PT Astra Honda Motor (AHM) kembali berhasil meraih penghargaan
tertinggi pada ajang Service Quality (SQ) Award 2019 sebagai apresiasi terhadap kualitas layanan di bengkel
resmi Astra Honda Authorized
Service Station (AHASS). Perolehan penghargaan pada kategori Diamond ini
merupakan wujud kualitas dan komitmenperusahaan
untuk terus menemani konsumen dengan layanan
purna jual terbaik di seluruhIndonesia.
Untuk memberikan kepuasan konsumen, layanan purna jual Honda di
AHASS dikembangkan terus sejalan dengan kebutuhan konsumen. Berbagai layanan servis pun ditawarkan di AHASS, seperti booking
service (Layanan yang dapat dipesan sesuai dengan waktu yang diinginkan
konsumen) maupun pit express (servis bebas antri dan cepat untuk
konsumen yang membutuhkan penggantian oli / part tertentu).
Selain
itu, layanan
yang bersentuhan langsung dengan konsumen juga dilakukan secara konsisten melalui Service Visit (layanan
AHASS datang mengunjungi konsumen baik di rumah maupun di kantor) dan Reminder
Service (layanan pengingat
konsumen untuk jadwal servis berikutnya lewat SMS dan/atau telephone). Berbagai layanan
tambahan pun juga diselenggarakan
sesuai kebutuhan agar dapat terus
memanjakan konsumen.
General Manager Technical Service Division AHM Wedijanto Widarso
mengatakan penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dari masyarakat bagi komitmen tinggi setiap
insan layanan purna jual Honda di seluruh Indonesia. . “ Terima kasih atas
kepercayaan konsumen terhadap pelayanan kami hingga mendapatkan penghargaan ini. Kami tidak akan pernah berhenti menemani konsumen dengan
memberikan sepeda motor Honda yang terawat dengan baik melalui seluruh teknisi
handal di AHASS,” ujar Wedijanto.
“ Sementara itu Leo Wijaya, Direktur PT Indako Trading Coy selaku
main dealer Honda di wilayah Sumut mengungkapkan, pihaknya sangat menyambut
baik penghargaan tertinggi pada ajang Service Quality (SQ) Award 2019.
Menurutnya perkembangan pasar yang semakin beragam membuat Honda harus dapat
menyesuaikan dengan cepat dalam meningkatkan pelayanan di seluruh jaringan AHASS. “ Raihan ini semakin memicu perusahaan untuk terus meningkatkan layanan konsumen yang memanjakan konsumen
di seluruh jaringan AHASS di Indonesia,” ujarnya.
Untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, Honda saat ini didukung lebih dari 1.750 showroom dealerpenjualan, 3.770
bengkel AHASS dengan sekitar 19.000 teknisi terlatih dan berpengalaman, serta
sekitar 8.400 jaringansuku cadang
yang siap melayani jutaan penggunaan sepeda motor Honda di seluruh Indonesia.
Service Quality Award 2019 diselenggarakan
oleh lembaga Carre – CCSL (Center for
Customer Satisfaction & Loyalty) bekerja sama dengan majalah Service
Excellence. Ajang penghargaan ini diberikan setelah penyelenggara melakukan
survey kepada lebih dari 3.500 responden di 4 kota
besar di Indonesia (Jakarta, Surabaya, Medan,
dan Semarang) pada kurun waktu Januari – Maret 2019.
Survei dibentuk dari 2 Dimensi yaitu
Perceive Service Quality (PSQ) atau persepsi pelanggan terhadap kualitas service yang mereka nikmati dan Perceived Service Value
(PSV) atau persepsi pelanggan mengenai kesetaraan uang atau biaya yang mereka
keluarkan dibandingkan service yang mereka terima dan nikmati.
PSQ memfokuskan 4 KPI (Key Performance
Indicator) utama service yang mewakili Moment of truth ( MoT)
, yaitu Service Accessibility (dapat mengakses pusat layanan oleh pelanggan),
Service Process (Prosedur
dan elemen yang terkait dengan proses layanan),
People (Staf atau pelopor yang
berinteraksi dengan pelanggan) dan Service Solution(kualitas
penanganan pengaduan). Setelah melakukan
survei, penyelenggara menetapkan sejumlah perusahaan yang berhak mendapatkan SQ
Award.
Penghargaan ini dibagi dua yaitu, Diamond,
perusahaan yang mempunyai Service Quality Index (SQI) di atas 4.000 dan di atas
rata-rata industrinya sedangkan jenis Award Gold diterima oleh perusahaan yang mempunyai SQI di atas 4.000 tetapi
di bawah rata-rata industrinya atau mempunyai SQI di atas 3.500-3.999 dan
diatas rata-rata industrinya. Untuk hasil riset tahun ini, layanan AHASS berhasil mendapatkan SQ Award 2019kategori Diamond dengan hasil
penilaian yang terus
meningkat dibanding tahun lalu dengan nilai 4,1195.
No comments:
Post a Comment