Saat berkendara dengan motor, tentunya keamanan pengendara menjadi hal utama yang perlu diperhatikan. Selain menguasai tenik berkendara yang baik, pemahaman pada setiap komponen motor juga menjadi hal penting yang harus dimiliki setiap pengendara. Salah satu komponen yang digunakan untuk mendukung keamanan pengendaranya adalah laher motor.
Laher motor atau bearing sendiri merupakan komponen yang
menghubungkan atau bantalan tromol dengan as roda, dimana dengan laher, maka
roda bisa berputar dengan halus dan lancar. Namun posisinya yang berada di
bagian roda dan tak terlalu terlihat menyebabkan laher motor nyaris jarang mendapat perhatian
khusus. Padahal keberadaannya sangat memengaruhi kenyamanan dan keamanan
berkendara.
Erwin Chandra, Senior Instructor Technical
Service PT
Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara
mengungkapkan, penting untuk melakukan
perawatan dan pemeriksaan laher secara rutin agar potensi terjadinya kerusakan
pada komponen penghubung antara as roda dan tromol tersebut dapat dicegah.
Menurutnya permasalahan yang muncul akibat kerusakan laher motor tak cuma
menimbulkan ketidaknyamanan berkendara, tapi juga berpotensi menumbulkan
bahaya, dimana ban akan terasa oleng dan motor akan sulit dikendalikan.
Untuk
mencegah terjadinya kerusakan, pada laher motor, maka berikut beberapa langkah
perwatan yang dapat dilakukan. Pertama, melakukan pemeriksaan setiap 4000 KM
atau sesuai buku panduan pemilik sepeda motor. Pemeriksaan juga bisa dilakukan
dengan cara mengoyangkan ban ke kiri dan kanan. Jika roda terasa goyang, maka
laher motor sudah rusak dan harus segara diganti dengan yang baru.
Kedua, jangan melintasi jalan rusak, speed trap, atau lubang
di kecepatan tinggi, karena laher akan mendapat tekanan berlebih yang akan
mengakibatkan kerusakan pada bentuk dan tingkat presisi laher. Karena jika itu terjadi, roda akan terasa oleng, pengendalian tak stabil
dan stang sulit dibelokkan ke kiri dan ke kanan, serta berpotensi menimbulkan
kecelakaan.
Ketiga, jika mendapati karet tutup pelindung
mulai getas atau rusak, ada baiknya segera bawa sepeda motor ke bengkel AHASS
terdekat untuk melakukan penggantian. Karena, jika kondisi itu dibiarkan, maka
laher motor berpotensi kemasukan debu dan air yang dapat menggangu pergerakan
bola baja dan berpotensi membuat
komponen cepat berkarat.
Keempat, jika laher harus diganti, maka gunakanlah Honda
Genuine Part yang kualitasnya sudah teruji. Ada baiknya lakukan penggantian di
bengkel resmi untuk mendapatkan penanganan langsung dari mekanik berpengalaman
guna mencegah terjadinya kesalahan pemasangan saat melakukan penggantian laher
sendiri.
Erwin Chandra menambahkan, perawatan berkala menjadi kunci
utama performa motor yang prima. Namun jika kesibukan menjadi kendala, maka
dapat memanfaatkan layanan booking service yang dihadirkan AHASS terdekat.
Selain memberikan layanan servis terbaik, AHASS juga menghadirkan kenyamanan
dengan konsisten menerapkan protokol kesehatan dalam setiap layanannya.
No comments:
Post a Comment