PT Astra Honda Motor (AHM) menggelar Kontes Keterampilan Teknik
Honda 2015 untuk menguji kompetensi para mekanik dan service advisor Honda agar dapat
menghadirkan layanan purna jual terbaik bagi konsumen di Tanah Air.
Gelaran Kontes Keterampilan Teknik Honda 2015 yang kini memasuki
tahun penyelenggaraan ke-22 mengusung tema “Satu Hati Wujudkan Prestasi.” Tema
ini merupakan perwujudan semangat menemani dan mengantarkan masyarakat mencapai
mimpi bersama sepeda motor Honda agar selalu dalam kondisi prima dan
berperforma optimal.
Secara rutin, Honda bersama 29 jaringan main dealernya mengadakan kontes
uji kompetensi ini yang dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat regional
hingga nasional. Tahun ini, sebanyak 7.873 mekanik bengkel resmi Astra
Honda Authorized Service Station (AHASS) dan 1.467 service advisor Honda dari berbagai wilayah di Indonesia
turut berpartisipasi dalam serangkaian tahap seleksi di tingkat regional.
Puncaknya, Kontes Mekanik Honda 2015 berhasil menyeleksi 27 mekanik dan
27 service advisor terbaik
se-Indonesia yang berhak mengikuti seleksi tingkat nasional di Pontianak,
Kalimantan Barat (4-5/9).
Dalam kontes ini, penilaian terhadap mekanik dilakukan melalui ujian teori,
praktek penggunaan peralatan bengkel, analisa teknis, dan trouble shooting. Adapun bagi
para service advisor,
penilaian dilakukan dalam bentuk role
play atau studi kasus pelayanan terhadap konsumen.
Mekanik dan service advisor Honda yang
menjadi pemenang dalam kontes ini masing-masing berhak membawa pulang 1 unit
sepeda motor teranyar New Honda Sonic 150R, uang tunai senilai Rp 10 juta bagi
juara ke-2, dan Rp6 juta bagi juara ke-3. Adapun juara ke-4 hingga ke-10
masing-masing berhak membawa pulang uang tunai senilai Rp 2 juta. Tidak hanya
perorangan, hadiah juga diberikan kepada team main dealer terbaik yakni uang
tunai senilai Rp 10 juta.
General Manager Technical Service Division AHM Wedijanto Widarso mengatakan
sebagai bentuk konsistensi menghadirkan layanan terbaik, Honda
mengadakan Kontes Keterampilan Teknik Honda 2015 untuk mengevaluasi
dan menguji keterampilan serta pengetahuan mekanik dan service advisor yang
disesuaikan dengan perkembangan teknologi terkini pada sepeda motor Honda.
Sementara
itu, Leo Wijaya, General Manager Indako Trading Co selaku main dealer Honda di
wilayah Sumatera Utara mengungkapkan bahwa Kontes
Keterampilan Teknik Honda ini merupakan salah satu upaya untuk terus
meningkatkan keterampilan teknik yang teruji dan mumpuni dari para ujung tombak
layanan bengkel resmi Honda. “ Tentunya kami berharap kompetisi ini mampu
memicu semangat dan kreativitas kontestan dalam upaya mewujudkan kepuasan
tertinggi konsumen Honda”. ujarnya
Dalam melayani konsumen Honda, Honda didukung oleh jaringan bengkel resmi
yang berjumlah sekitar 3.700 AHASS dengan 19.500 mekanik dan service advisor Honda yang
terlatih dan tersebar seluruh penjuru Tanah Air. Besarnya jumlah AHASS ini
memperluas jangkauan layanan purnajual sehingga dapat memperkuat loyalitas
konsumen terhadap sepeda motor Honda.
Pusat Pelatihan Teknik
Dalam rangka menyiapkan keterampilan teknik sepeda motor Honda yang handal,
Honda bersama jaringan main dealer Honda membangun 27 Main Dealer Training
Center (MDTC) yang berfungsi sebagai wadah pengasah kompetensi para mekanik
dan service advisor Honda
yang tersebar di seluruh Indonesia. Honda sendiri memiliki Pusat Pelatihan
Teknik yaitu Astra Honda TrainingCenter (AHTC) yang berlokasi
di Jakarta sejak tahun 2004.
Sebagai pusat pelatihan teknik, AHTC memiliki fasilitas dan peralatan yang
lengkap serta modern, seperti pit kerja bengkel layaknya bengkel resmi AHASS,
ruang pembekalan materi, ruang workshop lengkap dengan simulator komponen mesin
sepeda motor yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi sepeda motor Honda.
Secara periodik, AHTC memberikan pelatihan dan berbagi ilmu teknik dan
pengetahuan tentang teknologi Honda kepada berbagai perwakilan masyarakat mulai
dari institusi pemerintah, perusahaan, sekolah, hingga komunitas masyarakat
yang ingin mengenal lebih jauh dan menimba ilmu mengenai teknologi dan sepeda
motor Honda dari para instruktur teknik yang telah berpengalaman pada bidang
tersebut.
“Training Center baik AHTC maupun MDTC merupakan bentuk komitmen yang Honda
miliki dalam meningkatkan kompetensi para mekanik, service advisor, juga front line people Honda lainnya dalam memberikan pelayanan
terbaik bagi konsumen.” Ujar Wedijanto
No comments:
Post a Comment