Sebanyak 90 karya dan ide kreatif tentang kampanye keselamatan berkendara beradu dalam ajang kreatifitas bertajuk “Gen Z: Ride for Life." Kegiatan yang digelar oleh Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) bekerjasama dengan Kalbis Institute menjaring gagasan dan menyebarkan pesan safety riding untuk masyarakat dengan cara khas anak muda.
Puluhan
karya inspiratif ini berupa video dan gagasan kegiatan yang inovatif, diperkaya
dengan antusias generasi muda mengikuti kelas inspirasi dan belajar public
speaking ala komika. Beragam upaya menyampaikan pesan keselamatan
berkendara secara ringan dan menyenangkan terekam dalam Gen Z: Ride for
Life yang diselenggarakan pada periode 10 November 2022 – 11 Januari 2023 di
Kalbis Institute, Jakarta Utara.
Kegiatan ini mengajak
anak muda mengikuti kompetisi video kreatif bertema keselamatan berkendara
dengan kategori pelajar dan kategori umum. Melalui proses seleksi yang ketat,
Yayasan AHM memberikan apresiasi untuk video terbaik berjudul “Navigasi
Prinsip”. Karya ini dikemas dengan cerita yang menarik dan teknik pengambilan
gambar kreatif, sehingga dapat memberikan gambaran pentingnya kesadaran
berkendara yang aman dan nyaman.
"Terima
kasih atas penghargaan yang diberikan untuk karya kami. Semoga ini dapat
menginspirasi pengguna sepeda motor saat berkendara dengan menghadirkan prinsip
nyaman dan aman berlalulintas di jalan raya," ujar kreator video Navigasi
Prinsip.
Pada
kategori umum, video dengan cerita terbaik berjudul “Bisa Diakali”
menggambarkan kesadaran remaja akan pentingnya keselamatan saat berkendara
berdasarkan kisah nyata yang pernah dialami. Video dengan sinematografi terbaik
diberikan kepada video berjudul “Drive in the Natural Beauty of Papua” yang
menghadirkan kampanye keselamatan berkendara dengan balutan komposisi dan
pencahayaan gambar yang baik. Sedangkan untuk video terfavorit, apresiasi
diberikan kepada video berjudul “Senorita On Street” yang menyajikan gambar video
yang menarik.
Pada
kategori pelajar, video dengan cerita terbaik berjudul “Safety Youth Riding”
menggambarkan anak muda yang semakin peduli akan keselamatan berkendara setelah
mengalami kecelakaan saat berkendara di masa lalu. Untuk video terfavorit,
apresiasi diberikan kepada video berjudul “Senorita On Street” yang memberikan
pengambaran seorang pengendara perempuan yang mentaati aturan penggunaan riding
gear dan perawatan sepeda motor untuk menjaga keselamatan berkendara.
Ketua
Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin menyampaikan rangkaian kegiatan Gen Z: Ride for
Life menjadi salah satu cara untuk mengajak generasi muda agar kreatif dalam
mengemas dan menyampaikan pesan aman dan nyaman berkendara di jalan raya.
Sementara
itu Gunarko Hartoyo, Corporate Communication and Sales Manager PT Indako
Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan,
dengan semangat Satu Hati sangat mengapresiasi karya dan ide kreatif tentang
kampanye keselamatan berkendara ciri khas anak muda kebanggan bangsa. Melalui
ajang ini, Honda tentunya ingin keselamatan berkendara dikemas dan
dikomunikasikan dengan balutan kreativitas karya khas anak muda agar semakin
inspiratif dan penyebarannya semakin luas.
Proposal Universitas
Selain
adu kreatif dalam bentuk video, Yayasan AHM juga mengajak anak muda dari
kalangan mahasiswa untuk menyampaikan beragam ide inovatif terkait kampanye
keselamatan berkendara yang dituangkan dalam sebuah proposal. Pada ajang ini,
apresiasi tertinggi diberikan kepada peserta dari Universitas Udayana dengan
judul proposal “Respecting Life” yang mengangkat gagasan manfaat keselamatan
berkendara bagi kualitas hidup generasi Z. Di posisi kedua, apreasiasi
diberikan kepada peserta dari Universitas Gajah Mada dengan judul “Riding
Freely, Ride Safety” dan apreasiasi ketiga diberikan kepada mahasiswa
dari Universitas Sriwijaya melalui judul
“Kampanye Cerdas Berkendara”.
Selain
ajang adu kreativitas, para rangkaian program hadir dengan kelas inspirasi
dengan mengangkat berbagai tema yang menarik bagi anak muda. Berbagai kegiatan
menarik digelar seperti membuat film dokumenter menggunakan ponsel pintar,
belajar menjalin relasi bersama komunitas yang memperkuat kemampuan komunikasi
dalam menyampaikan pesan peduli keselamatan berkendara, serta belajar public
speaking ala komika sebagai upaya menyampaikan pesan keselamatan berkendara
secara ringan khas anak muda.
Rangkaian
kegiatan juga mengundang para komedian untuk lomba open mic battle dengan
mengangkat isu keselamatan berkendara di Indonesia. Berbagai informasi kelas
inspirasi dan berbagai ajang lomba yang dibuka hingga Januari 2023. Seluruh
rangkaian lomba dan kelas inspirasi dapat diakses melalui media sosial
@yayasanahm, @retorikalbis2023 dan YouTube Sahabat Satu Hati.
No comments:
Post a Comment