Peluncuran Honda
Vario Techno terbaru dengan kapasitas mesin yang lebih besar 125 cc
dibandingkan Vario Techno sebelumnya yang berkapasitas silinder 110 cc disertai
teknologi fuel injection dan generasi mesin terbaru teknologi eSP namun
harganya tidak berubah menjadi salah satu hal yang menarik untuk diperhatikan. Keberhasilan
Honda sebagai pemain utama di industri otomotif, ternyata tidak hanya
dikarenakan keberhasilan menghasilkan aneka pilihan model terbaru baik untuk
anak muda dan dewasa saja. Keberhasilan si ‘satu hati’ ini diyakini karena pendekatan
dengan melihat terlebih dahulu harga yang ingin dibayarkan oleh pasar terhadap
model terbaru yang ingin dikeluarkan sehingga menjadikan Honda memiliki nilai
value yang lebih tinggi. Dengan value
yang tinggi, konsumen mendapatkan benefit yang lebih besar dibandingkan harga
yang dibayarkan.
Tentunya
penerapan harga menjadi salah satu pilar penting dalam rangka pencapaian
berbagai tujuan pemasaran produk. Sehingga penetapan harga tidak hanya harus berkonsentrasi
pada aspek biaya saja karenanya pemahaman nilai dari sudut pandang pembeli
menjadi bagian yang tidak kalah penting. Walaupun sebagai pemimpin pasar, Honda
tampaknya cukup cerdas dalam penerapan harga. Harga Honda Vario Techno terbaru
tidak hanya dengan harga yang sama dengan generasi sebelumnya, bahkan lebih
dari hal tersebut, Vario Techno lebih murah enam ratus ribu dibanding dengan
competitor dengan kapasitas mesin yang sama 125 cc yang belum menggunakan
teknologi injeksi.
Johannes Loman, Executive Vice President PT. Astra Honda Motor
menyatakan kehadiran Vario Techno menunjukkan tekad AHM untuk menerapkan fair
pricing. Dari sisi internal penerapan fair pricing merupakan tantangan khusus
bagi AHM. Tidak hanya dalam hal keuangan, dari sisi produksi tantangannya
adalah bagaimana menghasilkan teknologi baru namun tetap bisa menekan biaya, dimana hal ini terkait
bagaimana kemampuan inovasi perusahaan. Salah satu kekuatan Honda adalah R & D ( riset dan pengembangan ) untuk
menghasilkan produk terbaru dengan teknologi terkini yang menghasilkan performa
tinggi namun tetap meningkatkan keiritan yang sudah teruji di mata masyarakat.
Sebut saja Vario Techno 125 cc dengan performa yang lebih tinggi namun bisa
lebih irit 30% dibanding generasi mesin 110 cc karena hasil inovasi generasi
mesin terbaru matik Honda yang dinamakan teknologi eSP.
Gunarko Hartoyo, Marketing
Research Development Manager CV. Indako Trading Co., main dealer motor Honda di Sumatera Utara
mengungkapkan konsumen cenderung untuk bersedia membeli kembali bahkan
merekomendasikan produk kepada orang lain jika suatu merk memberikan harga yang
fair.
“Berdasarkan survey yang ada,
delapan puluh tujuh persen responden akan membeli kembali merk yang harganya
fair, yang mengindikasikan terjadinya pembelian kembali yang merupakan landasan
loyalitas merek. Sementara itu, delapan puluh delapan persen responden akan
merekomendasikan kepada orang lain produk yang dibelinya dengan harga fair. Hal
ini tentunya berdampak pada akuisisi
pelanggan baru dengan cara low budget.” Ungkap Gunarko
Keberhasilan penerapan harga
yang fair berhasil mengeluarkan Honda dari identitas sebagai produk yang mahal.
Banyak produk-produk Honda saat ini lebih murah dibandingkan merk pesaing
utamanya, seperti Honda BeAT sekitar dua ratus ribu rupiah dibawah type sejenis merk pesaingnya, harga
Honda Blade sekitar sembilan ratus ribu rupiah dibanding pesaingnya dikelas bebek racing dan di beberapa type lain
juga dijumpai kondisi yang sama.
“Semakin
tingginya tingkat pengetahuan konsumen pada kurun waktu 4 – 5 tahun terakhir ini dalam
memilih produk menjadikan Honda makin matang untuk memberikan yang terbaik bagi
pelanggannya dari berbagai aspek.” Ungkap Leo Wijaya, Marketing Manager CV. Indako Trading Co.
No comments:
Post a Comment