PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan racikan baru CBR1000RR-R Fireblade SP untuk penggemar big bike di Tanah Air. Tidak tanggung, motor supersport berperforma tinggi ini menyapa dengan edisi khusus merayakan 30 tahun kehadiran Fireblade, atau disebut CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary.
CBR1000RR-R Fireblade SP
menjadi salah satu ikon terbaik sepeda motor berperforma tinggi Honda, yang
hadir sebagai episentrum filosofi Total Control. Kehadirannya siap menawarkan
pengendalian sempurna dan sensasi berkendara yang memacu adrenalin layaknya
tunggangan MotoGP yang bisa dikendarai di jalan raya.
Masih terinspirasi dari
Honda RC213V MotoGP dan RC213V-S, CBR1000RR-R Fireblade SP mengusung berbagai
daya tarik. Di antaranya rombakan saluran udara masuk (intake system)
untuk menaikkan performa mesin pada putaran menengah, serta penambahan
gigi sprocket belakang untuk perbaikan akselerasi dan menambah
rigiditas handling.
Identitas merayakan
kehadiran Fireblade sejak 1992 didapat dari penampilan berbagai sektor. Mulai
dari pemilihan warna kombinasi merah, putih, dan biru (Tricolor) untuk beberapa
bagian, ditambah detail penanda edisi spesial 30 tahun yang dipasang pada
banyak detail sepeda motor.
Marketing Director AHM
Thomas Wijaya menyampaikan CBR1000RR-R Fireblade SP edisi spesial 30 tahun ini
hadir dengan kesempurnaan menyeluruh untuk para pecinta big bike di Indonesia,
terutama yang menginginkan sepeda motor berfitur terbaik, serta ingin merasakan
sensasi berkendara maksimal di sirkuit.
Sementara itu Gunarko
Hartoyo, Corporate Communication and Sales Manager PT Indako Trading Coy selaku
main dealer Honda di wilayah Sumut mengungkapkan sangat menyambut baik
kehadiran racikan baru CBR1000RR-R Fireblade SP untuk penggemar big bike di Tanah Air, termasuk
Sumatera Utara. Menurutnya, CBR1000RR-R Fireblade SP Edisi Spesial 30 tahun
akan memberikan pengalaman berkendara tertinggi yang didukung layanan dengan terbaik
di jaringan Big Wing Honda yang siap memberikan layanan premium bersama tim
terlatih untuk menemani pecinta flagship
big bike Honda.
CBR1000RR-R Fireblade SP
mengusung desain aerodinamis dan agresif yang melegenda dari motor supersport
Honda. Desainnya agresif dengan minim area frontal agar menambah aerodinamika.
Hampir semua bagian diciptakan untuk mendapatkan downforce maksimal
saat berakselerasi, mengerem, dan bermanuver.
Headlight full LED semakin tajam mempertegas kesan
futuristik. Terdapat winglet yang diadopsi dari Honda RC213V
untuk menambah downforce, membuat sepeda motor tetap stabil saat
berakselerasi, atau melaju kencang saat keluar dari tikungan.
Tak hanya itu, DNA motor
balap juga tercermin dari aplikasi Air-ram Duct (lubang udara) di bagian depan
yang mengalirkan udara segar langsung menuju airbox. Bagian dalam
saluran udara masuk didesain ulang untuk mendapatkan suplai udara yang lebih
sempurna, mendukung tujuan keseluruhan peningkatan performa pada putaran mesin
menengah.
Cover tangki bahan bakar tetap berdesain ergonomis,
agar pengendara bisa mendapatkan posisi paling ideal untuk mengurangi hambatan
angin. Sasis utama CBR1000RR-R SP menggunakan bahan aluminium, mendekap mesin
lebih baik untuk memperbaiki kelincahan berkendara.
Sementara itu, jarak sumbu
roda (wheelbase) yang sebelumnya 1.455 mm, kini dibuat lebih panjang,
yakni 1.460 mm. Hal ini dikarenakan sprocket gigi belakang
ditambahkan 3 gigi (dari 40 menjadi 43), untuk menambah akselerasi saat
dibutuhkan pada putaran menengah. Wheelbase yang lebih panjang
ini juga membuat adanya perbaikan pada sisi kestabilan berkendara dalam
kecepatan tinggi. Semua informasi pada panelmeter ditunjukkan dengan versi full
digital dari layar TFT, bisa dipilih lima mode display sesuai
selera dan kebutuhan pengendara.
Edisi Spesial 30 Tahun
Sebagai penanda bahwa model
yang dihadirkan Honda adalah edisi spesial merayakan ulang tahun Fireblade yang
ke-30, terdapat beberapa ciri khusus pada detail sepeda motor. Warna dasar bodi
putih, diberi aksen grafis warna biru pada sepatbor depan serta bagian
belakang. Kombinasi merah-biru terdapat pada bagian tangki, bodi samping dan
depan, serta fairing. Semua ini disematkan demi mendapat identitas
Honda Tricolor yang sudah ada sejak pertama kali Fireblade dilahirkan.
