Ajang apresiasi
dan kompetisi ide bisnis kreatif anak muda Astra Honda Motor Best Student
(AHMBS) 2019 siap digelar lagi oleh PT Astra Honda Motor (AHM) dan jaringan
main dealernya. Kali ini para alumni AHMBS yang telah sukses melahirkan
karya-karya kreatif akan mengawali kegiatan ini dengan berbagi ilmu dan
pengalaman mengantarkan karyanya menjuarai kompetisi antar pelajar SLTA
berprestasi dari sekitar 250 sekolah di Indonesia.
AHMBS 2019 merupakan upaya Honda dan
seluruh jaringannya untuk menghadirkan bibit enterpreneur muda kreatif yang
telah merintis dunia usaha di usia sekolah. Tahun ini, kegiatan untuk
anak muda ini mengusung tema Creativepreneur Gen Milenial.
Pelajar yang mengikuti kompetisi
ini akan diuji memaparkan ide dan pengalamannya berwirausaha. Kriteria yang
akan dijadikan barometer penilaian antara lain meliputi tingkat kebaruan ide
dan produk, peningkatan kualitas dan kreativitas produk di pasar, dampak bisnis
bagi masyarakat, pencapaian bisnis yang tercermin dari penjualan, biaya, serta
keuntungan. Selain itu, dinilai juga kemampuan dalam strategi bisnis, analisis
pasar, analisis persaingan, dan pengelolaan hubungan pelanggan.
Seleksi peserta AHMBS tahun ini
semakin ketat. Penilaian dilakukan secara komprehensif terhadap kemampuan
generasi muda yang memiliki minat berwirausaha ini dalam mengelola bisnis mulai
dari aspek pemasaran, keuangan, operasional, dan SDM. Mereka pun juga harus
mampu menyusun sistematika proposal bisnis secara jelas dan terperinci yang
menggambarkan model bisnis kepada para calon investor dalam simulasi bisnis.
General Manager Corporate
Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengungkapkan AHMBS diharapkan dapat
menjadi pendorong dan inspirasi bagi generasi muda untuk mengembangkan ide
kreatif melalui bisnis yang tumbuh berkesinambungan dan dapat berkontribusi di
daerahnya masing-masing. “Creativepreneur
perlu dikembangkan di kalangan generasi milenial saat ini sehingga lahir
ide-ide segar dan kreatif yang tidak hanya memberikan keuntungan pada siswa
tapi juga orang-orang di sekelilingnya,"
ujarnya.
Sementara itu
Leo Wijaya, Direktur PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di Sumatera
Utara (Sumut) mengungkapkan bahwa AHMBS menjadi ajang yang ditunggu para pelajar
berprestasi di tanah air, tidak terkecuali di wilayah Sumut. “ Melalui
kompetisi AHMBS, Honda sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan positif para
gen millennial yang ingin terus maju dan mengembangkan potensi yang dimiliki
daerahnya, “ ujar ujar Leo Wijaya.
Penyaringan AHMBS 2019 akan
dilakukan tidak hanya melalui penyajian presentasi dan makalah, namun juga
melalui video kreatif melalui sosial media. Materi ini akan diunggah sejak Juni
2019 di akun media sosial peserta dan instagram @Sahabat1Hati dan
@welovehonda_id.
Seleksi juga
akan dilakukan dengan
ketat karena setiap pelajar ini harus sudah memiliki usaha yang sudah dirintis
dengan dilakukan di penjurian secara regional dan nasional dengan juri
profesional bekerjasama dengan salah satu kampus bisnis terbaik di Indonesia,
yaitu PPM School of Management.
Bisnis Online
Dalam kompetisi AHMBS yang
diawali dengan seleksi di setiap daerah, para peserta ditantang tidak hanya
mengikutsertakan bisnis yang sudah dijalani, namun juga dari segi kemampuan
memasarkan bisnisnya melalui sosial media. Kemampuan dalam memasarkan bisnis di
media sosial dapat menjadi kesempatan emas bagi peserta kompetisi AHMBS untuk
maju ke babak final. Satu siswa dengan video terbaik pilihan juri AHM akan
mendapatkan Golden Ticket yang secara otomatis masuk tahap presentasi final
enam besar di Jakarta. Peserta terbaik dalam kriteria ini harus memenuhi unsur
penilaian kreativitas, teknik olah digital, dan popularitas video di media
sosial.
Puncak kegiatan akan
dilangsungkan pada Juli 2019 menjadi salah satu ajang bagi para pemenang di
level regional ini untuk mendapatkan inspirasi melalui Inspiring Seminar dari
para ahli di bidangnya dan berbagai agenda seperti kegiatan di Kampung Labirin
Astra Honda. Ini merupakan salah satu sarana untuk semakin menajamkan
kreativitas yang telah dimiliki dan mengasah semangat kebangsaan untuk
mengangkat kearifan lokal Indonesia di setiap daerah.
No comments:
Post a Comment