Di tengah melemahnya pasar sepeda
motor nasional, Honda Scoopy tetap laris dibeli pecinta skutik Tanah Air. Hal
ini terlihat dari penjualannya yang tumbuh hingga 8,5% dalam 5 bulan pertama
tahun ini dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Permintaan terhadap
skutik fashionable unik ini semakin meningkat setelah PT Astra Honda Motor
(AHM) meluncurkan model terbaru All New Honda Scoopy eSP yang telah
mengaplikasikan Honda Smart Technology dengan beragam fitur terbaik di
kelasnya.
Berdasarkan data Asosiasi
Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), penjualan sepeda motor nasional pada
periode Januari-Mei 2015 tercatat 2.599.448 unit atau melemah 24,7% dibandingkan dengan
penjualan pada periode yang sama tahun lalu sebesar 3.451.377 unit.
Kondisi ini berbanding terbalik dengan penjualan Honda Scoopy yang tumbuh
sebesar 8,5% dengan angka penjualan 125.697 unit, jika dibandingkan dengan
periode yang sama pada 2014 yang hanya 115.849 unit.
General Manager Sales Division
AHM Thomas Wijaya mengatakan perusahaan berusaha terus menjawab perubahan minat
dan kebutuhan konsumen di tengah kondisi pasar yang semakin melemah akibat
menurunnya daya beli masyarakat. Salah satunya dilakukan dengan meluncurkan
model terbaru All New Honda Scoopy eSP pada April lalu.
"Ini merupakan masa yang
sulit bagi industri otomotif khususnya sepeda motor. Kami harus mahir melihat
peluang dan membaca kebutuhan masyarakat. Adanya pertumbuhan terhadap penjualan
Honda Scoopy merupakan salah satu respon positif terhadap produk All New Honda
Scoopy eSP yang baru saja kami luncurkan.”ujar Thomas Wijaya
Sementara itu, Leo Wijaya,
General Manager Indako Trading Co selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera
Utara mengungkapkan pengaplikasian Honda Smart Technology pada generasi terbaru
New Honda Scoopy eSP merupakan bagian dari komitmen Honda untuk mengaplikasikan
teknologi-teknologi pintar Honda pada semua skutik Honda yang dipasarkan di
Indonesia.“ Kami yakin
New Scoopy eSP akan semakin dicintai pecinta skutik fashionable unik di
Indonesia.” ujar Leo Wijaya
All New Honda Scoopy eSP mengaplikasikan eSP
(Enhance Smart Power) pada mesin 110cc terbarunya, sehingga mampu memaksimalkan
pembakaran secara efisien dan meminimasi gesekan. Teknologi eSP terintegrasi
dengan ACG Starter untuk menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara, serta
menjadi dasar pengaplikasian fitur canggih Idling Stop System (ISS).
Dengan disematkannya rangkaian
teknologi terbaik pada Honda Smart Technology, New Honda Scoopy eSP menyuguhkan
performa yang lebih baik. Akselerasinya lebih baik dari generasi sebelumnya
menjadi 12,98 detik pada jarak 0-200m dengan top speed hingga 91,6 km/jam.
Konsumsi bahan bakarnya menjadi semakin irit di kelasnya yaitu 61,9 km/liter
(metode ECE R40) dengan mengaktifkan fitur Idling Stop System (ISS). Bahkan
pada touring Honda AT Smart Adventure Jawa-Madura-Bali-Lombok yang digelar
bulan lalu, model ini mampu mencatatkan konsumsi BBM hingga 70,5 km/liter yang
dicapai pada jalur Probolinggo – Jember, Jawa Timur.
New Honda Scoopy eSP memiliki
konsep stripe terbaru yang lebih unik pada kedua tipe yaitu Sport Active dan
Stylish Elegant. Beragam teknologi dan fitur canggih melengkapi tampilan
terbaru skutik Honda ini seperti Projector Headlight, Answer Back System, dan ban
tubeless yang menambah kenyamanan saat berkendara.
Pangsa Pasar 68,1%
Pada periode Januari-Mei 2015,
penjualan sepeda motor Honda terjual sebanyak 1.769.305 unit atau menguasai
pangsa pasar 68,1%. Jenis motor skutik Honda terjual 1.521.325 unit sehingga
semakin memperkokoh posisinya sebagai raja skutik nasional dengan 76,8% pangsa
pasar. Selain melalui Honda Scoopy, pencapaian penjualan skutik Honda ini juga
disumbang oleh All New Honda BeAT eSP sebesar 826.262 unit, Honda Vario series
sebesar 563.526 unit, Honda Spacy sebesar 4.095 unit, dan Honda PCX sebesar
1.755 unit.
Di segmen bebek atau cub, sepeda
motor Honda terjual 157.150 unit dengan penguasaan pangsa pasar 46,7%.
Penjualan di segmen ini disumbang oleh penjualah Honda Supra series sebesar
80.589 unit, Honda Revo series sebesar 62.132 unit, dan Honda Blade sebesar
14.429 unit.
Sementara di segmen sport,
jajaran motor sport Honda mampu terjual sebanyak 90.820 unit dengan pangsa
pasar 32,1%. Penjualan terbesar diperoleh dari Honda Verza 150 sebesar 35.346
unit, Honda CB150R StreetFire sebesar 25.397 unit, Honda CBR series sebesar
26.242 unit, dan Honda MegaPro sebesar 3.835 unit.
No comments:
Post a Comment