PT Astra Honda Motor (AHM) menggelar kompetisi basket pelajar Honda Development Basketball League (Honda DBL) hingga pelosok negeri di kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Kegiatan yang menjadi wadah penyaluran bakat anak muda pecinta basket ini mendapat animo tinggi para pelajar seiring tercatatnya peningkatan penonton dan pendukung gelaran Honda DBL Kupang.
Penyelenggaraan kegiatan bagi anak muda ini merambah pula ke
Kota Kupang, NTT dengan animo peserta maupun penonton terus merangkak naik
dengan hadirnya Honda DBL sejak 3 tahun silam di kota Kupang ini
(16-21/5). Di awal penyelenggaraannya, peserta Honda DBL Kupang tercatat
hanya 327 orang dalam 18 tim. Di 2016, angka peserta hampir berlipat ganda
hingga 537 orang dalam 20 tim.
Selain mendukung prestasi anak muda di bidang olahraga
basket, Honda bersama jaringan main dealernya juga menjadikan kegiatan Honda
DBL di Kupang maupun kota-kota lainnya sebagai sarana edukasi keselamatan
berkendara dengan tema BeAT eSP Riding Challenge. Para pelajar
pecinta basket ini mendapatkan pengalaman berkendara dengan aman dan nyaman
sebagai langkah awal penggunaan Surat Izin Mengemudi (SIM) secara bijak.
Peserta yang beruntung akan mendapatkan hadiah undian New Honda BeAT POP eSP.
Selain itu juga dilakukan program promosi Honda BeAT eSP khusus untuk para
pengunjung Honda DBL 2016.
Agustinus Indraputra, General Manager Marketing Planning and
Analysis Division mengatakan bahwa Kupang ini merupakan salah satu barometer
kesuksesan Honda DBL dalam menarik minat pemuda tanah air. “ Disini kami
dapat melihat kecintaan masyarakat terhadap olahraga basket meningkat setiap
tahunnya. Kami ingin talenta olahraga yang paling digemari di tingkat SMA
ini pun dapat mengantarkan mimpi pemuda tanah air hingga ke pelosok negeri
untuk semakin mengasah bakat dan prestasinya. Harapan kami hal ini dapat
menjadi kebanggaan bagi diri maupun bangsa melalui tim sebagai DBL Indonesia
All-Star 2016. Kami juga akan membina lebih lanjut tim terpilih ini untuk
belajar dan bertanding dengan pebasket muda dari negara lain di kota Seattle,
Amerika Serikat.” Ujar Agustinus Indraputra
Sementara itu Leo Wijaya, Direktur Indako Trading Coy selaku
main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan pihaknya turut
berbangga karena Honda DBL mengusung semangat untuk mengantarkan mimpi
generasi penerus bangsa yang memiliki talenta basket hingga di pelosok
nusantara untuk dapat berkiprah menjadi pebasket profesional masa depan.
Pihaknya juga berharap Honda DBL tidak hanya mengantarkan mimpi putra bangsa
untuk mengembangkan bakat dan prestasi di dunia olahraga basket, namun juga
dapat menarik minat generasi muda terhadap olahraga basket untuk berkontribusi
menciptakan generasi penerus bangsa yang berprestasi dan memiliki jiwa
sportivitas tinggi dalam menjalani kehidupannya kelak.
“ Untuk kota Medan sendiri, perhelatan Honda DBL yang telah
berlangsung pada Februari 2016 lalu telah melahirkan generasi juara basket yang
baru yakni dari SMA Sutomo 1 Medan untuk Tim Putra, dan dari SMA Dr Wahidin
Sudiro Husodo untuk Tim Putri “, ujar Leo Wijaya
Honda bekerjasama dengan dengan PT DBL Indonesia dan jaringan
Main Dealer sepeda motor Honda menggelar Honda DBL secara konsisten setiap
tahunnya hingga tahun ini memasuki tahun penyelenggaraan ke-9. Kompetisi
menerapkan sistem student athlete dengan menempatkan pendidikan sekolah di
atas segalanya. Hal ini merupakan salah satu syarat bagi pelajar yang mengikuti
kompetisi Honda DBL selain juga memiliki prestasi akademik yang bagus.
Profesionalitas peserta saat kompetisi ini juga diuji. Mereka harus berperilaku
baik, saat di lapangan maupun di luar area pertandingan. Selain itu dalam
gelaran Honda DBL, penonton pun dilarang membawa rokok ke tempat pertandingan.
Honda DBL 2016 akan memilih tim, pemain dan pelatih terbaik di setiap kota
untuk bersaing di level internasional.
Tahun ini Honda DBL digelar di 25 kota dimana kota
Kupang merupakan gelaran ke-13 setelah dilaksanakan di beberapa kota besar di
Indonesia. Hingga saat ini, Honda DBL telah diikuti 14.376 peserta dari 356 tim
dari 13 kota. Total penonton maupun pendukung gelaran ini telah mencapai lebih
dari 14 ribu penonton.
Selanjutnya, Honda DBL juga siap mewadahi prestasi pebasket
muda Tanah Air di kota Tangerang, Makassar dan Padang (28/6-5/8),
Semarang (5-16/8), Solo (6-20/8), Jogja (12-27/8), Malang (12-30/8), serta
dilanjutkan di kota Banjarmasin, Samarinda dan Jakarta (19-27/8). Para pemenang
di setiap kota akan diuji kembali kompetensi basketnya pada babak utama di
Surabaya (29/7-3/9). Rangkaian Honda DBL semakin sempurna membina bakat
pebasket muda Indonesia dengan diadakannya Honda DBL Camp yang melatih fisik
maupun mental para pebasket untuk bekal menjadi pebasket profesional. Acara ini
akan berlangsung pada 4-7 September 2016.
No comments:
Post a Comment