PT Astra Honda Motor (AHM) mengakhiri kuartal I/2014 dengan
menguasai 63% pangsa pasar sepeda motor nasional setelah berhasil menjual
1.254.662 unit. Pencapaian ini semakin mencerminkan bukti kepercayaan
masyarakat Indonesia kepada sepeda motor Honda sebagai pilihan untuk memenuhi
kebutuhan pengguna sepeda motor di Tanah Air.
Berdasarkan data Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI)
sepanjang Januari-Maret tahun ini, total penjualan sepeda motor nasional
tercatat sebanyak 1.990.375 unit atau tumbuh tipis 1% dibandingkan dengan
periode yang sama tahun lalu. Sementara itu, sepeda motor Honda berhasil
terjual 1.254.662 unit atau tumbuh melampaui pertumbuhan pasar nasional yaitu
naik 3% dibandingkan pencapaian pada periode yang sama tahun lalu.
Deputy General Manager Sales Division AHM Thomas Wijaya
menyatakan pencapaian ini tidak terlepas dari beragam upaya perusahaan untuk
terus memberikan produk-produk terbaik di setiap segmen dan dukungan layanan
purna jual terbaik yang tersebar di hampir semua penjuru Indonesia. Sepanjang
kuartal I/2014, Honda secara aktif meluncurkan produk-produk berteknologi
PGM-FI sebagai bagian dari pemenuhan komitmen injeksi Honda.
Sementara itu, Leo Wijaya, General Manager Indako Trading Co,
selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan pihaknya turut
bersyukur atas pencapaian Honda sepanjang kuartal I ini, karena hal tersebut
menunjukkan bahwa produk-produk Honda mendapat penerimaan positif sehingga dapat
terus menemani aktifitas sehari-hari masyarakat yang sedang berusaha mewujudkan
impiannya.
“ Kepercayaan masyarakat menjadi hal utama yang harus dijaga
oleh Honda. Dengan menyelesaikan komitmen menuntaskan misi injeksi tentunya
menjadi salah satu bukti kepedulian Honda tidak hanya untuk kebaikan
masyarakat, namun juga untuk lingkungan dan Indonesia “, ujar Leo Wijaya
Penyumbang terbesar penjualan sepeda motor Honda masih
didominasi penjualan tipe skutik. Sepanjang Januari-Maret tahun ini, skutik
Honda mampu terjual sebesar 904.445 unit atau memimpin 70,7% di pasar sepeda
motor skutik nasional. Pencapaian ini diperoleh dari penjualan All New Honda
BeAT FI sebesar 497.209 unit, Honda Vario series sebesar 330.802 unit, New
Honda Scoopy FI sebesar 68.617 unit, Honda Spacy FI sebesar 6.965 unit, dan
Honda PCX sebesar 852 unit.
Di segmen motor bebek, Honda berhasil memperkokoh
kepemimpinannya dengan pangsa pasar sebesar 53,2% setelah berhasil menjual
226.115 unit sepeda motor bebek. Kontribusi terbesar berasal dari Honda Supra X
series sebesar 111.667 unit diikuti Honda Revo series sebesar 86.348 unit, dan
Honda Blade series sebesar 28.100 unit.
Sementara itu, sepeda motor sport Honda pada tiga bulan
pertama tahun ini terrjual sebanyak 124.102 unit. Angka ini berasal dari
penjualan Honda CB150R StreetFire yang laris terjual sebanyak 67.330 unit,
diikuti Honda Verza 150 sebesar 41.466 unit, New Honda MegaPro FI sebesar
14.139 unit, dan CBR series sebesar 1.162 unit.
Tuntaskan Misi Injeksi
Menutup Kuartal I/2014, Honda berhasil menuntaskan komitmen
injeksinya yang dideklarasikan sejak November 2011. Beragam upaya dilakukan
sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan kecintaan perusahaan melalui kehadiran
sepeda motor injeksi Honda yang dikenal masyarakat irit bahan bakar, irit biaya
perawatan, irit waktu dan tenaga, dan semakin ramah lingkungan. Beragam manfaat
ini membuat masyarakat Indonesia semakin produktif dalam setiap aktifitas
sehari-hari.
Di sisi produk, Honda meluncurkan 6 model baru sepeda motor
Honda di setiap segmen yang mengusung teknologi injeksi sepanjang Januari-Maret
tahun ini, yaitu Honda Revo FI, Honda Verza 150, New Honda MegaPro FI, New
Honda Supra X 125 FI, dan secara bersamaan meluncurkan New Honda Blade 125 FI
dan New Honda Vario FI sebagai puncak pemenuhan misi injeksi.
Komitmen Honda terhadap teknologi injeksi juga tercermin dari
keseriusan perusahaan dalam memberikan layanan purna jual. Setidaknya saat ini,
Honda telah siap melayani konsumen di seluruh Indonesia untuk produk-produk
berteknologi injeksi melalui lebih dari 3.600 AHASS dan lebih dari
20.000 mekanik terlatih dan berpengalaman serta dukungan lebih dari 10.000
bengkel umum yang telah mendapat pelatihan khusus dari Honda.
Selain itu, sebagai upaya mendekatkan produk-produk injeksi
ke masyarakat sekaligus membuktikan ketangguhannya, Honda menggelar aksi
touring motor sport injeksi ke 3 pulau Sumatera-Jawa-Kalimantan. Touring ini
berhasil menorehkan rekor baru yang dicatatkan di Museum Rekor-Dunia Indonesia
(MURI) sebagai touring motor injeksi dengan jarak tempuh terjauh setelah
menuntaskan Ekspedisi Nusantara Satu Hati untuk Negeri dengan total jarak 8.233
km. Touring ini digelar dengan menggunakan 3 tipe motor sport Honda
berteknologi PGM-FI, yakni Honda Verza 150, Honda CB150R StreetFire, dan New
Honda MegaPro FI.
No comments:
Post a Comment