Penghargaan yang diselenggarakan oleh Majalah Marketing
tersebut diberikan berdasarkan penilaian kepada perusahaan yang dianggap
memiliki kreatifitas dalam memasarkan produknya. Pencapaian tersebut juga
dibuktikan dan sejalan dengan kinerja perusahaan seperti market share, brand
share atau pertumbuhan penjualan.
GM Marketing Planning & Analisys Division AHM Agustinus
Indraputra mengatakan fokus utama perusahaan dalam menjalankan bisnisnya adalah
konsumen. “Kami mengucapkan terima kasih atas penghargaan ini dan berharap semangat Satu Hati yang kami miliki
tersebut dapat terus diterima oleh seluruh lapisan masyarakat,” ujar
Indraputra.
Sementara itu Leo Wijaya, Direktur Indako Trading Coy selaku
main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan pihaknya turut
berbangga dengan prestasi Honda yang berhasil meraih penghargaan Marketing
Awards 2016. “ Penghargaan ini merupakan wujud dari upaya Honda sejalan dengan
nilai Satu Hati selalu berkomitmen menemani konsumen meraih mimpinya dengan
menciptakan produk dan layanan terbaik selama beraktivitas sehari-hari”, ujar
Leo Wijaya
Ajang uji kekuatan strategi pemasaran perusahaan di Tanah Air
tersebut melewati beberapa proses penjurian yang melibatkan kalangan akademisi
seperti dosen universitas terkemuka, professional, dan media. Penjurian
dilakukan dengan melewati beberapa proses antara lain proses pengajuan/usulan,
penyaringan awal, presentasi, dan proses pemilihan.
Pemimpin Pasar
Berdasarkan data yang diolah dari
Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), pasar sepeda motor
nasional pada Agustus 2016 mengalami pertumbuhan 72,9% menjadi 527.536
unit dibandingkan bulan sebelumnya yaitu 305.153 unit. Sejalan dengan
pertumbuhan tersebut, PT Astra Honda Motor (AHM) juga
mencatatkan pertumbuhan penjualan sebesar 90,9 % yaitu 388.847 unit,
dengan penguasaan pangsa pasar 73,7% terhadap sepeda motor nasional.
Adapun segmen skutik Honda berkontribusi sebesar 78,4% terhadap
pasar skutik nasional dengan torehan penjualan 339.445 unit
atau tumbuh 123,9% dibandingkan Juli 2016 yang hanya 151.585 unit. Di
segmen lain, penjualan sepeda motor bebek Honda terjual sebanyak 29.754
unit pada Agustus 2016 dengan pangsa pasar 59,6% atau tumbuh tipis sebesar
1,6% dibandingkan bulan sebelumnya yaitu 29.281 unit. Di
segmen sport, AHM memberikan kontribusi penjualan 19.648 unit atau
44,2% pangsa pasar.
PT Astra Honda Motor (AHM) dinobatkan sebagai perusahaan yang
sukses berinovasi dalam menjalankan strategi pemasaran dengan predikat terbaik
seiring keberhasilannya meraih Marketing Award 2016 di Hotel Mulia (22/9). Penghargaan
tersebut semakin memperkuat predikat Honda sebagai pemimpin pasar roda dua di
Tanah air.
No comments:
Post a Comment