PT Astra Honda Motor (AHM)
dinobatkan sebagai perusahaan sepeda motor yang mampu memberikan kepuasan
pelanggan terbaik di Indonesia seiring dengan diterimanya penghargaan
Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) 2014. Penghargaan ini menjadi
salah satu bukti kepercayaan besar masyarakat terhadap produk dan layanan Honda
di seluruh Indonesia.
Penghargaan ICSA 2014 yang telah
memasuki tahun ke-16 diselenggarakan oleh Frontier Consulting Group bekersama
dengan majalah SWA. Dalam ajang ini, Honda meraih dua penghargaan sekaligus pada kategori
sepeda motor matik dan sepeda motor bebek. Penyerahan penghargaan dilakukan di
Hotel Mulia, Jakarta akhir
Oktober lalu.
Riset ICSA 2014 dilakukan di 6 kota
besar, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makassar dengan
jumlah responden 7500 orang. Metode pengambilan sampel random dilakukan dengan
multistage area random sampling. Kriteria responden random adalah berusia
antara 15-65 tahu, tingkat pengeluaran keluarga per bulan bervariasi dari SES D
hingga SES A dan komposisi jenis kelamin ditentukan 50% pria dan 50%
wanita.
Tingkat kepuasan terhadap merek
yang pernah digunakan atau dikonsumsi responden diukur melalui 4 parameter,
yaitu kepuasan terhadap kualitas produk atau jasa, kepuasan terhadap harga yang
dibayar, keyakinan sebagai merek terbaik dalam hal kepuasan konsumen, serta
harapan pelanggan terhadap suatu merek akan kemampuan memberikan kepuasan di
masa mendatang.
Deputy Head of Corporate
Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan kepuasan pelanggan merupakan
parameter penting yang menjadi acuan perusahaan dalam menjalankan berbagai
aktifitas, mulai dari pemilihan produk terbaik, layanan penjualan maupun purna
jual, hingga beragam kegiatan yang digelar dalam rangka menemani para pelanggan
dan keluarganya dalam mewujudkan mimpi-mimpinya. “ Kami mengucapkan terima
kasih kepada masyarakat atas kepercayaan dan apresiasinya terhadap pelayanan
kami.”, ujar Ahmad
Muhibbuddin
Sementara itu Leo Wijaya, General Manager Indako Trading Co
selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara(Sumut) mengungkapkan pihaknya
turut berbangga dengan keberhasilan Honda meraih ISCA Award 2014.
“ Kepuasan pelanggan tentunya akan terus berkembang
seiring dengan perubahan minat dan kebutuhan masyarakat. Sejalan dengan
semangat Satu Hati, Honda akan
terus memberikan produk dan layanan terbaik bagi masyarakat Indonesia, termasuk wilayah Sumut.”, ujar Leo
Wijaya
Untuk memenuhi kebutuhan dan
kepuasan pelanggan, Honda saat
ini memiliki layanan terlengkap dan terluas yaitu sekitar 1.800 dealer Honda,
3.700 AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) dengan sekitar 19.000
teknisi terlatih dan berpengalaman, serta sekitar 7.000 toko suku cadang
termasuk HEPS (Honda Exclusive Part Shop) yang siap melayani jutaan penggunaan
sepeda motor Honda di seluruh Indonesia.
Untuk semakin memperluas layanan,
Honda bersama
jaringannya juga mendukung hampir 11.000 bengkel umum melalui pelatihan
teknologi sepeda motor Honda, termasuk teknologi injeksi Honda PGM-FI.
Layanan contact center Honda juga
senantiasa siap melayani konsumen selama 24 jam melalui call center
(021-500989), serta membuka layanan melalui SMS (0811-9-500989), email
(customercare@astra-honda.com) dan website (www.astra-honda.com).
Selain pengakuan dari ICSA Award,
tahun ini kepuasan masyarakat terhadap sepeda motor Honda juga diakui melalui
Service Quality (SQ) Award 2014 yang diraih Honda untuk kategori Diamond, predikat tertinggi dalam
ajang penghargaan ini. Selain itu, Honda kembali dinobatkan sebagai perusahaan yang
memberikan pengalaman berinteraksi terbaik bagi pelanggan setelah berhasil
mempertahankan penghargaan Excellent Service Experience Award (ESEA) 2014.
No comments:
Post a Comment