Kehadiran All New Honda BeAT
di kalangan pecinta skutik semakin kuat. Hal ini tercermin dari penjualannya
pada bulan Agustus yang naik menjadi 157.462 unit dibandingkan dengan
penjualan Juli 2016 yang hanya 43.495 unit. Pertumbuhan ini dipicu oleh
penerimaan yang tinggi terhadap model terbaru All New Honda BeAT eSP yang
diluncurkan secara serentak di seluruh Indonesia pada pertengahan bulan lalu.
Berdasarkan data yang diolah dari
Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), pasar sepeda motor
nasional pada Agustus 2016 mengalami pertumbuhan 72,9% menjadi 527.536
unit dibandingkan bulan sebelumnya yaitu 305.153 unit. Pada bulan
ini, segmen skutik nasional melonjak 99% menjadi 433.200 unit dari
penjualan Juli 2016 yang hanya 217.652 unit.
Sejalan dengan pertumbuhan
tersebut, PT Astra Honda Motor (AHM) juga
mencatatkan pertumbuhan penjualan sebesar 90,9 % yaitu 388.847 unit,
dengan penguasaan pangsa pasar 73,7% terhadap sepeda motor nasional. Adapun
segmen skutik Honda berkontribusi sebesar 78,4 % terhadap pasar skutik nasional
dengan torehan penjualan 339.445 unit atau tumbuh 123,9 % dibandingkan Juli
2016 yang hanya 151.585 unit. Kontribusi terbesar terhadap penjualan skutik
Honda diperoleh dari larisnya model Honda BeAT series yang terjual sebanyak
157.462 unit.
Mengikuti kesuksesan penjualan Honda
BeAT series, sepanjang Agustus 2016 Honda Vario series pun laris terjual
yaitu sebanyak 128.421 unit, diikuti model All New Honda Scoopy eSP
sebanyak 53. 083 unit, All New Honda PCX 150 350 unit, dan Honda Spacy yang
terjual 129 unit.
General Manager Sales Division AHM Thomas
Wijaya mengatakan bahwa penjualan
Honda BeAT series merupakan bukti nyata bahwa produk ini merupakan salah satu
moda transportasi skutik terbaik yang menjadi pilihan konsumen di kelasnya.
Hadir dengan dua varian All
New Honda BeAT eSP dan All New Honda BeAT POP eSP, model ini diharapkan
dapat mendorong pertumbuhan permintaan terhadap model Honda lainnya. “ Kami berharap pencapaian positif ini dapat
kami tularkan kepada produk sepeda motor Honda lainnya “, ujarnya
Sementara itu, Leo Wijaya selaku
Direktur Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumut
mengungkapkan Honda menyegarkan produk All New Honda BeAT eSP untuk
memenuhi kebutuhan konsumen terhadap produk skutik terbaik Honda. Sejak 2008
produk ini telah menjadi mitra konsumen dalam menjalani aktivitas sehari-hari
sekaligus menjadi salah satu model yang paling penting bagi Honda.
Di segmen lain, penjualan
sepeda motor bebek Honda terjual sebanyak 29.754 unit pada Agustus 2016 dengan
pangsa pasar 59,6% atau tumbuh tipis sebesar 1,6% dibandingkan bulan
sebelumnya yaitu 29.281 unit. Pada segmen ini Honda Supra series berkontribusi
terbanyak sebesar 15.337 unit, Honda Revo series 7.012 unit, New Honda
Sonic 150R 5.400 unit, dan Honda Blade sebesar 2.005 unit.
Di segmen sport, Honda
memberikan kontribusi penjualan 19.648 unit atau 44,2% pangsa pasar. Pada
segmen ini Honda CBR series menjadi penyumbang terbanyak yaitu sebesar 8.856
unit, diikuti All New Honda CB150R StreetFire 7.082 unit, Honda Verza 3.554
unit, Honda Megapro 151 unit, dan penjualan big bike sport series sebanyak 5
unit.
No comments:
Post a Comment