Kondisi motor menjadi
salah satu faktor penting dalam upaya menjaga keselamatan penggunanya saat
berkendara di jalan raya. Sebagai bagian dalam rangkaian ritual safety riding,
PT Indako Trading Coy selaku Main Dealer Honda di wilayah Sumut tidak hentinya
menyarankan pecinta setianya untuk selalu melakukan pengecekan motor dan fungsi sejumlah komponennya sebelum
mulai berkendara.
Erwin Chandra, Senior
Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy mengungkapkan, sebagai
armada yang digunakan untuk menemani aktivitas harian, motor sangat membutuhkan
perawatan di tangan ahlinya yaitu para mekanik dari bengkel resmi AHASS. Namun
sayangnya tidak semua pemilik motor memahami akan kebutuhan dari kendaraannya,
sehingga jadwal servis motor akhirnya terabaikan. Karena faktanya banyak motor
yang lama tidak diservis, sehingga tidak hanya akan lebih cepat rusak, namun
juga membahayakan pengemudi saat berkendara.
Untuk memudahkan para
pengguna motor sebenarnya terdapat sejumlah tanda yang menunjukkan motor harus
segera diservis dan mengalami perbaikan. Karena apabila dibiarkan, maka motor
bisa saja mogok kapan saja, dan biaya yang harus dikeluarkan untuk perbaikan
jauh lebih besar.
Pertama, motor susah
dinyalakan di pagi hari, padahal kick starter sudah digenjot sekuat tenaga,
choke udah juga ditarik, namun motor tetap diam tak menyala. Hal ini dapat
djadikan salah satu tanda bahwa motor sudah dapat dibawa ke bengkel resmi AHASS
untuk mendapat perbaikan.
Kedua, motor dalam
kondisi prima tentunya tidak akan mati ketika gasnya dilepas. Kondisi ini
tentunya sangat menjengkelkan dan perlu mendapat pemeriksaan yang baik dari
sang ahli.
Ketiga, jika motor
mengeluarkan suara aneh yang tidai semestinya juga dapat menjadi pertanda
dibutuhkannya perawatan. Karena harus segera dicari tahu sumber bunyi aneh tersebut dan penyebab terjadinya.
Keempat, tarikan motor
yang berat saat digas dan tidak melaju dengan kecepatan maksimal, maka itu
menjadi pertanda motor harus dibawa ke bengkel resmi. Jangan dibiarkan karena
kerusakan bisa makin parah yang berakhir mogok.
Kelima, tanda lain motor
sudah perlu diservis adalah asap yang keluar dari motor. Jika ada asap yang
keluar dari knalpot, maka hal tersebut perlu diwaspadai.
Keenam, salah satu cara
paling mudah untuk mengetahui kapan motor sudah perlu diservis adalah dengan
mengecek kilometer. Jika kilometernya apakah sudah melebihi dari batas servis
artinya motor sudah layak untuk masuk bengkel. Menurut ahlinya, motor sudah harus
diservis setiap 2000 km sekali.
Erwin Chandra
menambahkan, untuk memberikan kenyaman pada pengguna motor Honda yang ingin
melakukan servis motor, maka Honda turut menghadirkan berbagai layanan
istimewa, sebut saja Pit Express yang dapat memangkas waktu dari antrean
panjang. Selain itu layanan servis booking juga turut melengkapi kemudahan yang
diberikan Honda pada pecintanya. Karena
tidak hanya menghemat waktu, namun pada layanan ini Honda juga sering
memberikan beragam penawaran menarik berupa diskon jasa servis. Selain itu juga
ada layanan AHASS Service Kunjung (ASK) yang memanjakan pengguna motor Honda
yang ingin servis berkala/reguler tanpa
harus ke outlet AHASS.
No comments:
Post a Comment