Dalam upaya memberantas dan mengurangi berita palsu (hoax) di media online yang saat ini sedang menjamur di Indonesia, Indako Trading
Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumut menyikapi hal ini dengan menggelar
Workshop Sosialisasi Media Online untuk komunitas motor Honda yang berlangsung
pada Sabtu, 11 Maret 2017 di Kantor Indako Trading Coy Jl. Pemuda Medan.
Tercatat puluhan bikers perwakilan komunitas motor Honda ikut
meramaikan workshop kali ini, sebut saja Honda Tiger Club Medan (HTCM), Honda
Mega Pro Club (HMPC) chapter Medan, CBR Club Medan, Honda Revo Club (HRC),
VANATIC, Honda Super Cub Community (HSCC), Revolution Supra X 125 Medan Club
(RSMC), SCOOPERS, Club CB Medan (CCM), Honda StreetFire Club Medan (HSFCM),
Sonic Club Medan(SOCMED), dan Community Honda Supra Xpression (CAS-X).
Dalam kegiatan tersebut para bikers yang tergabung dalam
Honda Community mendapatkan materi singkat mengenai pemahaman tentang pengertian
media online, karateristik media online, manfaat media online, bagaimana
membuat informasi/berita yang baik untuk dipublikasikan ke media online, hingga
bagaimana menangkal Hoax di media online. Kesempatan ini juga dimanfaatkan
Honda untuk memperkenalkan website khusus yang diperuntukkan bagi seluruh
komunitas motor Honda di tanah air yakni Hondacommunity.net.
Antusias para bikers saat mengikuti Workshop Jurnalisme
Online tersebut ini dapat dilihat dari banyaknya para peserta yang memberikan
pertanyaan usai pemaparan materi yang dibawakan oleh para nara sumber. Ketertarikan
para bikers kepada website Hondacommunity.net
yang berisi berbagai kegiatan yang dilakukan komunitas Honda setanah air juga
sangat besar, sehingga ini menjadi awal yang baik bagi mereka untuk diberi
kesempatan memiliki website komunitas.
Jimmy dari HMPC mengungkapkan bahwa workshop ini tentunya
sangat bermanfaat bagi para komunitas motor Honda, karena pengetahuan ini dapat
menjadi acuan untuk menjadi pengguna media online yang baik dengan selalu
memberikan informasi yang jujur dan dapat dipertanggungjawabkan. “ Dengan
mengikuti workshop ini kami lebih memahami bahwa banyak manfaat menjadi
pengguna online, dimana kita dapat berbagi informasi dengan cepat, menunjukkan
eksistensi sebagai komunitas motor Honda, mengembangkan jaringan hingga dapat
menghasilkan keuntungan dengan berbisnis online “ ujar Jimmy
Sementara itu Gunarko Hartoyo, Corporate and Marketing
Communication Manager Indako Trading Coy mengungkapkan bahwa generasi muda
sekarang memiliki pola berbeda dalam mendapatkan informasi, dimana mereka lebih
cenderung mencari sesuatu dengan cara online
internet, karenanya workshop ini
diharapkan dapat menjadikan para bikers semakin “cerdas” dalam memanfaatkan
media online.
“ Untuk mendukung eksistensi komunitas, Honda juga akan memberikan
kesempatan kepada anggota komunitas menjadi pemberi informasi terkait kegiatan
yang dilakukan dengan membuatkan website yang tentunya harus didukung oleh data
yang benar, jujur dan akurat, karena kita berupaya turut menjaga agar Hoax tidak berkembang “, ujar Gunarko
Hartoyo
No comments:
Post a Comment