Bersama PT.
Astra Honda Motor, Indako Trading Coy selaku main dealer
Honda di wilayah Sumut memperkenalkan motor kustom terbaru, Honda CMX500 Rebel
yang mencerminkan imajinasi, gaya hidup, dan jati diri pengendara pada Minggu,
30 April 2017 di Harbour 9 Dining & Bar Medan. Desainnya yang ramping
dengan perpaduan style tak lekang oleh waktu dan gaya
kontemporer memberikan kebanggaan sekaligus ruang kustomisasi yang tak terbatas
sehingga tercipta ikatan emosi yang kuat dengan pengendaranya.
Honda CMX500 Rebel sendiri dikembangkan lebih dari sekedar moda transportasi.
Model ini merupakan refleksi dari sebuah gaya hidup, karakter, serta sarana
bagi pengendara untuk mengekspresikan identitasnya.
Leo Wijaya,
Direktur Indako Trading Coy mengatakan bahwa para penggemar big bike yang
memiliki karakter berani namun memiliki selera modern minimalis kini telah
menjadikan motor sebagai salah satu cara mengekspresikan identitas
individualnya. Ekspektasi terhadap motor pun berbeda dengan motor-motor yang
telah ada di pasaran, dimana motor diharapkan dapat mencerminkan karakter dan
gaya hidup mereka.
“Kami meluncurkan
Honda CMX500 Rebel sebagai sebuah jawaban bagi mereka yang mencari
individualitas di motor mereka dan ruang untuk mengkustomnya sesuai dengan
imajinasi mereka. Hal ini sejalan dengan komitmen tinggi Honda untuk
menghadirkan jajaran lengkap motor untuk konsumen Indonesia khususnya di
wilayah Sumut, sehingga mereka dapat menikmati setiap sensasi berkendara sesuai
dengan gaya hidup mereka” ujar Leo Wijaya.
Sementara itu Shendy
Setiawan selaku Big Bike Manager Indako Trading Coy mengatakan bahwa tren kebebasan berekspresi dan
gaya hidup yang mencerminkan jati diri di kalangan pengendara motor semakin
kuat saat ini. Oleh karena itu, pihaknya berupaya
menemani mereka mengekspresikan keinginan dan jati dirinya. Ikatan kuat motor
dan pengendaranya ini diyakini mampu membuat motor menjadi bagian dari
kebanggaan atas identitas unik mereka masing-masing.
“Kami pun menyadari konsumen di segmen ini merupakan orang-orang yang tidak
hanya ingin tampil berbeda, namun juga mendapat layanan berbeda yang personal,
dekat, dan hangat saat berinteraksi. Oleh karena itu, kami
menyiapkan layanan khusus di jaringan Big Wing Honda yang berada di Jl. SM Raja Simpang
Limun Medan ” ujar Shendy Setiawan.
Dua kata kunci saat pengembangan Honda CMX500 Rebel yaitu sederhana dan
mudah untuk dikreasikan sesuai keinginan pengendara. Namun untuk
menghadirkannya dengan sentuhan seni dan minimalis desain menjadi kebutuhan
penting saat membuat detailnya.
Pengendara Rebel akan melaju di atas ban lebar yang rendah dan siluet ‘bobber’ yang ramping, dilengkapi
dengan tangki mendongak berkapasitas 11,2 liter serta setang kemudi lebar, dan
pengendara dapat duduk dengan sempurna di atas motor. Dari semua sudut, model
ini dapat menggambarkan karakter individu yang menggelora.
Balutan warna hitam semakin memperkuat desain Rebel yang fleksibel sejalan dengan sisi bawah yang dicat secara halus.
Lampu depan tampil khas dengan diameter berukuran 135mm.
'Satu tombol' speedo 100mm berdesain kompak dengan
layar LCD negatif dan backlight biru memberi kesan mencolok
dan efektif, sementara kunci kontak berada di bawah sisi kiri tangki
bahan bakar.
Dengan mesin 471cc 8-valve, liquid-cooled parallel twin-cylinder diambil
dari Honda CBR500R yang
sporti. Untuk menghadirkan kemampuan jelajah, telah dilakukan revisi
pemetaan PGM-FI fuel injection yang menghasilkan karakter
berbeda dari kinerja rpm berfokus tinggi CBR untuk output bottom-end torsi-padat,
dengan penyaluran halus
dan linear di seluruh rentang putaran. Torsi maksimum 45,8Nm @ 5.500
rpm dan menghasilkan tenaga puncak 35,2kW @ 8.500rpm.
Power unit yang
disematkan akan menghasilkan keseimbangan yang baik antara ukuran
fisik dan output yang fleksibel. Bore dan stroke dibuat pada
67mm x 66.8mm dengan rasio kompresi 10,7: 1. Sementara itu bagian dalam kepala
silinder menggunakan roller rocker arm; penyetelan katup jenis shim untuk memperoleh bobot yang ringan,
menurunkan beban per katup dan mengurangi gesekan.
Silent (SV Chain) cam
chain memiliki pin yang permukaannya dilapisi dengan
Vanadium, mengurangi gesekan dengan peningkatan perlindungan terhadap debu.
