Sepeda motor sport Honda semakin diminati seiring pencapaian
penjualan Honda CBR150R yang terus meningkat. Di tengah kondisi pasar sepeda
motor yang melemah, motor sport dengan DNA balap yang kuat ini pada bulan lalu
terjual 6.115 unit atau jauh melampaui target bulanannya, 4.200 unit.
Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia
(AISI), penjualan Honda CBR150R tersebut berhasil mendongkrak penjualan sepeda
motor Honda di segmen sport hingga 13,5%, yaitu dari 16.975 unit pada Maret
2015 menjadi 19.266 unit pada April 2015. Berkat pertumbuhan ini, Honda menjadi
satu-satunya merek yang berhasil mencatat pertumbuhan penjualan di saat segmen
motor sport nasional pada bulan lalu terkoreksi hingga 21,5%, menjadi 43.775
unit dibandingkan dengan penjualan bulan Maret 2015 sebesar 5.770 unit.
General Manager Sales Division AHM Thomas Wijaya mengatakan
pertumbuhan penjualan Honda CBR150R ini diharapkan menjadi sinyal positif bagi
penjualan sepeda motor sport Honda pada kuartal kedua tahun ini.
Sementara itu, Leo Wijaya, General Manager Indako Trading Co
selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan pihaknya
optimis Honda CBR150R akan tetap menjadi pilihan pecinta motor sport Tanah Air
di tengah kondisi apapun. “ Kami pun berharap pertumbuhan penjualan ini akan
diikuti pertumbuhan penjualan model sepeda
motor lain sehingga pasar roda dua tanah air bisa kembali menggeliat .”
ujarnya
Honda CBR150R mulai diproduksi langsung di dalam negeri sejak
September 2014. Angka penjualannya terus meningkat setiap bulan. Dalam 8 bulan
pertama sejak diluncurkan, motor produksi pabrik AHM di Pegangsaan ini telah
terjual sebanyak 38.873 unit atau menjadi pilihan lebih dari 4.800 pecinta
motor sport setiap bulan.
Genggam 70,7% Pangsa Pasar
Sementara itu, di tengah trend pasar sepeda motor yang
melemah sejak awal tahun, Honda justru mampu memperkuat posisinya sebagai
pemimpin pasar dengan menggenggam 70,7% pangsa pasar setelah pada bulan lalu
berhasil menjual 371.011 unit. Pangsa pasar ini jauh melampaui target yang
ditetapkan perusahaan pada awal tahun yaitu sebesar 64%.
Pertumbuhan penjualan tercatat diperoleh dari penjualan di
segmen motor sport yaitu 19.266 unit atau menguasai 44% pangsa pasar segmen
sport nasional. Model sport menyumbangkan 5,2% terhadal total penjualan Honda
pada bulan April. Kontribusi terbesar diberikan oleh Honda Verza 150 yaitu
7.984 unit, Honda CB150R StreetFire 4.599 unit, Honda CBR Series 6.151 unit,
dan New Honda MegaPro FI 532 unit.
Model skutik memberikan kontribusi penjualan sebanyak 86,8%
terhadap penjualan Honda pada April setelah terjual 322.039 unit. Pencapaian
ini mengantarkan skutik Honda semakin mendominasi pasar skutik nasional dengan
77,4% pangsa pasar. Di segmen ini, Honda BeAT series mampu terjual 176.773
unit, disusul oleh Honda Vario Series 117.654 unit, Honda Scoopy FI 26.835
unit, Honda PCX 150 sebanyak 451 unit, dan Honda Spacy Helm in PGM-FI 326 unit.
Tipe bebek atau cub pada bulan lalu laku terjual 29.706 unit
atau 8% dari total penjualan Honda. Dengan angka penjualan ini, Honda
memimpin 45,9% pangsa pasar di segmen motor bebek nasional . Honda Supra series
masih menjadi penyumbang terbanyak dengan penjualan 17.500 unit, disusul New Honda
Revo FI 9.850 unit, dan New Honda Blade 2.356 unit.
No comments:
Post a Comment