Panasnya persaingan motor sport di Indonesia memacu pelaku industri otomotif
roda dua yang tergabung dalam Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) terus
berlomba menawarkan beragam pilihan motor sportnya untuk menjawab kebutuhan masyarakat,
khususnya pada mereka pecinta sport tanah air.
Memang,
berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) tercatat bahwa
motor yang paling laris di Indonesia adalah motor jenis skuter matik. Tapi,
motor sport pun punya banyak penggemar. Mulai dari motor sport naked hingga
motor sport fairing. Sepanjang 2017 sendiri, motor sport menyumbang
penjualan wholesales (dari pabrik ke diler) sebesar 9,20 persen dari total
penjualan motor sebanyak 5.886.103 unit. Dari total motor sport, mereka yang
bermesin 150 cc paling banyak diburu di Indonesia sepanjang 2017 dengan total
penjualan 417.120 unit.
Kepopuleran sport bermesin 150 cc juga berhasil membawa brand berlambang
sayap mengepak Honda sebagai yang terlaris di tahun 2017. Hal tersebut dapat
terlihat pada angka penjualan yang signifikan dari Honda CB150R StreetFire, motor sport naked 150 cc
andalan Honda yang terjual sebanyak 107.991 unit. Sedangkan angka penjualan
terbaik juga berhasil dicatat motor sport naked Honda lainnnya, yakni Honda
Verza yang terjual sebanyak 53.278 unit mengungguli sejumlah pesaing di
kelasnya. Selain itu, Honda CBR150R yang berhasil terjual sebanyak 72.219 unit juga
semakin menyempurnakan gelar Honda sebagai sport terlaris 2017.
Leo
Wijaya, Direktur Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah
Sumatera Utara (Sumut) mengungkapkan bahwa pihaknya sangat bersyukur dengan
keberhasilan sport Honda sebagai yang terlaris di tahun 2017. Menurutnya
keberhasilan ini tidak terlepas dari kepercayaan dan kesetiaan masyarakat
Indonesia kepada jajaran sport Honda khususnya di kelas 150cc. “Kepercayaan ini
tentunya menjadi spirit bagi kami untuk terus Satu HATI dan berupaya terus
menghadirkan motor impian masyarakat,” ujarnya.
Penjualan motor sport Honda pada tahun 2017 di
wilayah Sumut sendiri juga mencatatkan hasil yang cukup baik dengan raihan
pangsa pasar sebesar 65 % dengan kontribusi sebesar 17,3 %
melampaui kontribusi segmen bebek yang hanya mencapai 14 %. Begitu juga dengan
kelas sport 150 cc, dimana untuk Sport Low yang terdiri Honda Verza berhasil
mencatatkan pangsa pasar sebesar 94,8%. Tidak mau kalah, Sport Mid yang terdiri
dari Honda CB150R Streetfire dan CBR150R sukses meraih market share sebesar
51,9%. Sedangkan untuk sport high Honda berhasil membukukan market share
sebesar 39%.
Gunarko Hartoyo,
Corporate and Marketing Communication Manager Indako Trading Coy menambahkan
bahwa pihaknya berterima
kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat di wilayah Sumut yang
telah memantapkan pilihan hatinya kepada sport Honda. “ Ketika memilih motor,
konsumen pasti ingin mendapatkan sesuatu yang lebih dari sekadar desain atau
teknologi motor sport yang canggih, dan ini hanya dapat diberikan oleh pabrikan
yang benar-benar memikirkan kebutuhan masyarakat, membangun jaringan yang baik
dan layanan purna jual yang bagus, dan itu adalah Honda,” ujar Gunarko.
No comments:
Post a Comment