PT Astra Honda
Motor (AHM) kembali menggelar Kontes Layanan Honda Nasional sebagai wujud
keseriusan Honda dalam memastikan kepuasan konsumen dengan terus menghadirkan layanan terbaik
sesuai perkembangan tren kebutuhanmasyarakat.
Memasuki
pelaksanaan Kontes Layanan Honda ke-12 di tahun ini, Honda membagi kontes ini
menjadi dua kelompok diler yaitu kelompok regular diler dan kelompok Wing diler
atau Big Wing. Hal ini dilakukan sesuai perkembangan segmen konsumen sepeda
motor Honda yang membutuhkan pelayanan semakin beragam. Dalam setiap kelompok
terdapat tiga kategori yang dilombakan sesuai dengan perannya dalam melayani
konsumen, yaitu pimpinan jaringan Honda, Deliveryman, dan Front Line People
(FLP).
General Manager
Honda Customer Care Center (HC3) Division AHM Istiyani Susriyati mengatakan
semakin berkembangnya bisnis sepeda motor dan meningkatnya harapan masyarakat
terhadap pelayanan, Honda beserta jaringannya berupaya terus
meningkatkan pelayanan dengan cara mengasah keterampilan memberikan
pelayanan saat berinteraksi dengan konsumen.
Sementara itu
Leo Wijaya, Direktur PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah
Sumut mengungkapkan bahwa memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen menjadi
salah satu fokus utama Honda. “ Pelayanan yang prima menjadi prioritas
dalam menyuguhkan kepuasan
dan kebahagiaan konsumen sepeda motor Honda, dan kontes layanan ini merupakan salah satu upaya
Honda untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan bagi konsumen seiring dengan
meningkatnya ekspektasi masyarakat,” ujar Leo Wijaya.
Seleksi Kontes Layanan Honda tahun ini telah
dilaksanakan sejak bulan Januari sebagai tahap awal seleksi tahap regional.
Bekerjasama dengan 29 main diler Honda di seluruh Indonesia, sebanyak 1.859
peserta menunjukkan kemampuan terbaiknya di ajang adu skill layanan
yang dilaksanakan oleh main diler. Dari jumlah tersebut, terbagi sebanyak 1.039
peserta yang terdiri dari Sales Man, Sales Counter, Petugas Administrasi dan
Sales Counter Part mengikuti penilaian pada kategori Front Line People (FLP).
Pada kategori
Deliveryman diikuti oleh 433 peserta dan 387 peserta lainnya merupakan
penanggung jawab AHASS dan Showroom. Setelah melewati tahap seleksi regional,
141 peserta dari tiga kategori yang terdiri dari 51 FLP, 45 Deliveryman, dan 45
pimpinan jaringan terbaik berkompetisi pada tahap Nasional yang diadakan pada
tanggal 13 – 16 Agustus 2018.
Pada
tahap Nasional, para peserta melewati beberapa tahap
penilaian pre-contest , proses karantina selama 3 hari
dan grand final yang dilaksanakan pada Kamis (16/8) untuk menjadi yang terbaik. Pada tahap pertama yaitu
penilaian pre-contest para peserta di kategori FLP diuji
dengan mystery shopping dan mystery calling pada
kategori FLP. Pengujian yang dilakukan pada kategori Deliveryman dilakukan berupa penilaian
proses pengantaran sepeda motor Honda hingga sampai di tangan konsumen. Sementara
itu pada kategori Pimpinan Jaringan dilakukan diler audit, mystery
shopping dan mystery calling .
Pada masa karantina selama 3 hari, para peserta diuji dengan beberapa
rangkaian penilaian seperti tes tertulis, studi kasus, role play,
presentasi dan wawancara.
Untuk mengikuti kontes ini, peserta dari
setiap kategori harus melewati beberapa syarat dasar seperti telah bekerja di
jaringan sepeda motor Honda selama satu tahun dan sudah melewati seleksi Kontes
Layanan Honda di tingkat regional. Sementara itu di kategori pimpinan jaringan
Honda harus memiliki program pengembangan layanan konsumen yang berkualitas di
jaringannya.
No comments:
Post a Comment