Monday, May 23, 2016

Honda DBL Antar Mimpi Putra Bangsa Hingga ke Pelosok Negeri


PT Astra Honda Motor (AHM) menggelar kompetisi basket pelajar Honda Development Basketball League (Honda DBL) hingga pelosok negeri di kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Kegiatan yang menjadi wadah penyaluran bakat anak muda pecinta basket ini mendapat animo tinggi para pelajar seiring tercatatnya peningkatan penonton dan pendukung gelaran Honda DBL Kupang.

Penyelenggaraan kegiatan bagi anak muda ini merambah pula ke Kota Kupang, NTT dengan animo peserta maupun penonton terus merangkak naik dengan hadirnya Honda DBL sejak 3 tahun silam di kota Kupang ini (16-21/5). Di awal penyelenggaraannya, peserta Honda DBL Kupang tercatat hanya 327 orang dalam 18 tim. Di 2016, angka peserta hampir berlipat ganda hingga 537 orang dalam 20 tim.

Selain mendukung prestasi anak muda di bidang olahraga basket, Honda bersama jaringan main dealernya juga menjadikan kegiatan Honda DBL di Kupang maupun kota-kota lainnya sebagai sarana edukasi keselamatan berkendara  dengan tema BeAT eSP Riding Challenge. Para pelajar pecinta basket ini mendapatkan pengalaman berkendara dengan aman dan nyaman sebagai langkah awal penggunaan Surat Izin Mengemudi (SIM) secara bijak. Peserta yang beruntung akan mendapatkan hadiah undian New Honda BeAT POP eSP. Selain itu juga dilakukan program promosi Honda BeAT eSP khusus untuk para pengunjung Honda DBL 2016.

Agustinus Indraputra, General Manager Marketing Planning and Analysis Division mengatakan bahwa Kupang ini merupakan salah satu barometer kesuksesan Honda DBL dalam menarik minat pemuda tanah air.  “ Disini kami dapat melihat kecintaan masyarakat terhadap olahraga basket meningkat setiap tahunnya.  Kami ingin talenta olahraga yang paling digemari di tingkat SMA ini pun dapat mengantarkan mimpi pemuda tanah air hingga ke pelosok negeri untuk semakin mengasah bakat dan prestasinya. Harapan kami hal ini dapat menjadi kebanggaan bagi diri maupun bangsa melalui tim sebagai DBL Indonesia All-Star 2016.  Kami juga akan membina lebih lanjut tim terpilih ini untuk belajar dan bertanding dengan pebasket muda dari negara lain di kota Seattle, Amerika Serikat.” Ujar Agustinus Indraputra

Sementara itu Leo Wijaya, Direktur Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan pihaknya turut berbangga karena Honda DBL mengusung semangat untuk mengantarkan mimpi generasi penerus bangsa yang memiliki talenta basket hingga di pelosok nusantara untuk dapat berkiprah menjadi pebasket profesional masa depan. Pihaknya juga berharap Honda DBL tidak hanya mengantarkan mimpi putra bangsa untuk mengembangkan bakat dan prestasi di dunia olahraga basket, namun juga dapat menarik minat generasi muda terhadap olahraga basket untuk berkontribusi menciptakan generasi penerus bangsa yang berprestasi dan memiliki jiwa sportivitas tinggi dalam menjalani kehidupannya kelak.

“ Untuk kota Medan sendiri, perhelatan Honda DBL yang telah berlangsung pada Februari 2016 lalu telah melahirkan generasi juara basket yang baru yakni dari SMA Sutomo 1 Medan untuk Tim Putra, dan dari SMA Dr Wahidin Sudiro Husodo untuk Tim Putri “, ujar Leo Wijaya

Honda bekerjasama dengan dengan PT DBL Indonesia dan jaringan Main Dealer sepeda motor Honda menggelar Honda DBL secara konsisten setiap tahunnya hingga tahun ini memasuki tahun penyelenggaraan ke-9. Kompetisi menerapkan sistem student athlete dengan menempatkan pendidikan sekolah di atas segalanya. Hal ini merupakan salah satu syarat bagi pelajar yang mengikuti kompetisi  Honda DBL selain juga memiliki prestasi akademik yang bagus. Profesionalitas peserta saat kompetisi ini juga diuji. Mereka harus berperilaku baik, saat di lapangan maupun di luar area pertandingan. Selain itu dalam gelaran Honda DBL, penonton pun dilarang membawa rokok ke tempat pertandingan. Honda DBL 2016 akan memilih tim, pemain dan pelatih terbaik di setiap kota untuk bersaing di level internasional.

Tahun ini  Honda DBL digelar di 25 kota dimana kota Kupang merupakan gelaran ke-13 setelah dilaksanakan di beberapa kota besar di Indonesia. Hingga saat ini, Honda DBL telah diikuti 14.376 peserta dari 356 tim dari 13 kota. Total penonton maupun pendukung gelaran ini telah mencapai lebih dari 14 ribu penonton.

Selanjutnya, Honda DBL juga siap mewadahi prestasi pebasket muda Tanah Air di kota  Tangerang, Makassar dan Padang (28/6-5/8), Semarang (5-16/8), Solo (6-20/8), Jogja (12-27/8), Malang (12-30/8), serta dilanjutkan di kota Banjarmasin, Samarinda dan Jakarta (19-27/8). Para pemenang di setiap kota akan diuji kembali kompetensi basketnya pada babak utama di Surabaya (29/7-3/9). Rangkaian Honda DBL semakin sempurna membina bakat pebasket muda Indonesia dengan diadakannya Honda DBL Camp yang melatih fisik maupun mental para pebasket untuk bekal menjadi pebasket profesional. Acara ini akan berlangsung pada 4-7 September 2016.

No comments:

Post a Comment

Jumlah Pengunjung :