Tidak hanya sebagai moda transportasi semata, namum saat ini sepeda motor telah menjelma menjadi salah satu kebutuhan penting masyarakat di tanah Air. Bahkan peran motor sebagai sarana transportasi yang mudah dan cepat juga tidak hanya sekedar bagian dari gaya hidup masyarakat perkotaan, namun kini sepeda motor telah menjadi bagian dari mata pencaharian.
Begitu penting dan besarnya fungsi sepeda motor bagi
masyarakat Indonesia, maka perlakuan perawatannya pun harus menjadi sebuah
prioritas. Karena itu, penting pula untuk menentukan tempat pemeriksaan dan
perawatan rutin sepeda motor yang tepat.
Min Hian, Technical Service Manager PT Indako
Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara (Sumut) mengungkapkan,
setiap bengkel tentu ada nilai plus dan minusnya, namun dengan melakukan
perawatan dan pemeriksaan rutin di bengkel resmi Astra Honda Authorized Service
Station (AHASS) adalah pilihan bijaksana, karena dengan jargon Servis Pasti
Dari Yang Ahli tentunya AHASS akan memberikan jaminan kualitas pada hasilnya.
Menurut Min Hian, selain karena para mekaniknya yang
terlatih dan terstandarisasi sesuai dengan teknologi sepeda motor Honda, AHASS
juga dilengkapi dengan alat kerja modern berstandar Honda, sehingga pengerjaan
dilakukan dengan detail, presisi, cepat dan efisien. Selain itu, AHASS memiliki
prosedur kerja berstandar tinggi dimana selalu berorientasi pada kepuasaan
konsumen.
Sekilas, Honda akan menjelaskan proses singkat saat
para pemilik motor Honda yang melakukan perawatan motor kesayangan secara
berkala di AHASS. Pertama, setelah dilakukan wawancara singkat dengan pemilik
sepeda motor, Service Advisor akan melakukan analisa dan pemeriksaan sepeda
motor konsumen. Kemudian Service Advisor akan memberikan penjelasan mengenai
kondisi sepeda motornya serta saran perbaikan atau penggantian komponen yang
akan dilakukan beserta estimasi biaya dan lama pengerjaan.
Kedua, sebelum melakukan penggantian komponen,
Service Advisor akan menginformasikan tentang hal tersebut kepada pemilik
sepeda motor dan merekomendasikan komponen pengganti yang sesuai standar Astra
Honda Motor (AHM). Selain itu, Service Advisor juga akan menginformasikan
kepada konsumen jadwal perawatan berkala pada Buku Pedoman Pemilik jika memang
perlu dilakukan penggantian komponen pada sepeda motor.
Ketiga, seluruh pekerjaan dan penggantian komponen
yang akan dilakukan oleh mekanik AHASS, harus mendapat persetujuan konsumen
terlebih dahulu. Hal ini akan membantu konsumen agar dapat mengestimasi biaya
maupun waktu yang dibutuhkan saat akan melakukan perawatan sepeda motor.
Keempat, komponen lama yang sudah diganti akan
dikembalikan kepada konsumen. Termasuk cairan pendingin atau oli baru yang
tersisa untuk memastikan kepada konsumen bahwa komponen lama pada sepeda
motornya benar-benar diganti dengan yang baru.
Guna meningkatkan kualitas layanan demi kepuasan
konsumen, AHASS terus berinovasi dalam menyediakan berbagai layanan sesuai
kebutuhan, seperti halnya menghadirkan program booking service via aplikasi
Honda Sumut yang dapat diunduh melalui google playstore pada android. Dimana
konsumen bebas memilih mau servis di AHASS dengan waktu yang disesuaikan dengan
waktu luang konsumen ataupun bisa booking servis di rumah, kantor atau tempat
lainnya apabila konsumen tidak mempunyai waktu servis di AHASS, namun tetap
bisa membuat janji booking servis diwaktu dan tempat yang dijanjikan. Ada juga
layanan Pit Express untuk konsumen yang
hanya mau ganti oli ataupun part tertentu yang tidak butuh waktu lama alias
expres.
No comments:
Post a Comment