan berpengalaman, serta sekitar 7.400 jaringan suku cadang yang siap melayani
jutaan penggunaan sepeda motor Honda di seluruh Indonesia.
Service
Quality Award 2018 diselenggarakan oleh lembaga Carre – CCSL (Center for Customer Satisfaction &
Loyalty) bekerja sama dengan majalah Service Excellence. Ajang
penghargaan ini diberikan setelah penyelenggara melakukan survey kepada lebih dari 3.500 responden di 4 kota besar di Indonesia
(Jakarta, Surabaya, Medan, dan Semarang) pada kurun waktu Januari –
Maret 2018.
Survei
dibentuk dari 2 Dimensi yaitu Perceive Service Quality (PSQ) atau persepsi
pelanggan terhadap kualitas service yang mereka nikmati dan Perceived
Service Value ( PSV ) atau persepsi pelanggan mengenai kesetaraan uang atau
biaya yang mereka keluarkan dibandingkan service yang mereka terima dan
nikmati.
PSQ
memfokuskan 4 ( empat ) KPI utama service yang mewakili Moment of
truth ( MoT) , yaitu Service
accessibility (dapat
mengakses pusat layanan oleh pelanggan), Service
process (Prosedur dan elemen yang terkait dengan proses layanan), People
(Staf atau pelopor yang berinteraksi dengan pelanggan) dan Service
solution (kualitas penanganan pengaduan). Setelah melakukan survei,
penyelenggara menetapkan sejumlah perusahaan yang berhak mendapatkan SQ Award.
Penghargaan ini dibagi dua yaitu, Diamond, perusahaan yang mempunyai Service Quality
Index (SQI) di atas 4.000 dan di atas rata-rata industrinya sedangkan jenis Award Gold diterima
oleh perusahaan yang mempunyai SQI di atas 4.000
tetapi di bawah rata-rata industrinya atau mempunyai SQI
di atas 3.500-3.999 dan diatas rata-rata industrinya. Untuk
riset ini Honda mendapat nilai 40674 sehingga mendapatkan SQ Award 2018
kategori diamond.
No comments:
Post a Comment