Memasuki
tahun pelaksanaan ke-23, PT Astra Honda Motor (AHM) bekerja sama dengan
jaringan main dealer sepeda motor Honda se-Indonesia kembali menggelar uji
keterampilan teknik bagi mekanik dan service
advisor Honda
Mengusung
tema “Satu Hati Raih Prestasi”, kegiatan bertajuk The 23rd Honda Indonesia Technical Skill
Contest digelar untuk memotivasi dan mengukur kompetensi para mekanik serta service advisor Honda di jaringan bisnis Honda di
Tanah Air. Tahun ini, Honda membuka tiga kategori kontes yang terdiri
dari mekanik regular, service
advisor dan mekanik Pre
Delivery Inspection (PDI).
Proses
seleksi dilakukan secara bertahap mulai dari tingkat Astra Honda Authorized
Service Station (AHASS), regional main dealer Honda, dan final kontes yang akan
dihelat secara nasional. Seleksi tahap pertama di masing-masing AHASS telah
berlangsung sejak Desember 2015 hingga Mei 2016. Saat ini, seleksi tengah
memasuki tahap kedua di tingkat provinsi yang diselenggarakan oleh seluruh main
dealer Honda hingga Juli mendatang. Puncaknya akan dipilih 27 mekanik AHASS, 27
mekanik PDI, dan 27 service
advisor terbaik yang bersaing
untuk meraih juara nasional pada final kontes yang akan digelar pada 24-26 Agustus
2016.
Wedijanto
Widarso, General Manager Technical Service Division AHM mengatakan untuk pihaknya
selalu berupaya menghadirkan pelayanan terbaik bagi konsumen loyal pengguna
sepeda motor Honda. “ Pada tahun ini kami menambahkan kategori baru untuk segmen
mekanik menjadi dua, yaitu mekanik regular dan mekanik PDI. Kami berharap
melalui uji kompetensi ini kemampuan mekanik dan service advisor Honda akan semakin baik secara
teknis maupun non teknis, sehingga dapat memaksimalkan layanan dalam
mewujudkan kepuasan konsumen".ujarnya
Sementara
itu Leo Wijaya, Direktur Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah
Sumut mengungkapkan Honda senantiasa berupaya meningkatkan kompetensi
sumber daya manusia di jaringan purna jual sepeda motor Honda dengan mengasah
pengetahuan dan menguji keterampilan para mekanik dan service advisor guna
menghadirkan layanan purna jual terbaik bagi konsumen Honda.
Pada
tahap AHASS peserta akan di uji melalui tes tertulis dan praktek. Sebanyak
18.491 mekanik serta 3.754 service
advisor Honda berpartisipasi
dari berbagai daerah di Indonesia untuk menyelesaikan materi terkait
pengetahuan mesin, rangka, kelistrikan, system PGM-FI, tools, dan teknologi Honda.
Pada kategori mekanik regular dan PDI Honda, keseluruhan materi dites melalui
teknik perawatan, perbaikan dan pemeriksaan sepeda motor. Adapun bagi service advisor Honda, dilakukan uji praktek
terkait pemeriksaan sepeda motor, product
knowledge, dan customer
handling.
Setelah
mengikuti seleksi tahap AHASS, selanjutnya 3.752 mekanik regular, 512 service advisor, dan 352
mekanik PDI terbaik akan kembali diuji pada tahap regional main dealer dengan
materi yang lebih mendalam mengenai analisa teknis, penggunaan alat
bengkel, dan trouble shooting. Sementara itu,
bagi mekanik PDI ujian praktek akan berkisar tentang bagaimana
mempersiapkan unit sepeda motor sebelum akhirnya diterima dengan baik oleh
konsumen, kemampuan mendiagnosa, dan penanganan claim dealer terhadap keluhan pelanggan.
Adapun bagi service advisor, penilaian dilakukan dalam bentuk role play atau berupa studi kasus terkait
pelayanan terhadap konsumen dan kemampuan dalam menjual produk sepeda motor
Honda.
Pemenang
kontes ini akan memperebutkan hadiah utama sebuah sepeda motor Honda dan
sejumlah uang tunai. Selain itu, mereka juga berkesempatan mewakili Indonesia
dalam kompetisi “Asia-Oceania Technical Contest” yang akan diadakan di Vietnam
pada akhir tahun ini.
No comments:
Post a Comment