Diameter katup inlet berukuran 26,0mm dengan diameter katup buang 21,5mm.
Gesekan dapat diminimalkan dengan penambahan alur pada permukaan (lapisan akhir ini dapat
meningkatkan luas permukaan, untuk memberikan celah dimana oli dapat mengalir
untuk pelumasan yang lebih baik). Proses AB 1 salt bath, dilakukan
setelah isonite nitriding, membentuk pelindung membran
oksidasi.
Pin crankshaft dengan sudut 180 ° dan primary
couple-balancer diletakkan di belakang silinder, dekat dengan pusat
gravitasi motor. Gigi primer dan balancer menggunakan scissor gears,
mengurangi noise. Poros Engkol penyeimbang secara khusus
dibentuk untuk pasangan-keseimbangan yang ringan memungkinkan mesin berputar
bebas dengan mengurangi inersia.
Crankcases menggunakan centrifugally cast thin-walled sleeves.
Desain internal mengurangi ‘pumping’ losses yang dapat terjadi
dengan 180 ° waktu pengapian. Motor ini memiliki bak oli berkapasitas 2,5L. Gear box enam-kecepatannya
dirancang mudah untuk dinaikkan dan diturunkan, terutama di perkotaan.
Saluran
pembuangan 2-1 mereduksi gas buang di katalisator melalui ruang pertama ke
ruang resonator kedua. Knalpot berdiameter 120mm ‘shotgun’ style, dan menghasilkan suara berat
yang khas dengan penyaluran torsi yang pas.
Untuk mendukung
tampilan low-rider, Rebel dipasang pegangan mesin pada tiga area di rangka tubular dan dirancang
sesempit mungkin di sekitar pengendara. Panjang trail diset pada 110mm
dengan 28° rake; garpu offset 30°
dikombinasikan dengan jarak sumbu roda 1488mm, menghasilkan
ketinggian 690mm jok rendah dan pijakan kaki tengah, untuk keseimbangan kemudi.
Rangka termasuk loop belakang inovatif yang
memisahkan jok dari spatbor logam bertekstur;
aluminium cor subframe bolt-on memberikan ruang lingkup lebih
lanjut untuk kustomisasi.
Garpu depan
berdiameter 41mm dipasang dengan jarak selebar 230mm untuk menunjang berkendara
sempurna dan nyaman namun tetap gaya. Swingarm baja berbentuk
tabung dengan diameter 45mm bekerja dengan peredam kejut kembar yang memiliki 2
pengaturan tingkat preload.
Ban Dunlop dipasang sebagai standar dengan ukuran 130 / 90-16 di depan dan
150 / 80-16 belakang. Tampilan roda aluminium cor 16 inci sederhana dan
tampil menggoda, dengan disk akting depan 296mm sebagai cermin dengan spoke pattern.
Sebuah caliper twin-piston depan cocok dengan piston belakang tunggal; ABS
dipasang sebagai standar.
Untuk wilayah
Sumut sendiri, Honda CMX500 Rebel hadir dengan 3 warna
pilihan yakni Millenium Red, Mat Armored Silver Metallic, dan Graphite
Black dipasarkan dengan harga Rp. 149.368.000,-.
Spesifikasi
Type
|
Liquid-cooled (8 valve), DOHC Parallel Twin engine
|
|
Engine Displacement
|
cc
|
471
|
Bore x Stroke
|
mm
|
67 x 66.8
|
Compression Ratio
|
10.7 : 1
|
|
Max. Power Output
|
35.2kW @ 8,500rpm
|
|
Max. Torque
|
45.8 Nm @ 5,500rpm
|
|
Oil Capacity
|
liter
|
2.5
|
Fuel System
|
PGM-FI
|
|
Fuel Tank Capacity
|
liter
|
11,2
|
Fuel consumption
|
km/l
|
27
|
Starter
|
Electric
|
|
Battery Capacity
|
12V
|
|
Clutch Type
|
Wet, multi-plate hydraulic
|
|
Transmission Type
|
6-speed
|
|
Final Drive
|
Chain
|
|
Frame Type
|
Diamond Steel
|
|
Dimensions (LxWxH)
|
mm
|
2.188 x 820 x 1.094
|
Wheelbase
|
mm
|
1488
|
Caster Angle
|
28°
|
|
Seat Height
|
mm
|
690
|
Ground Clearance
|
mm
|
136
|
Curb Weight
|
kg
|
190
|
Turning Radius
|
m
|
2.85
|
Suspension Type
|
Front
|
Showa 41mm Telescopic forks, 140mm stroke
|
Rear
|
Showa 95mm twin tube suspension
|
|
Tire
|
Front
|
130/90-16 M/C 67H Tubeless
|
Rear
|
150/80-16 M/C 71H Tubeless
|
|
Brake Type
|
ABS 2-channel
|
|
Instruments
|
Digital
|
|
Headlight
|
Bulb 55 Watt
|
|
Taillight
|
Bulb 8.3 Watt
|
No comments:
Post a Comment