Wednesday, April 18, 2012

Teknologi Honda Makin Baik, Harga Tetap Lebih Murah


Peluncuran Honda Vario Techno terbaru dengan kapasitas mesin yang lebih besar 125 cc dibandingkan Vario Techno sebelumnya yang berkapasitas silinder 110 cc disertai teknologi fuel injection dan generasi mesin terbaru teknologi eSP namun harganya tidak berubah menjadi salah satu hal yang menarik untuk diperhatikan. Keberhasilan Honda sebagai pemain utama di industri otomotif, ternyata tidak hanya dikarenakan keberhasilan menghasilkan aneka pilihan model terbaru baik untuk anak muda dan dewasa saja. Keberhasilan si ‘satu hati’ ini diyakini karena pendekatan dengan melihat terlebih dahulu harga yang ingin dibayarkan oleh pasar terhadap model terbaru yang ingin dikeluarkan sehingga menjadikan Honda memiliki nilai value  yang lebih tinggi. Dengan value yang tinggi, konsumen mendapatkan benefit yang lebih besar dibandingkan harga yang dibayarkan.

Tentunya penerapan harga menjadi salah satu pilar penting dalam rangka pencapaian berbagai tujuan pemasaran produk. Sehingga penetapan harga tidak hanya harus berkonsentrasi pada aspek biaya saja karenanya pemahaman nilai dari sudut pandang pembeli menjadi bagian yang tidak kalah penting. Walaupun sebagai pemimpin pasar, Honda tampaknya cukup cerdas dalam penerapan harga. Harga Honda Vario Techno terbaru tidak hanya dengan harga yang sama dengan generasi sebelumnya, bahkan lebih dari hal tersebut, Vario Techno lebih murah enam ratus ribu dibanding dengan competitor dengan kapasitas mesin yang sama 125 cc yang belum menggunakan teknologi injeksi. 

Johannes Loman, Executive Vice President PT. Astra Honda Motor menyatakan kehadiran Vario Techno menunjukkan tekad AHM untuk menerapkan fair pricing. Dari sisi internal penerapan fair pricing merupakan tantangan khusus bagi AHM. Tidak hanya dalam hal keuangan, dari sisi produksi tantangannya adalah bagaimana menghasilkan teknologi baru namun tetap bisa menekan biaya, dimana hal ini terkait bagaimana kemampuan inovasi perusahaan. Salah satu kekuatan Honda adalah  R & D ( riset dan pengembangan ) untuk menghasilkan produk terbaru dengan teknologi terkini yang menghasilkan performa tinggi namun tetap meningkatkan keiritan yang sudah teruji di mata masyarakat. Sebut saja Vario Techno 125 cc dengan performa yang lebih tinggi namun bisa lebih irit 30% dibanding generasi mesin 110 cc karena hasil inovasi generasi mesin terbaru matik Honda yang dinamakan teknologi eSP.  

Gunarko Hartoyo, Marketing Research Development Manager CV. Indako Trading Co., main dealer motor Honda di Sumatera Utara mengungkapkan konsumen cenderung untuk bersedia membeli kembali bahkan merekomendasikan produk kepada orang lain jika suatu merk memberikan harga yang fair.

“Berdasarkan survey yang ada, delapan puluh tujuh persen responden akan membeli kembali merk yang harganya fair, yang mengindikasikan terjadinya pembelian kembali yang merupakan landasan loyalitas merek. Sementara itu, delapan puluh delapan persen responden akan merekomendasikan kepada orang lain produk yang dibelinya dengan harga fair. Hal  ini tentunya berdampak pada akuisisi pelanggan baru dengan cara low budget.” Ungkap Gunarko

Keberhasilan penerapan harga yang fair berhasil mengeluarkan Honda dari identitas sebagai produk yang mahal. Banyak produk-produk Honda saat ini lebih murah dibandingkan merk pesaing utamanya, seperti Honda BeAT sekitar dua ratus ribu rupiah dibawah type sejenis merk pesaingnya, harga Honda Blade sekitar sembilan ratus ribu rupiah dibanding pesaingnya dikelas bebek racing dan di beberapa type lain juga dijumpai kondisi yang sama.

“Semakin tingginya tingkat pengetahuan konsumen pada kurun waktu 4 – 5 tahun terakhir ini dalam memilih produk menjadikan Honda makin matang untuk memberikan yang terbaik bagi pelanggannya dari berbagai aspek.” Ungkap Leo Wijaya, Marketing Manager CV. Indako Trading Co.

No comments:

Post a Comment

Jumlah Pengunjung :