Ketika memutar kunci kontak
sebelum menyalakan mesin, pengendara akan disapa dengan tulisan khusus edisi 30
tahun pada layar panel. Lalu pada bagian setang, juga terdapat penanda
berupa serial number yang digoreskan menggunakan laser. Ciri
lain, smart key sepeda motor ini juga sudah mendapatkan
tulisan khusus edisi 30 tahun, termasuk juga pada bagian atas penutup tangki
bahan bakar, serta goresan laser pada silencer (knalpot)
Akrapovic-nya.
Performa Mumpuni
CBR1000RR-R Fireblade SP
mengusung sebuah level baru dari performa mesin 4 silinder paling bertenaga
dengan konfigurasi yang sama dengan Honda RC213V. Semua fitur yang
diaplikasikan pada model ini pun bertumpu pada mesin dan teknologi sasis yang
mendukung sensasi berkendara di sirkuit.
Mesin 999,9 cc DOHC 4-silinder
inline mengalami banyak peningkatan dibandingkan generasi sebelumnya.
Konfigurasi mesin ini sama persis dengan RC213V (bore x stroke : 81 mm x 48,5
mm). Tenaganya maksimal tercatat 160 kW (215 hp) @14.500 rpm, dan torsi
maksimal mencapai 112 Nm @12.500 rpm. Piston terbuat dari bahan aluminium tempa
(Forged Aluminium). Masing-masing komponen tersebut (terdapat 4 buah)
berbobot lebih ringan 5 persen dibadingkan model sebelumnya, sekaligus
menaikkan kekuatan dan ketahanannya. Detail lain, camshaft diberi
lapisan khusus yang disebut Diamond Like Carbon (DLC) untuk mengurangi friksi
hingga 35 persen jika dibandingkan dengan komponen yang sama tanpa lapisan
DLC. Connecting rods (konrod) menggunakan bahan titanium,
sehingga bagian ini bobotnya berkurang 50 persen.
Teknologi terdepan
pada superbike ini adalah Built-in Bottom Bypass, sistem
sirkulasi air pendingin yang dialirkan lansung dari radiator tepat menuju
komponen utama ”water jacket”. Lalu, terdapat New Multi-point
Piston Jet, teknologi yang mampu menyemprotkan pelumas pendingin pada
piston dari berbagai arah. Tugasnya menjaga temperatur piston dan mengurangi
gesekan berlebih.
Fitur Canggih
Performa tinggi sektor
dapurpacu diimbangi dengan hadirnya peranti elektronik paket lengkap.
CBR1000RR-R Fireblade SP dibekali sistem bukaan gas (throttle) via electrical
wire yang presisi, akrab disebut Throttle by Wire. Sensor advance Inertia
Measurment Unit (IMU) 6-Axis mampu mengukur posisi sepeda motor dalam
enam axis (sumbu). Peranti ini bekerja bersama Honda
Electronic Steering Damper (HESD) yang mempunyai tiga mode pengaturan (hard,
medium, soft), berguna untuk menambah stabilitas berkendara pada kecepatan
tinggi dan menikung.
Kemampuan sepeda motor
sangat fleksibel dengan Riding Mode yang mempunyai tiga mode. Masing-masing
mode akan mengatur untuk besaran tenaga (1-5), kontrol torsi HSTC (1-9), engine
brake (1-3), wheelie control (1-3), dan suspensi
(1-3). Paket tersebut semakin lengkap dengan hadirnya fitur Wheelie Control
yang mencegah CBR1000RR-R Fireblade SP terangkat ban depannya karena
berakselerasi terlalu cepat. Hal ini masih ditambah lagi dengan Rear Lift
Control yang meniadakan potensi ban belakang terangkat karena mengerem terlalu
dalam.
Satu hal lagi yang
menjadikan CBR1000RR-R Fireblade SP berada di kelas tertinggi, adanya fitur
Start Mode. Sistem ini menjaga putaran mesin (rpm) tetap konstan saat melakukan
start, memungkinkan pengendara berkonsentrasi pada pengoperasian kopling agar
start semakin optimal. Peranti ini mampu membatasi putaran mesin maksimal
sesuai keinginan (6.000-10.000 rpm).
Fitur Assist & Slipper
Clutch menjadi peranti standar, untuk memperingan pengoperasian kopling dan
menghilangkan efek ban terkunci saat terjadi engine brake karena
pengurangan gigi. Tipe SP ini dibekali Quick Shifter yang membuat perpindahan
gigi naik-turun semakin cepat dan tanpa effort berlebih.
Suspensi depan menggunakan tipe Inverted Telescopic Ohlins Smart-EC, dan tipe
Pro-Link with Gas Chamber Ohlins Smart-EC di belakang. Keduanya bisa di-adjust via setting-an
mode berkendara.
Sementara itu, di sisi
penghentian laju, rem depan memakai Brembo Dual Front Disc Brake Radial 4
piston 330mm. Bagian belakang menggunakan peranti rem Brembo 2 piston 220mm.
Peranti Anti-Lock Braking System (ABS) terdapat dua mode yang bisa dipilih.
Mode Sport untuk penggunaan jalanan, dan mode Track untuk penggunaan di sirkuit
yang meningkatkan kekuatan pengereman. Lengan ayun (swingarm) dibangun
dari bahan dasar alumunium. Dimensinya 30,5 mm lebih panjang dibandingkan
Fireblade generasi terdahulu, namun bobotnya sama. Knalpot menggunakan hasil
kolaborasi antara Honda dan Akrapovic berbahan titanium.
No comments:
Post a Comment