Media sosial (Medsos) merupakan media komunikasi yang
sangat digandrungi saat ini. Kecepatan informasi yang bisa diakses dalam hitungan detik
dan kemudahan berkomunikasi menjadi daya tarik tersendiri bagi para netizen
untuk berselancar bersama sejumlah medsos sedang menjamur di tanah air. Namun ibarat
sebuah pisau, selain memberikan manfaat yang besar, medsos juga dapat menikam
jika tuannya tidak bijak saat menggunakannya.
Menyikapi kondisi tersebut, Indako trading Coy selaku
main dealer Honda di wilayah Sumut merasa terpanggil untuk menggelar Workshop
Jurnalistik bertemakan “Komunitas Honda Santun & Aktif di Online Maupun di
Jalan” yang berlangsung pada Sabtu, 27 Januari 2018 bertempat di di Kantor Indako Trading Coy Jl.
Pemuda Medan.
Tercatat puluhan bikers
perwakilan komunitas motor Honda antusias mengikuti workshop kali ini, sebut
saja Vario Honda Matik (VANATIC), Honda CBR250RR Owners Indonesia
(HCOI) Chapter Medan, Honda StreetFire Club Medan (HSFCM), CBR Club Medan,
SCOOPERS Medan, Honda Super Cub Community (HSCC), Sonic Club Medan, Honda Cup
70 Medan (HC 70 M), Honda Mega Pro Club Medan (HMPC), Community Honda Supra
Xpression (CAS-X)Medan, Revo Executive Community (REXEC), Revolution Supra X 125
Motor Club (RSMC) Medan, Honda Tiger Club Medan (HTCM), Verza Rider Community
Indonesia VRCI Medan, dan BRCM Medan
Leo Wijaya, Direktur Indako
Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumut mengungkapkan dengan
semangat Satu HATI, Honda berupaya membekali para bikers dari berbagai
komunitas yang tergabung dalam Sumut Honda Bikers dengan pengetahuan tentang
bagaimana menggunakan dan memanfaatkan medsos dengan cerdas. “ Kami melihat medsos
berpotensi sebagai sarana yang efektif dalam mendukung kegiatan Komunitas
Honda, karenanya diharapkan kegiatan ini dapat memberikan nilai positif bagi
komunitas Honda di Sumut dalam memanfaatkan beragam media online sehingga dapat
mendatangkan kabaikan bagi komunitasnya,” ujarnya.
Bro Iwan dari HSCC mengungkapkan
bahwa Workshop Jurnalistik ini sangatlah bermanfaat bagi komunitas Honda yang
memang sangat akrab dengan yang namanya medsos. Menurutnya sebagai komunitas
otomotif, pihaknya sangat menyadari pentingnya publikasi media, karena banyak
dari kegiatan komunitas yang bernilai positif dan dapat bermanfaat bila
diinformasikan dengan baik pada masyarakat luas. “ Workshop Jurnalistik ini membuka wawasan
para bikers Honda untuk lebih memanfaatkan media sosial dengan baik, karena
selain dapat berbagi informasi dengan cepat, menunjukkan eksistensi sebagai
komunitas motor Honda, dan mengembangkan jaringan, medsos juga dapat
menghasilkan keuntungan dengan berbisnis online,” ujarnya.
Dalam Workshop tersebut para
bikers mendapatkan materi singkat mengenai pemahaman tentang pengertian medsos,
karateristik medos, manfaat medsos, bagaimana membuat informasi/berita yang
baik untuk dipublikasikan ke media sosial, dan berbagai hal yang boleh dan
tidak boleh dilakukan di medsos. Kesempatan ini juga dimanfaatkan Honda untuk kembali
memperkenalkan website khusus yang diperuntukkan bagi seluruh komunitas motor
Honda di tanah air yakni Hondacommunity.net.
Sementara itu Gunarko Hartoyo,
Corporate and Marketing Communication Manager Indako Trading Coy mengungkapkan
bahwa generasi muda sekarang memiliki pola berbeda dalam mendapatkan informasi,
dimana mereka lebih cenderung mencari sesuatu dengan cara online di dunia
maya, karenanya diharapkan mereka menjadi duta Honda yang tidak
hanya santun dan safety di jalan, namun juga santun dan smart di online.
No comments:
Post a Comment