Bersama jaringan main dealer di seluruh Indonesia, PT Astra Honda Motor
(AHM) secara serentak memulai seleksi siswa/i tingkat SLTA yang memiliki
potensi mengembangkan diri melalui dunia wirausaha. Seleksi bagi wirausaha muda
ini digelar dalam rangkaian program Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) 2018
untuk mencari generasi muda hebat yang siap berkarya dan memberikan manfaat
untuk masyarakat dan bangsa.
Memasuki tahun penyelenggaraan ke-15, AHMBS kini menjadi kompetisi
bergengsi antar pelajar yang paling ditunggu-tunggu setiap tahun. Seleksi bagi
para pelajar SLTA di seluruh Indonesia ini mulai dibuka pada April hingga Juli
2018. Wirausaha muda terbaik yang terpilih dari setiap wilayah main dealer
Honda ini akan berkompetisi secara nasional pada awal Agustus tahun ini.
Tahun ini, AHMBS mengangkat tema The Millennial Race of Young
Entrepreneur yang mencerminkan ketatnya kompetisi antar generasi
milenial dalam mengoptimalkan potensi kewirausahaan yang dimiliki. Sesuai
karakter anak muda terkini, para peserta kompetisi tahun ini didorong untuk
memaksimalkan kreativitas dan pemanfaatan dunia digital dalam memajukan
usahanya.
Kriteria penilaian kompetisi AHMBS 2018 disusun secara komprehensif
bersama salah satu kampus bisnis terbaik di Indonesia, yaitu PPM School of
Management. Para pelajar yang mengikuti kompetisi ini diuji ide dan kemampuan
wirausahanya dengan kriteria yang meliputi tingkat kebaruan ide dan produk,
peningkatan kualitas dan kreativitas produk di pasar, dampak bisnis bagi
masyarakat, pencapaian bisnis yang tercermin dari penjualan, biaya, serta
keuntungan. Selain itu, dinilai juga kemampuan dalam strategi bisnis, analisis
pasar, analisis persaingan, dan pengelolaan hubungan pelanggan.
Seleksi menjadi semakin ketat seiring dengan penilaian secara menyeluruh
terhadap kemampuan wirausaha muda ini dalam mengelola bisnisnya dari aspek
pemasaran, keuangan, operasional, dan SDM. Mereka pun juga harus mampu menyusun
sistematika proposal bisnis secara jelas dan terperinci yang menggambarkan
model bisnis kepada para calon investor dalam simulasi bisnis.
Dalam kompetisi AHMBS yang diawali dengan seleksi di setiap daerah, para
peserta ditantang tidak hanya dari segi bisnis yang sudah dijalani, namun juga
dari segi kemampuan memasarkan bisnisnya melalui sosial media. Siswa yang telah
lolos seleksi di main dealer akan membuat video 1 menit berupa iklan
produk/jasa yang ditawarkan yang ditayangkan di media sosial peserta dan
instagram @Sahabat1Hati dan @welovehonda.
Kemampuan dalam memasarkan bisnis di media sosial dapat menjadi
kesempatan emas bagi peserta kompetisi AHMBS untuk maju ke babak final. Satu
siswa dengan video terbaik pilihan juri AHM akan mendapatkan Golden
Ticket yang secara otomatis masuk tahap presentasi final enam besar di
Jakarta. Peserta terbaik dalam kriteria ini harus memenuhi unsur penilaian
kreativitas, teknik olah digital, dan popularitas video di media sosial.
Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan
setiap tahun AHMBS memiliki unsur kebaruan yang semakin menantang peserta untuk
semakin kreatif dan kompetitif dalam berkarya. Honda melihat kualitas bisnis
yang baik juga harus didukung dengan kemampuan berintegrasi dengan dunia
digital, terutama media sosial. Hal ini menjadi tantangan baru para wirausaha
muda untuk dapat sukses dalam berkarya. “AHMBS 2018 menyuguhkan kompetisi ketat
dan bergengsi yang diikuti oleh calon wirausaha muda terbaik di Tanah Air. ,”
ujar Muhibbuddin.
Sementara itu Leo Wijaya, Direktur Indako Traing Coy selaku main dealer
Honda di wilayah Sumatera Utara (Sumut) mengungkapkan bahwa pihaknya sangat
menyambut baik dan bersemangat untuk kembali melahirkan putra daerah, generasi
muda yang memiliki jiwa wirausaha yang luar biasa yang diharapkan dapat menjadi
contoh positif bagi generasi muda lainnya. “ Kami berharap program ini mampu memotivasi
banyak generasi muda Sumut untuk terus berkarya dan berwirausaha sehingga
bersama-sama kita dapat wujudkan jutaan wirausaha muda yang berkualitas dan
menginspirasi,” ujar Leo Wijaya.
Untuk wilayah Sumut sendiri proses seleksi kompetisi AHMBS akan dimulai
pada awal April s/d 9 Mei 2018. Karenanya bagi para pelajar berprestasi Sumut
yang tertarik mengikuti kompetisi ini dapat segera mendaftarkan diri dengan
mengirimkan berkas administrasinya ke kantor Indako Trading Coy yang beralamat
di Jl. Pemuda No. 18 DEFGH Medan. Untuk keterangan lebih lanjut dapat
menghubungi Ade Budi (082167100820).
Selain kriteria penilaian individu yang semakin ketat, AHMBS tahun ini
juga menilai kemampuan peserta dalam bekerjasama dalam tim. Penilaian kriteria
ini diwujudkan melalui kegiatan AHMBS Amazing Race. Para peserta akan dikuatkan
kebersamaannya satu sama lain melalui kegiatan kelompok di suatu wahana
permainan terkemuka. Dengan tetap mengutamakan prinsip safety first,
para peserta akan diuji kemampuan memecahkan tantangan bersama tim. AHMBS
Amazing Race ini diharapkan menjadi titik awal mereka untuk memulai
belajar networking dan kerjasama tim yang bermanfaat untuk
masa depannya.
Dalam Pelaksanaan AHMBS tahun ini, Honda juga bekerjasama dengan Yayasan
Astra Honda Motor, jaringan main dealer sepeda motor Honda, dan empat anak
perusahaan AHM yaitu PT Suryaraya Rubberindo Industries, PT Yutaka
Manufacturing Indonesia, PT Showa Indonesia Manufacturing, dan PT Musashi Auto
Parts Indonesia.
No comments:
Post a Comment