PT Astra Honda
Motor (AHM) berhasil melewati tahun 2017 yang memiliki beragam tantangan dengan
mencatatkan penjualan positif. Beragam produk baru yang dirilis sepanjang tahun
lalu berhasil mengantarkan perusahaan mencatat pertumbuhan di tengah permintaan
pasar yang melemah dengan angka penjualan sebanyak 4.385.888 unit.
Berdasarkan data yang diolah
dari Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) 2017, pasar sepeda motor
nasional terkoreksi sebesar 0,8% dengan total penjualan 5.886.102 unit
dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang terjual 5.931.285 unit. Di tengah
penurunan pasar sepeda motor nasional ini, penjualan sepeda motor Honda mampu
tumbuh sebanyak 5.000 unit menjadi 4.385.888 unit jika dibandingkan dengan data
penjualan tahun 2016 sebanyak 4.380.888 unit.
Sebanyak 28 model
baru dan penyegaran produk diperkenalkan oleh Honda untuk pertama kali di Tanah
Air sepanjang 2017 seperti Honda CRF series, Honda CMX 500 Rebel, Honda SH150i,
Honda Scoopy, serta tampilan baru dari model-model terlaris seperti Honda BeAT
Street, Honda Vario eSP, dan model-model motor Honda lainnya. Pilihan model terbaru
ini menjadi primadona yang menggairahkan penjualan sepeda motor Honda dengan
kontribusi penjualan sebesar 43% terhadap total penjualan Honda terhitung sejak
Januari hingga Desember 2017 lalu atau terjual sebanyak 1.918.584 unit.
Ditopang penyegaran
desain dan fitur baru pada skutik Honda, jajaran motor Honda di segmen skutik
terus menjadi motor-motor terlaris Honda dengan catatan penjualan 3.781.777
unit. Pencapaian penjualan positif ini diikuti oleh motor Honda di segmen bebek
yang mampu terjual 351.059 unit, dan di segmen sport yang memberikan kontribusi
penjualan 253.052 unit sepanjang tahun 2017 lalu.
Deputy General
Manager Sales Division AHM Didi Kwok mengatakan pasar sepeda motor yang belum
membaik pada tahun lalu tidak membuat Honda berhenti berinovasi dalam
menyuguhkan pilihan-pilihan terbaru di setiap segmen. Hal ini diterjemahkan
melalui 28 produk baru dan penyegaran produk yang diluncurkan sepanjang 2017. Terima
kasih atas kepercayaannya. Kami berharap kepercayaan konsumen ini akan
terus berlanjut di tahun ini,” ujar Didi Kwok.
Sementara itu Leo Wijaya, Direktur Indako Trading Coy
selaku main dealer Honda di wilayah Sumut mengungkapkan Honda memiliki
komitmen kuat untuk senantiasa menemani aktivitas maupun gaya hidup pecinta
motor dengan pilihan sepeda motor yang paling sesuai dengan karakter setiap
konsumen. Karenanya Honda selalu berupaya melengkapi pilihan produk ini dengan
layanan terbaik sehingga konsumen percaya dan memilih Honda sebagai teman
berkendara. “
Sepanjang 2017,
Honda BeAT series terus mengukuhkan posisinya sebagai motor terlaris di Tanah
Air melalui penjualannya sebesar 1.959.263 unit. Honda Vario series pun
tercatat menjadi salah satu motor favorit dengan penjualan 1.200.287 unit.
Honda Scoopy yang diperbaharui dengan tampilan styling baru
yang semakin unik, fashionable dan modern, serta dilengkapi
penyematan fitur canggih semakin laris terjual dengan membukukan pertumbuhan
15,8% dari 528.622 unit pada 2016 menjadi 612.197 unit pada 2017.
Kehadiran motor
bebek Honda yang irit serta tangguh di jalanan terus dipilih konsumen dalam
beraktivitas sehari-hari seperti yang tercermin pada penjualan Honda Revo
series sebanyak 152.479 unit dan Honda Supra series sebanyak 150.968 unit.
Sementara itu, ketangguhan dan performa tinggi motor-motor sport Honda tak
kalah menariknya bagi pecinta motor sport Tanah Air. Honda CB150R StreetFire
yang diberi tampilan baru pada Agustus tahun lalu tercatat mampu memikat dengan
angka penjualan 107.991 unit. Motor berperforma tinggi Honda CBR series pun
berhasil membukukan penjualan sebesar 79.603 unit, diikuti motor Honda Verza
yang terjual sebesar 53.278 unit. Jajaran big bike Honda tercatat terjual 512
unit dengan kontribusi terbesar motor big bike Honda CMX500 Rebel yang baru
diluncurkan Maret 2017 dengan angka penjualan 328 unit.
No comments:
Post a Comment