Kreatifitas anak muda
saat ini menjadi kunci penting dalam menyampaikan pesan edukasi yang kreatif
dan mengispirasi. Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) mendapatkan 101 karya video unik dan kreatif
karya insan muda creator berbakat dalam ajang kreatifitas Short Movie
Contest (SMC) 2021. Antusias tinggi peserta
kontes ini semakin menguatkan peran penting anak muda dalam edukasi keselamatan
berkendara di tengah masyarakat.
Short
Movie Contest (SMC) 2021 merupakan salah
satu gerakan Road Safety Campaign yang digulirkan Yayasan AHM untuk terus
berupaya untuk menghadirkan budaya keselamatan berkendara yang aman dan nyaman
di Indonesia, kendati di
masa pandemi. Para Content Creator muda menyuguhkan banyak karya kreatif film
pendek berdurasi 3 hingga 5 menit bertema “Berkendara Aman dan Nyaman” pada gelaran yang berlangsung pada
periode 26 Maret – 28 Mei 2021. Pada ajang ini, para peserta membuat konten video kreatif menggunakan
kamera professional seperti SLR/Mirrorless
ataupun kamera handphone dan
juga software editing video yang dikuasai.
Proses penjurian SMC 2021 dilakukan oleh para dewan
juri dari content
creator professional dan perwakilan manajemen Honda.
Dengan memperhatikan
beberapa aspek penilaian seperti kesesuaian tema, konsep film, bahasa, kreativitas
tampilan dan metode penyampaian yang kekinian, terpilih 3 karya
anak muda kreatif terbaik dan 3 video terfavorit pilihan masyarakat. Yayasan AHM juga mengapresiasi 20 pengirim
video pertama yang dikirim pada
awal periode kontes. Short Movie Contest (SMC) 2021 menyiapkan total hadiah sebesar Rp38
juta untuk para kreator
video berbakat dari seluruh Indonesia. Para pemenang ajang
ini, mendapat apresiasi
uang tunai Rp12 juta bagi
juara pertama, Rp8 juta bagi
juara kedua, dan Rp5 juta bagi juara ketiga.
Sementara itu juara terfavorit pilihan publik mendapatkan hadiah sebuah Smartphone.
Ketua
Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan generasi muda berperan besar dalam menyebarkan
pesan positif di era milenial
ini. Menurutnya jika 1 video karya content creator muda ini ini
dilihat 500-600 orang, maka ajang yang menghasilkan 101 video kreatif ini tentunya
bisa menyampaikan pesan keselamatan berkendara kepada setidaknya lebih dari 60
ribu orang.
“Kami berharap generasi
muda kreatif ini dapat terus konsisten membuat konten yang menarik
di media sosialnya. Kami akan terus mendukung penyebaran pesan berkendara aman
dan nyaman di jalan raya,”
ujar Muhibbuddin.
Sementara
itu Gunarko Hartoyo, Corporate Communication and Sales Manager PT Indako
Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan dengan semangat Satu Hati,
pihaknya
sangat menyambut baik ajang kreatifitas
Short Movie Contest (SMC) 2021 yang merupakan bagian dari upaya Yayasan AHM dalam
mengampanyekan budaya aman berkendara dengan bahasa, gaya anak muda saat ini, termasuk
melalui video
yang digemari generasi muda saat ini.
Khas Anak Muda
Setelah
melalui proses seleksi yang ketat dari berbagai karya peserta yang penuh
kreatifitas, juara pertama diraih oleh STM Project Community
melalui karya kreatif berjudul “A Journey Dara Dira” yang menceritakan gaya liburan yang aman dan menyenangkan ke Danau
Rupang Kalimantan Barat ditemani sepeda motor Honda BeAT. Pesan bekendara aman
dikemas dalam video khas anak muda yang
kekinian.
Konten
menarik juga ditunjukkan pada peraih juara kedua yaitu Shot & Chill
Production dengan judul film pendek “Bingung”. Konten video menceritakan kisah
kekuatiran akan bahaya menjemput kekasih pulang kerja namun tidak memenuhi
prinsip berkendara aman. Alur cerita yang menarik menimbulkan rasa penasaran
untuk mengkiti film ini hingga akhir. Peraih juara ketia diraih oleh Wahid
Shofauzadi & Fairul Umam dengan judul “Liburan Bersama Honda” yang
bercerita tentang seorang traveller dalam melakukan perjalan liburan ke gunung dengan berbagai cerita suka
dan duka selama perjalanan. Film ini begitu detail memaparkan persiapan yang
harus dilakukan biker sebelum berpetualang naik motor.
Yayasan AHM juga
mengapresiasi 3 video
terfavorit diraih oleh Tinari Production judul film “Masa
Depanku”, Bintang Catur dengan judul “Pesan Ibu” dan Azhar Riau Pamungkas
dengan judul “Naga”. Film pendek favorit dan film pemenang kegiatan ini dapat
disaksikan di channel Youtube Sahabat Satu Hati.
No comments:
Post a Comment