Kehadiran
All New Honda CBR150R mendapatkan sambutan positif dari para pecinta sepeda
motor sport nasional menyusul penjualannya pada bulan lalu yang mencapai 5.231
unit atau melonjak 96,2% dibandingkan dengan data penjualan bulan sebelumnya
Februari 2016. Hasil ini melampaui target yang ditetapkan saat pengenalan
pertama model ini ke publik yaitu 1.000 unit.
All
New Honda CBR150R pertama kali diluncurkan pada 14 Februari 2016 pebalap MotoGP
tim Repsol Honda, Marc Marquez yang juga merupakan brand ambassador model ini.
Produk ini berhasil menarik perhatian konsumen pecinta motor sport di Tanah
Air. Pada awal kehadirannya diharapkan dapat memperkuat penetrasi Honda di
segmen sport nasional dengan memberikan kontribusi sebesar 20%. Dengan
realisasi penjualan 5.231 unit pada bulan lalu, All New Honda CBR150R mampu
memberikan kontribusi yang lebih besar, yaitu 26% terhadap total penjualan
sepeda motor sport Honda.
General
Manager Sales Division PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya menyatakan All
New Honda CBR150R ini memang berbeda dengan generasi sebelumnya. Terima kasih
atas kepercayaan yang semakin positif terhadap produk sepeda motor Honda,
terutama model ini yang memang diproduksi anak bangsa di pabrik Honda. Pihaknya
juga yakin model ini akan memberikan kebanggaan dan kepuasan berkendara bagi
pemiliknya.
Sementara
itu Leo Wijaya, General Manager Indako Trading Coy mengungkapkan besarnya animo
masyarakat terhadap All New Honda CBR150R tidak dapat dipisahkan dari
penyempurnaan dari sisi desain dan performa motor yang mengimplementasikan
konsep Total Kontrol yang menjadikan motor sport ini semakin mudah dikendalikan
di segala lintasan jalan. All New Honda CBR150R hadir dengan evolusi performa
dan desain agresif yang berorientasi pada kecepatan dengan garis aerodinamis
tegas dan tajam. Motor ini kini dilengkapi dengan generasi terbaru mesin DOHC-6
dan teknologi minim gesekan untuk efisiensi bahan bakar.
Pebalap
MotoGP tim Repsol Honda, Marc Marquez yang sempat mencoba All New CBR150R di
sirkuit Sentul saat peluncuran perdana produk ini (14/02) sempat memberikan
testimoninya terhadap motor ini. "Saya pikir motor ini sangat bagus. Momen
paling menyenangkan adalah saat adrenalin kita terpacu." Ujar Marquez
Secara
keseluruhan, model motor sport Honda pada bulan lalu mencatatkan penjualan
sebesar 20.498 unit dengan perolehan pangsa pasar 41,2% di segmen sport
nasional. Selain All New Honda CBR150R penjualan motor sport Honda juga
ditopang oleh model sport lainnya seperti All New Honda CB150R StreetFire yang
terjual 8.653 unit, disusul oleh Honda Verza 6.199 unit, dan Honda MegaPro 391
unit. Big Bike Honda model sport memberikan kontribusi penjualan sebanyak 24
unit.
Pangsa
Pasar 78,1%
Berdasarkan
data yang diolah dari Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), secara
keseluruhan penjualan motor nasional pada Maret 2016 mencapai 563.341 unit atau
mengalami pertumbuhan 7,3%. Sepeda motor Honda mencatatkan pertumbuhan yang
jauh lebih tinggi dari pasar yaitu 21,4% dibandingkan bulan sebelumnya dengan
total penjualan 440.171 unit. Angka ini semakin memperkokoh posisi Honda di
pasar domestik dengan penguasaan pangsa pasar sebesar 78,1%. Pangsa pasar ini
meningkat signifikan karena pada bulan sebelumnya hanya 69,1%.
Lonjakan
pangsa pasar ini tercipta dari pertumbuhan signifikan model skutik yang bulan
lalu terjual 377.274 unit atau 82,7% pangsa pasar di segmen skutik nasional. Di
segmen ini Honda BeAT eSP series menyumbangkan penjualan terbanyak yaitu
193.147 unit, diikuti oleh Honda Vario eSP series 140.054 unit, Honda Scoopy
eSP sebanyak 42.778 unit, Honda Spacy 686 unit, dan Honda PCX 608 unit. Pada
segmen ini sepeda motor Big Bike Honda NM4 Vultus terjual satu unit.
Sementara
itu sepeda motor bebek Honda bulan lalu mencatatkan penjualan sebesar 42.399
unit dengan pangsa pasar 73,6% di segmen bebek nasional. Pada segmen ini Honda
Revo series memberikan kontribusi terbanyak yaitu 19.331 unit, Honda Supra
series 16.359 unit, Honda Sonic 150R 3.899 unit dan Honda Blade 2.810 unit.
“ Ditengah
kondisi pasar yang belum begitu stabil, namun Honda mampu bertahan dengan
mencatatkan penjualan positif dibandingkan bulan sebelumnya. Kami berharap
peningkatan ini menjadi awal dari rebound-nya pasar motor nasional.”
Ujar Thomas
No comments:
Post a Comment