Berkendara off-road menggunakan sepeda motor
jenis trail sudah menjadi bagian dari gaya hidup sebagian kalangan. Keindahan
alam Indonesia dan banyaknya komunitas pecinta alam memicu tumbuhnya off-roader baru
untuk menjelajah dan mencari pengalaman. Namun, kontur yang menantang membuat
banyak pengendara wajib mengetahui teknik yang aman dan nyaman saat melakukan
terabasan.
Safety Riding Manager PT Astra Honda Motor (AHM) Johanes Lucky
memberikan beberapa tips teknik aman dan berkendara nyaman saat melakukan
terabas menggunakan sepeda motor trail. Kontur jalan naik-turun dengan
permukaan trek yang tak menentu, menjadi tantangan tersendiri.
”Banyak perbedaan saat berkendara off-road dibandingkan on-road.
Selain wajib menguasai teknik bersepeda motor di aneka permukaan jalan,
pengendara juga harus siap menghadapi tanjakan, turunan, bahkan genangan air
atau sungai yang membentang,” kata Lucky.
Tanjakan dan Turunan
Ketika melewati jalanan menurun, Lucky berpesan agar pengendara
tidak terlalu fokus menggunakan rem depan. Postur tubuh disarankan condong ke
belakang, diikuti pinggul yang juga lebih ditarik ke bagian belakang sepeda
motor. Kedua lutut menjepit body sepeda motor untuk menjaga keseimbangan.
”Postur tubuh yang condong ke belakang membantu keseimbangan,
sehingga titik berat tidak pindah ke depan yang berpotensi mengakibatkan roda
belakang terangkat dan terguling ke depan. Upayakan turun dengan gigi rendah,
tidak perlu buka gas, rileks atau santai dan mengikuti gerak ban belakang,”
jelas Lucky.
Berbeda ketika pengendara menghadapi tanjakan. Posisi badan
justru sebaliknya, yakni condong ke depan, atau bahkan berdiri (tetap condong
ke depan). Hal ini untuk memberikan beban lebih ke roda bagian depan. Sehingga,
ketika menanjak, titik berat tidak pindah ke belakang yang berpotensi
mengakibatkan roda depan terangkat dan terguling ke belakang.
Genangan Air atau Sungai
Kontur area yang sering ditemui saat melakukan terabas adalah
melewati genangan air atau sungai. Menurut Lucky, kondisi ini juga membutuhkan
teknik khusus. Jika berada dalam rombongan, pemimpin atau road captain (RC)
disarankan untuk turun dari sepeda motor dan mengecek kondisi genangan atau
sungai.
”Pastikan genangan atau sungai bisa dilewati motor. Menyeberang
tanpa sepeda motor sambil mengecek lintasan. Jika arus tidak teralu kencang,
boleh dilewati dengan kecepatan dan gigi rendah,” jelas Lucky.
Saat melintasinya, dan mendapati dasar sungai berbatu, satu kaki
disarankan turun untuk berjaga-jaga jika hilang keseimbangan. Bila dirasa
kurang, dua kaki juga boleh diturunkan. Sangat tidak disarankan mengangkat
kaki, karena bila hilang keseimbangan, maka saat itu pengendara tidak mampu
menahan sepeda motor yang ambruk. ”Jika sudah ambruk di sungai, potensi masalah
bertambah terutama pada motor, seperti kemasukan air dan sebagainya,” kata
Lucky.
Terabas Fun
Selain menguasai teknik dasar, Lucky juga memberikan beberapa
kiat agar berkendara off-road atau terabasan bisa diselesaikan
dengan menyenangkan. Terdapat aturan tidak tertulis yang disarankan untuk
dilakukan para pengendara.
Pertama, pastikan membuat rencana perjalanan (persiapan, riding
gear, waktu keberangkatan, lokasi istrirahat, memeriksa kondisi motor).
Lalu kedua, kontrol emosi. ”Sebaiknya hindari melakukan tindakan yang tidak
perlu seperti geber-geber motor yang berpotensi mendapat masalah pada sepeda
motor. Tindakan ekstrem juga berpotensi menyebabkan cedera. Padahal, tujuannya
menikmati perjalanan dan pemandangan yang menyenangkan,” kata Lucky.
Selanjutnya, saat berkendara bersama-sama, disarankan tidak malu
untuk meminta bantuan. ”Misalkan, sepeda motor terjebak dengan rintangan di
jalan, jangan memaksa dengan menggeber gas setengah kopling dan sebagainya,
yang akhirnya sepeda motor menjadi bermasalah. Padahal, tim bisa membantu
mengamankan atau menariknya,” jelas Lucky.
Sementara itu Gunarko Hartoyo, Corporate Communication and
Marketing Communication Manager PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda
di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, berkendara dengan semangat Satu Hati
tentunya akan menghadirkan pengalaman berkendara yang menyenangkan. Saling
support antar pengendara, menjaga keakraban, dan melakukan dengan kegembiraan,
menjadikan aktivitas terabas semakin #cari_aman dan asyik dinikmati.
No comments:
Post a Comment