Peta persaingan motor matik big scooter kubikasi 150-an cc di Indonesia beberapa tahun belakangan menyoroti Honda PCX yang hadir dengan mesin 160 cc yang superior dibanding persaing terdekatnya . Setidaknya pada kuartal terakhir 2021 , penjualan PCX menanjak 75.9 % dibanding kuartal yang sama tahun lalu di Sumatera Utara dengan angka penjualan 2700 unit berkat kehadiran generasi mesin 160 cc paling barunya.
Ternyata tidak hanya volume mesin yang menjadi alasan PCX
semakin banyak peminatnya saat ini, berikut sejumlah hal yang menjadi matic
besar dari pabrikan sayap mengepak Honda ini. PCX terbaru saat ini dijejali
mesin dengan kubikasi yang lebih besar jika tadinya 149 cc sekarang menggunakan
mesin eSP+ 156,9 cc dengan konfigurasi 4 katup SOHC, 1-silinder, pendingin
cairan, dan pengabut injeksi. Racikan mesin itu mampu memuntahkan tenaga
maksimal 15,8 dk pada 8.500 rpm dan torsi puncak berkisar 14,7 Nm pada 6.500
rpm. Selain kapasitas mesin yang membengkak, dapur pacunya juga mengalami over
bore dengan diameter piston 60 mm dan langkah piston 55,5 mm. Kompresi pun
meningkat dari 11,5:1 menjadi 12:1. Jika dibandingkan dengan pemainnya yang
hanya memiliki tenaga maksimal 15,1 dk di 8.000 rpm dan torsi puncakya berkisar
13,9 Nm, maka perbedaan output ada gap sekitar 0,7 daya kuda dan 0,8 Nm dengan
pesaingnya.
Walaupun dengan mesin baru performa lebih tinggi, namun dari
sisi kiriman, mesin terbaru dari Honda PCX ternyata berdampak positif soal
keiritan bahan bakarnya. Klaim pabrikan motor ini memiliki efisien BBM
menyentuh 45 kilometer per liter. Torehan itu diraih lewat pengujian metode
EURO3 dengan bantuan fitur Idling Stop System yang aktif.
Soal volume tangki bahan bakar, Honda PCX 160 juga lebih
besar karena memiliki daya tampung 8,1 liter. Sementara pesaingnya hanya
memiliki kapasitas angkut BBM 7,1 liter saja
Bukan cuma mesin yang direvisi, sektor sasis juga diubah oleh
pabrikan. Dari gambar yang dipaparkan oleh Honda Jepang frame dari PCX lebih
ringkas utamanya pada bagian belakang. Ukuran bantalan atau dudukan diubah menjadi
95 mm yang berimbas pada kestabilan motor ketika dipakai di jalan yang tak
rata.
Nah dari ubahan sasis ini juga turut merevisi volume bagasi
Honda PCX 160. Jika masih ingat, PCX versi mesin 150 cc hanya memiliki daya
tampung 28,8 liter bahkan paling besar di kelasnya saat itu. Sekarang dengan
konstruksi sasis baru PCX punya volume bagasi mencapai 30 liter, masuk helm
tipe full face dan masih bisa diisi barang bawaan berdimensi kecil seperti jas
hujan, tas mungil, atau sarung tangan. Sementara bagasi dari pesaingnya hanya
memiliki volume 24 liter saja. Artinya ada selisih sampai 6 liter lebih besar
Honda PCX. Di sektor ini jadi hal mengapa PCX lebih baik ketimbang rivalnya.
Gunarko Hartoyo, Corporate Communication and Sales Manager PT
Indako Trading Coy , Main Dealer Honda Sumut mengungkapkan PCX dihadirkan
dengan sejumlah keunggulan yang memberikan kebanggaan lebih bagi penggunanya
terutama desainnya yang mewah serta kenyamanan bagi penggunanya.
No comments:
Post a Comment