Kendati pasar sepeda motor pada kuartal I/2015 tengah
melemah, penjualan Honda Vario series tetap menguat yaitu sekitar 3,3% setelah
berhasil terjual sebanyak 343.292 unit. Peningkatan ini mencerminkan Honda
Vario series tetap menjadi pilihan pecinta skutik di tengah marak
bermunculannya skutik-skutik baru di Tanah Air.
Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia
(AISI) pada kuartal I/2015, penjualan sepeda motor nasional tercatat melemah
19,1% atau hanya terjual 1.605.043 unit dibandingkan penjualan dengan periode
yang sama tahun lalu sebesar 1.984.076 unit. Penurunan ini juga terjadi pada
segmen skutik nasional yaitu sebesar 5.5% dengan total penjualan sebesar 1.207.758
unit dibandingkan penjualan pada periode yang sama tahun lalu sebesar 1.278.612
unit.
Di tengah menurunnya pasar skutik secara nasional, penjualan
skutik Honda justru tumbuh sebesar 3% dengan total penjualan 931.207 unit
dibandingkan dengan kuartal I/2014 yang tercatat sebesar 904.239 unit. Honda
Vario series sendiri berhasil memikat pecinta skutik dengan penjualan 343.292
unit atau tumbuh 3,3% dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun 2014 sebanyak
332.424 unit.
Melalui pencapaian penjualannya pada kuartal I/2015 ini,
Honda Vario series mampu meningkatkan kontribusinya terhadap penjualan segmen
skutik secara nasional sebesar 28,4% dari sebelumnya sebesar 26%. Peningkatan
kontribusi ini semakin memperkokoh posisi Honda sebagai Raja Skutik Nasional
dengan pangsa pasar 77,1% pada kuartal
I/2015, meningkat dari pangsa pasar 70,7% pada kuartal I/2014. Honda Vario
series pun tercatat sebagai skutik terlaris kedua setelah Honda BeAT, semakin
jauh meninggalkan model-model skutik pesaingnya.
General Manager Sales Division PT Astra Honda Motor, Thomas
Wijaya mengatakan beragam pengembangan desain dan teknologi terbaru, yaitu
Honda Smart Technology dengan eSP, Combi Brake Sistem dan Idling Stop Sistem,
yang disematkan pada skutik Honda direspon positif dan bermanfaat bagi
masyarakat. Menutup kuartal I/2015, skutik Honda tercatat berhasil mengukuhkan
diri sebagai model skutik terlaris di Indonesia meninggalkan jauh model-model
skutik para pesaingnya.
“Ditengah kondisi pasar sepeda motor nasional yang terus melemah
pada awal tahun ini, penjualan skutik Honda tetap tumbuh. Bahkan di tengah
maraknya lahirnya skutik baru, penjualan Vario series justru semakin laris. Hal
ini merupakan salah satu bentuk kuatnya kepercayaan konsumen untuk selalu
menggunakan produk skutik terbaik Honda.” Ujar Thomas Wijaya
Leo Wijaya, General Manager Indako Trading Co, selaku main
dealer Honda di wilayah Sumatera Utara (Sumut) mengungkapkan bahwa penjualan
Honda Vario terus meningkat ditengah lesunya penjualan matik di karenakan motor
Honda dilengkapi dengan teknologi canggih yang membuatnya irit bahan bakar
minyak, oelh sebab itu Honda Vario dipercaya oleh masyarakat banyak.
Secara keseluruhan, pada. kuartal I/2015 skutik masih menjadi
penyumbang terbesar penjualan sepeda motor Honda dengan kontribusi hingga 85,2%
dari total penjualan Honda sebanyak 931.207 unit. Selain Honda Vario Series,
Honda BeAT series juga memberikan kontribusi yang signifikan yaitu 505.632
unit, diikuti oleh Honda Scoopy FI 77.800 unit, Honda Spacy Helm in PGM-FI
3.468 unit, dan Honda PCX 150 yakni 1.015 unit.
Di segmen bebek, motor tipe bebek Honda masih terus menjadi
pilihan masyarakat dengan penjualan sebanyak 105.769 unit atau memimpin pasar
motor bebek nasional dengan pangsa pasar 49,8%. Kontribusi penjualan terbesar
diperoleh dari Honda Supra series dengan total penjualan 51.234 unit, disusul
Honda Revo series sebesar 45.805 unit, dan New Honda Blade sebesar 8.730 unit.
Sementara itu pada segmen sport, sepeda motor sport Honda
pada periode Januari-Maret 2015 mampu terjual sebanyak 56.418 unit dengan
pangsa pasar 30,5% . Kontribusi terbesar diberikan oleh Honda Verza 150 yaitu
20.675 unit, Honda CBR 150R StreetFire 17.674 unit, Honda CBR Series 56.418
unit, dan New Honda MegaPro FI 2.849 unit.
No comments:
Post a Comment