Tuesday, August 31, 2010

Sejarah Matik di Tangan Honda


Dua jempol untuk Honda!! Saat yang lain masih disibukin dengan motor matik.. Honda tampil istimewa, menjadi yang pertama dalam memperkenalkan bebek matik di Indonesia Revo Techno AT. Bebek matik ini pantas menjadi pilihan istimewa bagi mereka yang menginginkan kelincahan dan hehandalan setangguh bebek serta kenyamanan matik karena tidak perlu menggunakan gigi transmisi. Artinya bodinya bebek, mesinnya matik….. Jadinya klop khan…

Dengan kehadiran Revo Techno AT, menjadikan pabrikan berlambang sayap mengepak ini trendsetter Bebek Matik pertama di Indonesia…. Dalam sejarah produksi dunia pun , merk peraih penghargaan favourite remaja Indonesia ini juga mendahului merk Jepang lainnya dalam hal penerapan teknologi matik.


Berikut … Sejarah Matik

Sulit dipercaya, ide motor matik lahir dari ide seorang seniman? Konsep dasar mekanisme CVT ( baca mesin matik ) sudah dibayangkan Leonardo da Vinci dalam coretan gambarnya. CVT jenis torodial baru pertama kali dipatenkan di Eropa pada tahun 1886, dan di Amerika Serikat pada tahun 1935.

Mendahului pabrikan vespa dan merk JEPANG LAINNYA, Honda memproduksi skutik bertenaga 50cc, FC50 di jepang. Uniknya, dikenal dengan julukan Honda Beat(lets get the beat jaman dulu he). Motor dengan rem tromol depan belakang ini udah dilengkapi dengan starter elektrik, mampu mencapai top speed 60 km/h.


Sejarah Motor Matic di Indonesia

Vespa Corsa mengawali masuk ke Indonesia dengan mengadopsi bentuk PK125 Automatica. Mesinnya 125cc, dengan 2-tak. Sayang, produksinya berakhir pada tahun 2006. Merk kedua yang memperkenalkan matik adalah Kymco Jetmatic yang dirilis pertama kali di Indonesia. Inilah bentuk dasar skutik modern yang sampai sekarang terus dipertahankan.

Sebagai trendsetter matik dunia di antara merk Jepang lainnya, Honda memang bukan merk pertama yang tertarik memperkenalkan teknologi matik di Indonesia…. Namun dengan keseriusan yang dilakukan kurang dari empat tahun, pabrikan peraih Rekor MURI sebagai pemimpin pasar lebih dari 30 tahun ini kini merajai matik di Indonesia….

Merk penyapu bersih penghargaan kategori ‘paling irit’ otomotif award ini mulai
memperkenalkan matik di Indonesia tapi menjadi yang terbaik dengan memperkenalkan Vario dan BeAT yang di lengkapi pengaman cagak samping…. Fitur ini ngak bakal berganti nama pengendaranya dengan diteriakin ‘ cagak samping, cagak samping’ saat sering lupa menaikkan cagak samping.

Kok Bisa ? Karena matik Honda tidak dapat dihidupkan kalau pengendara lupa menaikkan cagak samping ….. Yang pasti lebih aman dan ternyata hanya ada di matiknya Honda. Kehadiran Honda BeAT dan Vario juga semakin diterima karena memiliki Parking Brake Lock layaknya rem tangan di mobil untuk memudahkan parkir dan jalan di tanjakan….. Yang jelas, fitur ini ngak bakal kita dapetin di merk lain. Di tahun 2009 Honda kembali mengebrak dengan kehadiran system rem combi brake pertama di Indonesia di type fenomenalnya Honda Vario Techno.

Tahun 2010 menjadi tahun keemasan Honda di kelas matik, Tentu kita harus setuju, Honda berhasil membuat jatuh hati jutaan remaja hingga rela menunggu tiga bulan akibat permintaan Honda Scoopy yang melonjak dan demikian juga kehebohan hadirnya matik premium Honda PCX akhir Juli yang lalu dengan seabrek teknologi canggih diantaranya Idling Stop system. Teknologi ini menjadikan mesin Honda PCX dapat berhenti secara otomatis jika saat pengendara berhenti di lampu merah dan untuk menghidupkan kembali tidak perlu melakukan starter ulang.

Pabrikan yang mengutakan keselamatan pengendaranya ini pantas berbangga menjadi bagian sejarah Bebek matik…. Honda Revo Techno menjadi pilihan terbaik dan berkualitas dengan teknologi terkini dan memberikan kenyamanan matik namun dengan kehandalan bebek.

1 comment:

Jumlah Pengunjung :