Monday, November 1, 2010

Kekuatan Pasar Di Masa Depan


Keberhasilan strategi perusahaan sangat ditentukan oleh kemampuan untuk memanfaatkan peluang yang ada di masa datang. Di era teknologi yang dinamis dan berkembangnya angkatan kerja wanita serta anak muda sebagai generasi masa depan, menjadi tiga komunitas utama yang perlu diperhatikan dalam memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya.

Dalam beberapa pertemuan, Hermawan Kertajaya, CEO & Founder Mark Plus menyatakan bahwa tiga komunitas akan tumbuh dan menentukan pasar di masa depan yakni, Youth, Women, dan Netizen. Keberhasilan pemasar di masa depan memerlukan fokus yang lebih pada ketiga komunitas tersebut, Youth untuk meraih Mind Share, Women untuk Market Share dan Netizen untuk Heart Share.

Anak muda bisa lebih mudah menerima ide baru, Perempuan akan membeli barang untuk keluarga dan temannya, Sedangkan Netizen, lebih mementingkan hati nurani dalam mempertimbangkan pilihan.

Netizen sendiri merupakan penduduk di dunia virtual, yang layaknya penduduk di dunia physical, punya identitas kependudukan sipil (avatar, username), punya rumah (homepage), punya kotak pos untuk surat menyurat (alamat e-mail), punya telepon (VoIP: Voice over Internet Protocol ), bisa bepergian dari satu tempat ke tempat yang lain (pakai browser, apakah itu Firefox, Internet Explorer, Opera) dan lain sebagainya.

Sepeda motor Honda berhasil menyandingkan tiga penghargaan tertinggi terhadap tiga komunitas tersebut, yakni diawali bulan April tahun ini PT. Astra Honda Motor(AHM) didaulat untuk menerima penghargaan Indonesia’s Most Favorite Youth Brand dari MarkPlus Insight, disusul penghargaan Indonesia Most Favorite Woman Brand Award 2010 yang diberikan oleh Majalah Marketeers (Mark plus) di bulan Juli 2010. Terakhir di bulan November ini, Honda mendapat penghargaan sebagai Indonesia Most Favorite Netizen Brand 2010.

Penghargaan Most Favorite Youth Brand diterima Honda atas survey MarkPlus Insight terhadap sikap dan persepsi konsumen dengan fokus anak muda. Riset dilakukan dengan pendekatan yang bersifat desk research, focus group discussion, maupun In-depht Interview. Riset kemudian dilanjutkan dengan melakukan riset kuantitatif di enam kota besar, yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Semarang, dan Makassar, dengan Jumlah responden sebanyak 734 anak muda berusia 16-35 tahun dengan kelas sosial ekonomi A dan B.

Sedangkan penghargaan Woman Award diperoleh berdasarkan hasil dari Indonesian Women Survey 2010 yang dilakukan oleh Mark Plus di 8 Kota besar (Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan, Palembang, Denpasar, dan Makassar) dengan melibatkan 1300 responden dari golongan SES A-D. Dalam survey tersebut, majalah Marketeers mencari 80 merek di 80 kategori yang menjadi favorit perempuan Indonesia, dan Sepeda motor Honda terpilih sebagai merek sepeda motor favorit perempuan Indonesia.

Terakhir, penghargaan Indonesia Most Favorite Netizen Brand 2010 diperoleh dengan survey kualitatif dan kwantitatif terhadap 1500 responden di 8 kota besar Indonesia yaitu Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar dan Makassar.

Promotion Manager CV. Indako Trading Co, Gunarko Hartoyo menilai penghargaan-penghargaan ini mencerminkan semakin kokohnya kepercayaan konsumen terhadap sepeda motor Honda yang selama ini dikenal sebagai produk hemat bahan bakar, stylish, modern, harga terjangkau dan sarat dengan fitur safety, yang diperkuat dengan jaringan layanan purna jual terlengkap.

No comments:

Post a Comment

Jumlah Pengunjung :